BAGAIMANA KECEPATAN SEBUAH TEMPLAT BLOGGER HTML KLASIK BEKERJA?

HTML Klasik vs AMP

Kita sedang berbincang mengenai tema HTML klasik yang dibuat responsive dan mobile friendly, tema tema ini jika kodenya di tulis dengan benar dengan terstruktur niscaya akan menghasilkan sebuah tema atau template blogger yang cepat.
Karena kecepatan menjadi hal utama pada zaman now dalam dunia bloggging yang mengandalkan network atau jaringan, Google telah membuat sebuah proyek AMP, Tema blogger AMP dengan kesederhanaan properti namun desainnya masih bisa di kustomisasi asalkan jangan melanggar ketentuan. Akan tetapi seiring waktu teknologi jaringan juga bertambah maju, jaringan net berbasis peta lebar 4G yang mulai merata menggantikan jaringan 3G dan kemudian akan disusul oleh jaringan 5G, membuat gap kecepatan antara HTML klasik dan AMP menyempit dan suatu hari akan nampak sepertinya jadi tidak berarti lagi.

Kelebihan HTML klasik adalah: KLASIK dan KAYA dengan widget, mudah diedit dan membuat para desainer jadi mudah dan bebas berimprovisasi. Sementara kelebihan AMP adalah kecepatan, kecepatan, dan kecepatan.

LALU APA POIN-NYA?

Kecepatan dan keamanan menjadi dua hal yang terpenting karena dia juga pastinya dapat meningkatkan SEO, jadi point kita adalah:

  1. Kecepatan jaringan internet akan segera meningkat, improvisasi HTML klasik juga semakin meningkat terkait kecepatan tema.
  2. Keindahan, HTML klasik akan selalu memiliki keindahan karena dia dibuat berbasis widget, ribuan widget, elemen dan sumber sumber semacam lazyload tersedia di banyak website. Kita tidak menyangkal AMP masih merupakan hal baru akan tetapi kelangsungannya masih perlu diuji lebih jauh lagi.
  3. Melimpah, desain template HTML melimpah dan penuh variasi, elemen elemen desain juga melimpah dan akan menjadi luarbiasa ditangan para seniman desain template.
BAGAIMANA MENINGKATKAN KECEPATAN TEMA/TEMPLATE BLOGGER HTML KLASIK?

Awalnya di tahun 2009 hingga 2013, jauh sebelum kelahiran tema HTML klasik yang responsive dan Mobile Friendly dan juga AMP tema tema blogger nyaris tidak mengenal istilah "mobile friendly" mungkin tidak memerlukan istilah dan performa "responsive" karena pada waktu itu kebanyakan orang membuat blog dan "ngeblog" menggunakan komputer rumahan atau laptop yang bongsor, dan para pembacanya juga membaca tulisan para blogger ini melalui layar layar 14 inchi ke atas melalui gagdet gagdet bongsor yang kurang lebih sama. Desain tema web dan blogger tentu saja sangat berbeda daripada sekarang.

Lalu pada perkembangannya ponsel muncul dan berevolusi menjadi gagdet genggam yang pintar dengan perkembangan yang luarbiasa cepatnya. Layar layar mungil itu dapat juga akhirnya mengakses internet dan menampilkan web dan blogger. Namun kesulitan pada saat membaca dilayar kecil adalah pada penyesuaian huruf dan tampilan website atau blog, menggeser geser halaman blog pada layar terkadang menghabiskan sumber daya gagdet didalam genggaman manusia dan juga membuat lelah pembaca.

Ada usaha membuat gagdet tablet dengan layar yang lebih lega , namun tetap saja harus mengeluarkan sumber daya untuk mengembangkan flatform mobile bekerja pada layar yang lebih luas. Dan disinilah peranan awal para desainer template bekerja. Mereka mengkombinasikan keahlian  perogrammer dengan kepiawaian seorang desainer, akhirnya lahirlah istilah "Tema responsive dan mobile friendly" dan oleh karena perkembangan gadget dan gawai genggam tidak mau berhenti, tema tema AMP bermunculan dalam beberapa tahun terakhir.

Jadi untuk membuat tema blogger bawaan teratama model model lama seperti tema perjalanan, awsome dan sederhana menjadi responsive dan mobile friendly para blogger harus kalau tidak bisa dikatakan "wajib" mengedit atau bahkan merombaknya terlebih dahulu agar menjadi responsive dan mobile friendly, ribuan tutorialnya tersedia di internet dan bahkan telah di tulis oleh para blogger kawakan itu sendiri.

Memang dalam blogger telah tersedia template template terbaru yang responsive dan mobile, seperti contempo, soho, emporio dan terkemuka, namun sangat mendasar dan kadang tidak mencukupi kebutuhan konten atau kadang kurang sesuai dengan niche seorang blogger kreatif. Intinya bagus namun tidak dapat memenuhi semua kebutuhan.

MEROMBAK DAN MENGEDIT KODE HTML

Jadi untuk mempercantik dan mempercepat tema tema tua kita harus merombaknya menjadi responsive dan mobile. Beberapa alenia kode harus diganti, menyusun syntax syntaxnya  dengan benar, dan struktural, meletakan kode css, JS, php ditempat yang semestinya akan membuat blog HTML klasik bisa berlari secepat kilat.

Bukan hanya soal koding, tetapi putaran dan tautan juga harus benar dan mengikuti prosedur yang paling di rekomendasikan, misalnya web atau blog berawalan "http://" bisa lebih "malas" daripada "https://" yang gegas dan perkasa. Domain TLD normalnya bisa lebih cepat "diperhatikan atau mendaptkan"perhatian" ketimbang "subdomain" disinilah mengapa kadang perendaran bisa mempengaruhi kecepatan secara signifikan.

Awalnya kami cobakan template editblogtema dengan subdomain Google menumpang Domain utama Pandora.pw. menghasilkan kecepatan: mobile=55/100, desktop=83/100. 

Tetapi ketika domain diganti dengan cadangan TLD yang kami beli beberapa waktu lalu kecepatan segera meningkat drastis: mobile=82/100, desktop 90/100. Pengujian dilakukan terhadap beberapa blog percobaan. Jadi tidak heran terkadang site kami "tidak ditemukan" karena banyaknya uji coba di internet. Kecepatan tentu saja dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan.

Kecepatan dengan menggunakan jaringan 3G juga meningkat drastis sebanyak 40% setelah menggunakan atribut "https" plus mengganti domain, ada kolerasi antara penulisan kode yang benar dan menggunakan atribut atribut yang recomended.


Namun sejauh ini percobaan ini masih hanya asumsi dan dugaan kami. Yang jelas terlepas dari semua itu kami menulis tema tema berusaha mengikuti prosedur yang telah ada dengan benar.

Jika anda mengikuti tutorial dari blog ini dengan seksama, anda dapat membuat seluruh model tema editblog dalam waktu sehari!


Comments