Follow:

BERAPA KALI LIPATKAH HARGA iPhone XS dari MODAL PEMBUATANNYA?

Mau tau banget ya. Hanya iPhone yang berani begini dan tidak takut ditinggalkan pembeli walau  mematok harga seenak "udel-nya". Perusahaan asal California Amerika Serikat itu memang memiliki brand yang sangat kuat bandingkan sama Xiomi yang mengklaim hanya mengambil sedikit keuntungan dari setiap produk smartphone mereka dengan margin yang tipis dan yang penting laris. Apple sangat jauh berbeda. Salah satu perusahaan yang paling berharga di atas dunia fana ini.

Itu urusan atau strategi bisnis, akan tetapi berapa kali lipatkah sebenarnya keuntungan yang dapat di peroleh dari setiap unit penjalan iPhone Xs ini? Tidak ada yang tahu pasti kecuali Apple itu sendiri, namun ada sedikit gambarannya:

Bersumber dari TechInsight, harga asli iPhone Xs varian 256GB hanya berkisar 443 Dollar Amerika atau setara RP. 6,600.000,- (Enam juta enamratus ribu rupiah) sementara harga jual iPhone tersebut dipatok 1.249 Dollar Amerika atau setara dengan RP.18.500.000,- (Delapan belas juta limaratus ribu rupiah), dan lebih gilanya lagi seorang teman pelanggan iPhone baru di Batam mengatakan di Indonesia harganya bisa melampaui 22 juta rupiah!

Masih menurut TechInsight, modal untuk pembuatan iPhone Xs menurut komponennya adalah sebagai berikut:
  1. Panel oled = 80.50 Dollar Amerika (setara RP. 1.000.000,-) per/unit
  2. Internal storage = 64 Dollar Amerika (setara RP. 956.000,-) per/unit
  3. Housing external = 58 Dollar Amerika (setara RP. 866.000,-) per/unit
  4. Peningkatan komponen kamera = 44 Dollar Amerika (setara RP. 657.000,-) per/unit
Sebenarnya jika dilihat dari perkiraan ongkos pembuatannya dengan pembuatan iPhone 7s tahun sebelumnya hanya terpaut 50 Dollar Amerika atau setara RP. 749.000,-. Beaya ini hanya semata semata untuk pembuatan ponsel tidak termasuk beaya riset, promosi dan lain lain. Dan meskipun demikian Apple telah menjual produk tersebut hampir 3 kali lipat beaya produksinya, memang tidak ada yang bisa menandingi perusahaan ini dalam hal kekuatan trademark, kualitas dan premiumnya harga...
Spesifikasi iPhone Xs:- Layar 5,8 inci OLED, Super Retina
- CPU Apple A12 Bionic Hexa-core
- Memori internal 64/256/512 GB
- Kamera belakang ganda 12 MP (f/1.8 + f/2.4), OIS, PDAF
- Kamera depan 7 MP, f/2.2
- Dual SIM card, dual standby
- IP68 tahan air dan debu
- OS iOS 12
- Face ID
- Wireless charging
- Warna space gray, silver, gold


Bagaimana, mau beli?

Post a Comment

4 Comments

  1. Jadi pengen bikin sendiri, masalahnya gua nggak bisa hehe

    ReplyDelete
  2. kalau rusak selesai mz... ongkos service nya lebih mahal dari hp baru :(

    ReplyDelete