PENGALAMAN SERU MENCOBA DAN MENDESAIN ULANG TEMPLATE BLOGGER

Dengan mencoba mendesain ulang tema atau template blog kita mendapatkan banyak pengatahuan yang sangat berarti seperti hal hal berikut:

  • 1. koding, pengatahuan dasar html, xml, js, php, css. Wah secara teknis tanpa dasar pengatahuan tersebut di atas rasanya sulit kalau tidak dikatakan mustahil bagi kita dapat me-redesain, apalagi mendesain tema blog.
  • 2. Element element dasar desain. Tanpa pengetahuan seni dan sedikit ketrampilan  seni tentu hasil desain menjadi buruk dan tidak estitetis (tidak mengandung kecantikan dan keindahan seni)
  • 3. Kesabaran, kecermatan dan ketelitian. Seorang desainer membutuhkan tiga hal ini, jika tidak proyek desain akan terbengkalai atau putus di tengah jalan.
  • 4. Planner, konsisten. Membuat desain template itu berkutat dengan kode, struktur, dan elemen elemen dasar HTML. Perencanaan sangat penting agar pekerjaan terarah.
salah satu Template blogger  v.1 buatan Anissa
Dari mencoba mendesain ulang akhirnya saya mencoba membuat tema sebersih dan seringan mungkin agar gegas dan cepat pada saat dipakai buat ngeblog. Ternyata tidak mudah jika berurusan dengaan rendering kecepatan. Banyak pilihan: Kesederhanaan atau mengorbankan keindahan demi kecepatan? Selalu dihadapkan dengan harga yang mahal, hukum logik dari perintah perintah yang kita tulis berdasarkan standard html, dan disanalah letak seninya bagaimana memanipulasi untaian kode menjadi sebuah mesin dan objek seni yang indah! Disana juga kita dapat belajar memecahkan masalah, benar kata Ivlay (Sofyan Ya-an) yang selalu memotivasi saya: Dengan belajar kamu akan cepat dewasa, tidak mudah putus asa, menjadi manusia tangguh, cerdas dan memiliki wawasan. Terimakasih kepada suhu yang walaupun sibuk dan suka ngomel, namun tidak pernah bersikap inkonsisten.

Dan ternyata umumnya membuat sebuah template tidak cukup waktu selama 3 hari, saya bahkan mengerjakannya hingga 5 hari berturut turut sepulang sekolah, akan tetapi karena mulai mencintai bahasa pemrograman (walau masih belum menguasainya) 3,4 hingga 5 adalah sesuatu yang sangat berarti dan memberikan sedikit kepuasan kepada saya.

1. NGEBLOG DAN TERUS BELAJAR
Belajar juga tidak ada habis habisnya, semakin kita jauh belajar semakin haus logika kita untuk mengetahui hal hal baru, kita segera melupakan jerih payah kita misalnya setelah menghadapi sintaks sintaks koding yang memusingkan, tanda merah error pada kode css (maaf dalam dasbor edit html, kode css jarang meninggalkan pesan merah Kecuali Karena tag html itu sendiri) didalam struktur dan penulisan desain kita. Ya kita akan segera melupakan kesulitan ketika hasil kerja kita sukses di kompile. Rasanya tidak perlu dunia melihatnya, cukup untuk membuktikan bahwa segala sesuatu dapat kita lakukan asalkan kita memiliki kemamuan belajar dan bekerja yang kuat. Mumpung kita masih remaja.

Ngeblog ternyata adalah sarana belajar yang tepat bagi saya, walaupun tidak berencana melanjutkannya karena setelah tamat sekolah mungkin saya akan memiliki profesi sendiri. Well, setiap orang pada akhirnya akan menemukan jalan hidup mereka masing masing. Kitalah yang akan menentukan dimana kelak kita akan berada.

Kembali ke topik membuat template blog, pada saat ini Tema atau template blog ada dua jenis HTML Klasik dan AMP, untuk AMP saya sangat mengidolakan para desainer envanto, saya selalu mengikuti artikel artikel envanto element dan berkorespondesi dengan mereka. 

Envanto sendiri sayangnya lebih banyak mendesain template untuk blog blog Wordpress daripada Blogger. Dasarnya sama saja, hanya penerapannya saja yang sedikit berbeda, maklum mereka berbeda platform. Mereka memiliki komunitas bisnis bernama envanto market, dimana para desainer template bisa menjadi makmur dengan menjual template template buatan mereka disana. 


Tentu saja pada awal pembuatan terdapat banyak kekurangan, namun dengan terus menerus belajar kita akan dapat menyempurnakan hasil pekerjaan kita menjadi bernilai seni yang tinggi.

2. APA SESUNGGUHNYA YANG HARUS KITA PELAJARI UNTUK MENDESAIN TEMLPATE BLOG?
Ya dasar dasar html,css, js. Tapi menurut saya hal itu tidak sulit untuk dikuasai. Yang sulit itu adalah "Seni" karena karya seni itu sering terpeleset menjadi subjectif, maka kita perlu mengikuti standard yang sudah ditetapkan dalam pembuatan sebuah desain template blog.

Misalnya setelah seseorang menguasai bahasa pemrograman dasar dan bahkan lebih maju, belum tentu seseorang tersebut bisa membuat sebuah template yang bagus, mungkin dia hanya bekerja sebagai seorang operator di perusahaan dengan gaji UMK.

Namun seorang seniman apabila dia menguasai bahasa pemrograman dan apalagi dia adalah seorang yang kreatif, sudah seharusnya dia akan menghasilkan sebuah karya inventor yang layak untuk dihargai. Atau seorang programmer dengan sentuhan jiwa seni tentu dia akan memiliki nilai tambah yang lebih untuk menopang "skill" tersebut.

Sudah cukupkah itu? Tidak. Itu belum cukup, dia juga harus berjiwa mandiri, pekerja keras dan ulet. Dan untungnya - atau pada umumnya seorang yang yang memiliki keahlian itu umumnya adalah seorang yang berjiwa mandiri dan dan tangguh. Hal itu tergambar dari kemamuan kerasnya dalam belajar. Ada kolerasinya antara belajar keras dengan jiwa pekerja keras. Dan mengerjakan hal apa sajapun butuh hal hal yang disebutkan diatas. Termasuk membuat template.

Banyak desainer tanah air dan kita dapat belajar dari mereka, kami bahkan rutin membeli template template yang dirasa unik untuk dipelajari. Prinisp dasarnya secara teknis sama saja, yang membuat mereka berbeda adalah cita-rasa seni yang unik dan tinggi!

3. KOMBINASIKAN APA SAJA MELALUI PERCOBAAN
Mendesain sebuah tema blog kita harus menguasai warna warna css, baik yang solid maupun yang gradasi sebagai contoh, dan jika komposisinya tepat, tentu akan menghasilkan desain yang indah dan sedap dipandang mata. Kita juga dapat memanfaatkan font awsome dan menempatkannya bukan hanya sekedar sebuah hiasan yang indah sebagai link medsos misalnya, akan tetapi juga dengan fungsinya yang tepat, bahkan salah satu desain kami memanfaatkan fa fa awsome untuk membuat menu navigasi yang ciamik, simbol simbol dan ikon ikon awsome yang berbentuk animasi dapat dikombinasikan dengan link sitemap blog sehingga membentuk sebuah navigasi yang unik dan indah.

Walau ini hanya sebuah percobaaan, namun sangat potensial untuk dikembangkan. Dalam artian hanya sebagai contoh bagaimana memanipulasi elemen elemen dan memanfaatkannya dalam desain template blog.

Tulisan ini mungkin hanya sebagai motivasi, sudah banyak sekali tulisan tentang teknik membuat template blog dasar, jika kita memang berminat luangkanlah waktu untuk belajar apalagi kita yang sedang menjalani dunia blogging.


Comments

  1. bagus mas, template bawaan blogger gag kalah sih sama template premium, malahan loading via smartphone lebih cepet dn responsive, tinggal kitanya saja yang jeli memodifikasi agar tampilannya keren seperti adelinasasa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, sy sudah mencoba selusin template premium, buatan luar dan dalam negeri namun template rancangan sendiri lebih enak Karena bisa disesuaikan menurut keperluan.

      Percayalah template bawaan juga memiliki kelebihan tersendiri.

      Delete
  2. ngedit yang kemaren aja belom jadi sist bingung hihihi, padahal cuman bikin valid waktu di validasi ternyata belum faham

    ReplyDelete

Post a Comment