Featured Posts

Sunday

GOOGLE PLUS RUNTUH? APA DAMPAKNYA BAGI PARA BLOGGER?

RELATED:
5 hari yang lalu masih heboh kebocoran data pengguna G+ dan keputusan pihak Google akan menutup layanan sosmed yang satu ini. Google plus memang sejak lama dinilai jauh dari mampu menyaingi layanan jejaring sosial seperti Facebook yang kini telah memiliki lebih dari 2 milyar pengguna.
Akan tetapi sebenarnya G+ yang notabene milik sebuah perusahaan yang paling prestise di muka bumi ini memiliki peluang yang jauh lebih besar daripada Facebook dalam hal melindungi data pribadi penggunanya dan walaupun terbukti kesalahan ini tidak disengaja. Namun sistem keamanan lalu menjadi pertanyaan besar, apakah G+ kemudian berubah menjadi web yang dipenuhi oleh hantu hantu gentayangan para peretas dan kriminal web?

DAMPAKNYA BAGI PARA BLOGGER

Saya lebih tertarik melihat dari sisi dimana saya sebagai salah satu blogger terlibat di dalamnya. Seperti yang kita ketahui G+ terkait dengan akun Gmail dan Gmail terkait erat dengan akun blogger kita, dan walaupun ID akun blogger dan G+ dapat menjadi pilihan yang terpisah, akan tetapi sebagian besar blogger telah menggunakan akun G+ sebagai bagian dari identitas bloggingnya. Karena para blogger adalah para Publisher adsense dan juga pegiat blogging dengan berbagai tujuan.

Dan membangun nama melaluinya telah kita lalui selama bertahun tahun: Sharing postingan melalui G+ bagi blogger pemula sangat berdampak, kunjungan yang melebihi jika kita share di medsos lain yang berplatform hampir serupa? Pada tahun 2013 Steve Cooper menulis di Forbes.com bahwa Google plus dapat meningkatkan penghasilan para blogger hingga mencapai 35% CTR. Namun kini saya tidak menganjurkan lagi blog anda memiliki ketergantungan dengan G+

Namun walau berita akan ditutupnya layanan G+ ini masih simpang siur, beberapa pakar hukum telah mengingatkan Google melalui pengadilan di Amerika agar menyelesaikan kasus ini secara hukum terlebih dahulu walaupun pihak Google telah menyatakan selesai menambal bug yang menggemparkan bagian G+ Customer ini. Tidak jelas apakah G+ akan ditutup secara keseluruhan ataukah hanya pada bagian layanan customer saja. Namun penutupan salah satu divisi apalagi yang selama ini mendatangkan pemasukan keuangan bagi bisnis akan sangat mempengaruhi keberadaan bisnis secara keseluruhan. Ini menyangkut hukum, nama baik, kepercayaan dan juga UANG.

kita kembali kepada dampak penutupan G+ jika itu segera menjadi kenyataan: Seperti yang pernah di tulis oleh Steve Cooper G+ jauh lebih baik daripada media lain dalam hal meningkatkan CTR pengunjung terhadap blog hingga mencapai 35% artinya para blogger harus bersiap kehilangan itu. Dan pengiklan akan meningkatkan Programming Media Buy yang selama ini juga telah telah secara signifikan mengurangi penghasilan para publisher adsense via blogger. Dan berita buruknya kita tidak dapat berbuat apa apa untuk itu. Xiomi misalnya terbukti berhasil "membasmi" sistem penjualan melalui jasa iklan untuk produk mereka melalui sisem yagn mirip Media Buy ini.

Dampak lain adalah kepercayaan kita terhadap kelangsungan hidup sebuah media, sebutlah blogger, akan sampai kapan blogger bisa bertahan seperti G+? Walaupun memiliki satu induk namun platform mereka memang dibuat dan dibangun berbeda. Blogger juga memiliki pesaing pesaing dengan platform serupa yang semakin kuat: Wordpress, Weibo, Drupal, Wix dsb.

Akan tetapi itu terlalu jauh, untuk jangka pendeknya dalam waktu dekat banyak blogger yang akan terkena dampaknya jika G+ plus benar benar di tutup kecuali jika kita cepat cepat "Move on" mempromosikan blog kita di tempat lain, saya rasa Facebook adalah tempat yang juga bagus untuk meningkatkan CTR demi pemasukan dan penghasilan dari pengunjung.

APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Mungkin hal hal ini dapat kita lakukan:
  • Tetaplah ngeblog, buat konten yang berkualitas dan menarik 
  • Robah strategi dari berbagi kepada sesama komunitas blogger kepada "netizen" yang lebih luas - walaupun tantangannya lebih besar.
  • Cari basis medsos lain untuk berbagi blog anda
  • Robah ID penulis dari G+ ke ID blogger, dan ketika kita harus berpisah dari G+ nanti kita telah memiliki KTP/identitas lain yang legal.
  • Tingkatkan penghasilan melalui hal lain ketimbang semata mata sebagai publisher adsense.
Apapun yang terjadi pada G+ tidak akan membuat Blogger menjadi "sakit" secara keseluruhan dalam performanya, faktanya Blogger lebih dahulu hadir dan dilahirkan di dunia maya ketimbang G+ yang masih muda dan sakit sakitan. Yang sedang kita perbincangkan adalah dampaknya terhadap para blogger itu sendiri. Mungkin tidak menjadi masalah besar bagi para blogger kawakan yang telah memiliki nama besar di dunia blogging yang kebetulan menggunakan platform blogger.

Sampai hari ini G+ masih ada, belum berdampak apa apa terhadap blogger, kita sedang menantikan hari itu dimana segalanya terjadi tanpa dapat kita cegah.

Dan, memang tidak ada yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan demikian Einstein merumuskan hukum kekalan energinya.

8 comments:

  1. Kita tunggu aja benar nggak google+ mau dihapus..

    ReplyDelete
  2. emang sudah ada pemberitahuan ya mz dari blogger buat ganti id ke id blogger bukan g+ ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya belum ada...hanya melihat proses hukumnya sekarang

      Delete
    2. oooh seperti itu... nunggu aja dulu lah mz.. daripada daripada nanti :)

      Delete
  3. Replies
    1. kabarnya youtube juga down lo mz ? bener gak sih?

      Delete
  4. biasa, itu cuma bersifat sementara

    ReplyDelete

Labels

AI (15) atheis (3) English (8) sains (32) tablet (23) Technology (17)