MENGAPA POWERED BY BLOGGER ITU PENTING BAGI GOOGLE?

Powered By Blogger
Powered By Blogger
Blogger menggunakan ikon, ikon yang dipergunakannya adalah tipe SVG, sebenarnya banyak jenis jenis ikon yang bisa kita pergunakan, misalnya yang paling populer adalah ikon font awsome, namun jika memilih menggunakan font awsome kita harus memasang script link eksternal ke dalam template blogger kita. Hal ini akan membebani loading atau kecepatan halaman blog saat dijalankan di internet.

Nah itulah sebabnya mengapa blogger secara default tidak menggunakan font awsome yang cantik dan memiliki banyak ikon tersebut. Blogger secara default menggunakan SVG yang jauh lebih ringan, dapat berjalan pada semua browser utama.

Ikon pada atribusi dan kredit blogger adalah "trademark" special platform blogger, jadi tidaklah bijaksana menghapus ikon tersebut (walaupun Google tidak secara jelas melarangnya atau memperbolehkannya, meskipun template anda buat dari NOL. Mengapa? Alasannya adalah:
  1. Anda tidak akan membuat template blogger kalau platform blogger itu sendiri tidak ada. Platform Blogger adalah milik Google, dibuat oleh tangan para ahli web programming, web designer, hingga ahli jaringan dan pakar di sisi server.
  2. Tarohlah anda bisa membuat templatenya tetapi jika platform webblog-nya tidak tersedia, template anda adalah omong kosong. Lagipula Blogger adalah platform besar yang tidak mudah di bandingkan dengan platform flatform kecil lain karena induknya adalah Google
  3. Anda harus menempatkan rasa hormat anda di tempat yang semestinya karena anda telah di izinkan menjalankan template buatan anda berjalan pada platform blogger. Jadi anda harus membiarkan "Powered by Blogger" berada disana. Coba anda perhatikan biarpun Google tidak membuat perangkat hape, biarpun pabrik pabrik samsung, Oppo, vivo, Sony dll yang membuat perangkat kerasnya, tapi karena perangkat perangkat ini baru bisa berjalan pada platform Android milik Google, maka pada setiap tampilan awal pada layar monitor gadget-gadget ini akan muncul "Powered by Android" bukan?
  4. Powered By Blogger adalah backlink yang kuat, rugi lho menghapusnya baca saja komentar bang Adhi di bawah.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi trik mewarnai ikon powered by blogger dengan warna apa saja yang anda suka. Dapat di terapkan pada empat template terbaru: Contempo, Soho, Emporio dan Notable, inilah caranya:
  • Masuk ke setting atau dasbor blogger
  • Pilih Tema atau theme
  • Pilih edit HTML 
Atau kalau pada setting dasbor blogger mobile jika anda menggunakan layar laptop atau tablet yang lebih kecil: masuk ke dasbor atau pengaturan blogger klik tema, lalu pada sebelah kanan tampilan tema ada tiga titik susun tiga klik dan pilih edit HTML
dasbor blogger baru yang mobile friendly
tampilan dasbor bloger mobile friendly
Dengan menekan CTRL+F pada keyboard,  cari kode berikut di dalam halaman editor HTML blogger:
.widget.Attribution svg{
Maka anda akan mendapatkan kode default sebagai berikut:
.widget.Attribution svg{
fill:$(attribution.icon.color)}
Robah kode yang saya sorot warna kuning menjadi:
.widget.Attribution svg{
fill:red}
Tentu saja anda bisa merobahnya sesuai dengan latar belakang footer anda, jika anda menetapkan warna latar footer hitam maka ganti tulisan menjadi : white, yellow, blue dst sesuai selera anda.
Anissa Auliasari
Born in Riau Island. Love music, Social Media, watching youtube, reading, cooking cake. Now I am living in Bandar Lampung, Love HTML, Javascript, python and C++ Just only an ordinary with simple glitch..

16 comments

  1. Punya saya gak dihapus, mengesampingkan penjelasan diatas, saya anggap itu backlink eksternal wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar! Powered by Blogger berisi link yangkuat dan sangat positif bagi halaman blog. Terimakasih telah melengkapi artikel ini dengan komentar berkualitas...

      Delete
  2. kalau punya saya hapus mbak, salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya. Memang secara explisit Google tidak melarangnya.

      Delete
  3. Saya hapus sbelumnya karena nggak tahu, duuuh ternyata bermanfaat ya. Makasih informasinya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata dia memiliki manfaat tersembunyi.

      Delete
  4. Seketika saya ngecek blog saya. 1 nya ada satunya gak ada. Bawaan template kali yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan templat Premium dibuat berbasis blogger memiliki atribusi. Pembuatnya sengaja menghapus atau tidak mau mencantumkannya

      Delete
  5. dulu sewaktu masih pakai blogger, saya pasangin itu nya sihhh, !

    ReplyDelete
  6. Biasanya saya ngga merhatiin, terserah bawaan template yang digunakan saja. Tapi pas ngecek template blog yang sekarang, ternyata masih ada atribusi bloggernya. Terlihat sepele tapi ternyata penting ya.

    ReplyDelete
  7. Dan aku baru tahu hal sesederhana ini. Aaah... sayang sekali. Tapi, syukurlah Kakak menginformasikannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. masa sih kak. saya malah sudah hapus. kadang bertanya2 apa sih gunanya itu, akhirnya ku hapus juga. eh nemu di sini penjelasannya. makasih infonya ya. :)

    ReplyDelete
  9. Bener juga ya, padahal kita pakainya blogger tapi dihilangkan hihihi
    Saya liat banyak banget sekarang, bloggernya dihilangkan, saya sampai bertanya-tanya ini pakai apa, tapi bisa diliat dari tampilan komennya ya :)

    ReplyDelete
  10. Kalau sy karena gak tw, baru tw setelah baca ini ..
    Hmm tapi, biarlah jika, toh Google yang punya semuanya, kita kan hanya meminjam tempat yang mereka sediakan, untungnya sih masih gratis, ya semoga si gratis terus lah. Jangan sampai, Powered by Google, eh bayar ntar nya. Mudah-mudahan gak.

    ReplyDelete
  11. Awalnya sih dihapus, setelah baca ini ya kayaknya dikembalikan lagi deh. terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter