Follow:

KECERDASAN ADALAH KEKUATAN

Beberapa tahun yang lalu dunia sempat tercengang ketika petarung MMA menjatuhkan seorang ahli bela diri yang sangat disegani di daratan Tiongkok hanya dalam hitungan menit pertarungan. Sang ahli kungfu juga terkenal sebagai seorang guru kungfu yang belum terkalahkan. Tai Chi master ternyata tidak sehebat yang di gambarkan dalam filem Jet Lee. Bebarapa pihak merasa marah karena sang petarung semenjak itu menjadi sombong dan berhasil menjatuhkan beberapa Guru bela diri klasik dari dunia kuno yang sudah sangat terkenal dalam pertarungan yang sangat mudah dia menangkan.

ilustrasi:Pexel 
Lalu semenjak itu seolah selalu terjadi para petarung petarung klasik aliran lain seperti winchun dll berjatuhan pula di tangan para petarung MMA yang terkenal ganas, jitu dan efektif. Mata orang mulai terbuka: Disana terlihat jelas antara fakta dan fantasi. Petarung modern vs petarung kuno. Dan petarung modern dengan segala kekayaan teknik bertarung selalu memenangkan pertarungan tersebut. Bahkan seorang master yang dipercaya dan mengklaim dirinya memiliki kekuatan tenaga dalam dan dapat membuat orang terjatuh tanpa menyentuhnya harus menerima kekalahan pahit saat wajahnya menerima pukulan pukulan keras para petarung MMA yang tidak kenal ampun. Wajah tua dari orang sakti itu terlihat berdarah darah.

HUKUM ALAM

Kita juga sesungguhnya menyaksikan hukum alam ini berlaku, saat kita melawan penjajah dengan tombak dan pedang walau jumlah kita ribuan dan mereka hanya ratusan, namun senjata mereka jauh lebih modern. Kita juga membaca sejarah saat dua ribu tentara Indian hancur lebur di bantai oleh serdadu spanyol dibawah pimpinan Hernando Cortes yang bengis namun bersenjata api.

Anda boleh tidak setuju, akan tetapi faktanya kita baru bebas setelah kita mengikuti cara mereka, yakni menyerap pengetahuan modern: Poilitik modern, berjuang cara modern, diplomasi modern yang mengakibatkan sang penjajah tertekan posisinya dimana mana.

Pertanda ini jelas sekali berlaku ketika Hape jadul digantikan oleh hape modern, semuanya berubah, semuanya meningkat yang lama selalu di kalahkan oleh yang baru. Hanya pada kasus kasus spesial hal hal lama tetap di anut oleh manusia, hanya dalam kasus istemewa sebuah benda kuno tetap di pelihara dan di jaga dengan status: warisan kuno yang berharga. Namun mereka diamankan didalam "musium"

Di dunia tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Dan tanpa kita sadari manusia juga berubah pelan pelan, bentuk wajah dan bentuk tubuh manusia kuno dengan manusia modern tetap berubah walau perubahannya pelan sekali. Menurut penelitian otak generasi muda lebih rumit sususannya daripada otak generasi lama. Segalanya seperti sedang di "giring" menuju kesempurnaan bentuk dan fungsi. Itulah yang disebut oleh para ilmuwan rancangan cerdas alam semesta. Kita tidak akan menyadari betapa anak dan cucu kita tidak akan pernah benar benar sama lagi dengan kita, secara genetik mereka bermutasi dengan lingkungan, kecerdasan yang bertambah.

Kita menyebutnya sebagai rencana Tuhan yang Maha Kuasa.

KECERDASAN ADALAH KEKUATAN

Bukan ilmu tenung dan sim salabim yang merobah bulat lonjongnya dunia, akan tetapi sains, dan teknologi yang kita terapkan. Ketika kota kota zaman dulu diliputi oleh kegelapan dan hanya ada cahaya obor, sains berkembang menghasilkan lampu listrik, dan pada suatu waktu di masa lalu orang masih melakukan perjalanan hingga berbulan bulan melintasi batas antar negara, sains dan teknologi membuat terobosan hingga saat ini jarak tersebut dapat ditempuh hanya dalam hitungan jam dan menit.

ilustrasi: Pexel 
Di alam liar di dunia hewan singa adalah rajanya, mereka adalah mata rantai makanan paling atas, tidak perduli sebesar apapun hewan lain pasti tidak akan mau terang terangan berurusan dengan ras bangsa singa. Mereka sangat kuat, lincah dan fleksibel. Akan tetapi walaupun lemah singa singa di Afrika tidak mau berurusan dengan ras manusia kecuali jika benar benar terpaksa. Manusia mampu menangkap dan membunuh singa dengan mudah, mengapa? Tidak lain adalah karena manusia itu cerdas! Jadi kecerdasan adalah kekuatan manusia.

Di kalangan manusia sendiri kekuatan itu menjadi hal yang dihormati. Namun seiring kemajuan zaman orang tidak terlalu memperhatikan kekuatan kharisma sesorang terhadap yang lain, seperti halnya kekuatan seorang pemimpin zaman dulu. Di zaman modern seorang pemimpin lahir dari perjuangan dan jenjang karir yang cerdas dimana memungkinkan bagi semua orang untuk menitinya.

Kita terpaksa mengakui hal ini ketika berhadapan dengan kenyataan bukan fantasi dan khayalan. Jika ingin berdagang anda harus memiliki pengatahuan, jika ingin menjadi programmer anda juga harus menguasai pengatahuan tentang koding, jika ingin ngeblog, kekuatan anda adalah pada kepiawaian menuliskan ide yang telah ada di dalam otak di kepala anda.

Post a Comment

6 Comments

  1. mantap banget tulisannya. Bikin pikiran semakin terbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😊😊😊✔️teeimakasih

      Delete
  2. Ini blognya Mas Sofyan ya? Saya jadi bingung nih. Takut salah rumah.

    ReplyDelete
  3. Ini omongannya Irene Adler di Sherlock-nya BBC, "Brainy is the new sexy."

    ReplyDelete