Skip to main content

MENGAPA INDIA MELINDUNGI SUKU SENTINEL?

Berita kematian seorang warga Amerika karena terkena panah suku Sintenil menyebar di seluruh dunia. Dan kini setelah mulai "dilupakan" suku sentinel ini menjadi sorotan berita kembali.

Di zaman India masih dibawah jajahan Inggris yakni kira kira pada abad ke-19  ada catatan bahwa suku terasing kepulauan Andaman tersebut pernah menjadi objek pelecehan dunia penelitian.
India today menyebutkan suku sentinel berinteraksi dengan cara mereka sendiri, memiliki bahasa mereka sendiri yang tidak dimengerti oleh orang asing, mereka menggunakan salam dengan cara duduk dipangkuan satu sama lain dan mendaratkan tamparan hangat dan lembut kepunggung mereka sendiri. Tapi tidak untuk orang asing.

Untuk orang asing yang mendekati pulau tersebut mereka menyambutnya dengan lesetan anak panah bertubi tubi. Bahkan helikopter patroli India yang mau memastikan keadaan mereka baik baik saja ditembaki dengan anak panah tersebut.

Kembali menurut India today suku itu pernah trauma terhadap orang asing ketika mereka di culik oleh seorang perwira bernama Maurice vidal Portman yang pada waktu itu terpesona dengan keindahan pulau tersebut. Bukan hanya suku sentinel dewasa, Portman juga mengambil anak anak suku terasing tersebut untuk dijadikan bahan eksprimen, walaupun akhirnya dikembalikan dan percobaan tersebut berakhir dengan kegagalan.

Di masa India merdeka, beberapa kali pemerintah berusaha membina suku tersebut agar bisa berhubungan dengan dunia luar namun usaha itu tidak berhasil, pemerintah India memutuskan menghormati keinginan mereka dan melindungi suku tersebut melalui undang undang tidak membenarkan siapapun mendekati pulau tersebut. Beberapa kali Pemerintah India menangkapi kelompok nelayan mancanegara yang beroperasi terlalu dekat dengan kepulauan tersebut.

Alasan lain mengapa mereka harus dilindungi adalah pemerintah India kuatir suku itu punah karena terindentifikasi tidak bisa berbaur dengan orang asing, sebab apabila mereka berbaur mereka sangat rentan penyakit  seperti kolera, cacar dan penyakit penyakit mematikan lainnya. Mereka tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit penyakit ini seperti pada manusia pada umumnya. Ditaksir pertama ditemukan oleh Portman waktu itu populasi mereka adalah sekitar 8000 orang kini hanya tinggal 150 orang saja. Itulah alasan pemerintah India melindungi suku yang unik tersebut.

Pemerintah India bahkan memberikan pernyataan "Alasan panasaran tidak bisa dibenarkan untuk membahayakan suku tersebut"

Comments

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…