MENULIS CARA UNTUK ABADI

Ketika seseorang telah memiliki niat untuk menjadi penulis, melaui ponselpun dia akan menulis sebuah buku yang mengguncang dunia. Di dalam genggamannya ada kekuatan yang sulit diukur..

jangan pernah berhenti bermimpi, Anissa
jangan pernah berhenti bermimpi, Anissa
Menulis adalah sebuah kegiatan yang klasik. Tampaknya dimulai dari sejak manusia mulai memahami pentingnya mendokumentasikan peristiwa bersejarah dan mereka mulai dengan memahat ditanah dan bebatuan dalam bentuk prasasti, hingga pada akhirnya menulis menggunakan tinta diatas papirus dan kertas, hal itu telah berlangsung puluhan ribu tahun lamanya. Terbukti dengan ditemukannys lukisan lukisan dan prasasti prasasti kuno.

Kertas kemudian menjadi demikian ikonik. Sebundel tulisan menjadi sebuah buku yang berharga karena begitu banyaknya informasi yang telah di dokumentasikan disana. Buku buku dengan cepat merubah dunia, terutama buku buku sains dan matematika.

 Hari ini kita khusus membahas sedikit perihal menulis namun medianya adalah sebuah blog. Atau blogger seperti yang sedang saya lakukan sekarang.

Tanpa artikel, konten atau tulisan niscaya blog anda akan mati. Tulisan atau konten adalah darah dalam nadinya sebuah halaman blog. Anda dapat mengabaikan teknik SEO, tapi tidak bisa samasekali mengabaikan konten walau dengan cara apapun anda melakukannya. Ada sebuah blog hidup dan menjadi besar tanpa memikirkan SEO atau trik lainnya berkat konsistan dengan KONTEN TULISAN.

Tapi jangan berharap keajaiban, sebuah blog bisa hidup dengan mengabaikan teknik SEO, tapi benar benar akan mati tanpa konten!

Kualitas konten: Untuk manusia dan untuk mesin pencari 

Konten harus berkualitas atau paling tidak mampu menunjukan kualitasnya dalam sudut pandang tertentu.  Konten yang berkualitas itu sesuai dengan misi blog,  berguna atau bermanfaat bagi pengunjung atau pembaca halaman blog. Dengan konten yang berkualitas, anda akan memikat banyak pembaca untuk selalu mengunjungi halaman web anda.

Lalu apakah konten yang berkualitas juga mampu memikat mesin penelusur?  Pasti.
Konten yang baik menandakan kualitasnya:
  • Bermanfaat bagi orang yang mencari dan membutuhkannya.  Ingat tidak setiap orang memiliki kebutuhan dan minat yang sama. Tapi 7 milyar manusia adalah sebuah pasar yang sangat potensial di atas dunia ini. 
  • Ketika manusia membacanya cukup lama maka mesin pencari akan melihatnya sebagai konten yang berguna. Mereka tidak memiliki alasan untuk mencatatkannya sebagai efek pentalan atau efek "bounching"
  • Dari prilaku manusia saat mengakses sebuah konten mesin pencari akan mengetahui seperti apa kualitas sebuah tulisan. Kadang manusia rela mengakses halaman berat demi konten yang mereka butuhkan. Namun tentu saja halaman website yang berat akan buruk dari sisi teknik  SEO.
  • Tulisan yang baik itu biasanya memiliki tatabahasa yang benar, mudah di baca dan memiliki gaya bahasa yang interaktif. 

Tulislah konten anda sendiri.

Walaupun tidak ada yang salah dengan memakai jasa penulis dan membayar mereka, namun halaman blog pribadi sebaiknya anda tulis sendiri. Jika alasan anda malas lebih baik tidak usah menulis.

Halaman blog pribadi tidak akan sama dengan halaman sebuah sindikat portal berita. Mereka adalah badan usaha dan memiliki basis modal yang kuat. Banyak hal yang membedakannya. Terutama dalam hal nilai aset, kerahasiaan dapur bisnisnya dan jumlah pengurusnya. Sistem bisnis dan matode riset yang mereka miliki.  Jangan meniru mereka.

Mengapa menulis sendiri konten blog itu penting? 

Anda yang paling tahu apa keinginan anda walau mungkin masih kesulitan dalam mengungkapkannya. Keuntungan menulis sendiri konten atau tulisan di blog sendiri adalah:
  • Tulisan akan hidup mewakili pikiran, perasaan dan gaya anda sendiri. Sehebat apapun penulis bayaran tidak akan bisa mewakili personafikasi unik dari dalam diri anda. 
  • Anda pasti akan berlatih kemudian terbiasa dalam melakukannya dan tidak menutup kemungkinan menjadi ahli. 
  • Konten dan blog yang anda buat sendiri akan dideteksi sebagai konten original 100%. Hari ini sepandai apapun seorang penulis bayaran atau jasa menulis namun rahasia dapur Google yang bernama "algoritma " tetap dengan sangat jelas akan memindai bahwa tulisan itu bukan anda yang menulisnya. Anda hanya memiliki hak ciptanya saja. 
  • Kepuasan batin, meningkatkan kemampuan diri anda sendiri sendiri jika suatu hari kelak siap menjadi penulis penuh atau berprofesi sebagai seorang penulis. Ini akan sulit anda lakukan jika anda mengandalkan penulis bayaran. 
Nama anda paling tidak akan diingat melalui tulisan yang telah diabadikan.

Artikel terkait

24 comments

  1. kalo lagi malas nulis sendiri biasanya rewrite atau resume, soal menulis diblog itu akan abadi kalo blognya tidak dihapus wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah abadilah sampai akhir masa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
  2. tulisan yang berkualitas dan jauh dati rewrite...hhhehe.....harus abadii....hehhe, yang penting bisa nyaman ngebaca nya untuk yang baca....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tetap punya konten saduran dari situs lain di blog ini, namun blog itu sedikitnya masih "sindikat" daripada editblogtema.net. Walaupun pada DMC protect tetap dicatat sebagai plagiat, saya tidak perduli, dalam beberapa kasus itu hanya mesin yang tidak tau apa apa...

      Yang penting aku tetap menulis. Makasih telah berkunjung!

      Delete
  3. menulis yang abadi itu, menulis yang menghibur diri dan masa depan. bukan masa kini. siapa tahu kedepan ada yang tertarik dengan tulisan kita mbak

    ReplyDelete
  4. Aku sedang berlatih menulis tulisanku sendiri alias coba-coba bikin konten sendiri. Wah... Wah... Semoga aku bisa. Makasih ha Kak.

    ReplyDelete
  5. Nice info. Menurut saya, tidak bisa disebut plagiat jika sumbernya dicantumkan, seperti halnya karya ilmiah. Tapi, teknologi kadang belum bisa membedakan hal itu. Tulisan orisinil pun tetap membutuhkan sumber yang terpercaya. Dari sumber itulah, muncul improvisasi ide yang disebut tulisan orisinil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengutip sumber tetap membutuhkan izin.

      Terutama misalnya kode kode aplikasi. Kita memahami bagaimana susahnya membuat konten berkualitas.

      Delete
  6. Iya bener teh, konten/tulisan dari hasil karya sendiri itu dapat membuat kepuasan batin, pikiran jadi lebih berkembang, dan lagi rasa nya itu beda banget klo kita niru atau copas punya orang.

    Alhamdulillah, saya juga setiap nulis hasil dari tulisan saya sendiri.

    Artikel yg bagus, teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat setuju dengan pendapat mas Muhammad Candra, tapi masih banyak juga yang hobi plagiat

      Delete
  7. Yap menulis di blog adalah sebuah karya, selayaknya karya tentu saja itu merupakan sejarah dari pembuatnya. Karyamu adalah sejarahmu, semoga saja akan tetap diingat dan dikenal walau hanya lewat tulisan.

    ReplyDelete
  8. Info kita tulis ini membantu insan lain dalam mencari maklumat

    ReplyDelete
  9. Kira-kira kulatisa artikel di blog saya bagaimana ya
    Sebab kalau membicaran kualitas konten, saya jadi malu sendiri.
    Benar-benar amburadul deh

    ReplyDelete
  10. kalau blog itu untuk mendedikasikan informasi tanpa embel2 tertentu, seo menurut saya tidak perlu mbak, namun jika ada niat untuk penambahan penghasilan, saya kira seo penting untuk dibuat :D, salam kenal

    ReplyDelete
  11. “Orang boleh pandai setinggi langit,
    tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
    Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
    Pramoedya Ananta Toer

    ReplyDelete
  12. saya pernah bahas tentang menulis di postingan saya,,mantap mbak terus semangat posting yang banyak

    ReplyDelete
  13. “Orang boleh pandai setinggi langit,
    tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
    Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
    Pramoedya Ananta Toer

    ReplyDelete
  14. Setuju sekali. Menulis sendiri konten memang lebih asyik daripada sekedar copy paste ya :)

    ReplyDelete
  15. Saya bertekad dengan blog saya yang baru untuk menulis apa yang sudah pernah saya alami dan pahami, agar tulisan nya lebih natural. Dan lebih enak di baca.



    ReplyDelete
  16. Saya jadi ingat apa kata Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk keabadian.

    ReplyDelete
  17. Tapi sejujurnya awal ngeblog hanya ingin eksis, ketika saya mencari nama saya di Google, muncul dengan mudah.
    Banyak hal yang tidak bisa teringat di kepala, hanya blog yang bisa jadi pengingat banyak momen dan banyak informasi yang ingin saya tahu dan ingin saya simpan.

    Catatan di blog bisa jadi prasasti hidup saya, ketika nanti saya sudah tidak hidup lagi. Itu catatan saya yang akan abadi selama internet masih ada dan semuanya tak terhapus.

    Sisanya ya sebagai pemuas batin ;p saya cukup bahagia dengan mencatat apa yang ingin saya catat dan ketahui di blog.

    Nampaknya, penulis yang baik yang sesuai konten seperti yang tertulis di atas bukan saya banget ..., jadi malu, belum bisa jadi pembuat konten yang baik hahaha

    ReplyDelete
  18. Setuju banget dengan tulisan ini.. happy blogging gaes

    ReplyDelete
  19. Emang sih, kalau hanya memikirkan SEO maka blognya kurang berkembang apalagi bagi pemula. Yang penting nulis itu agar nyaman di baca manusia ๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
  20. Terimakasih atas informasi dan sarannya. Jadi semangat lagi untuk perbanyak tulisan di blog pribadi saya.. :)

    ReplyDelete

Home

Get Updates