MENGAPA OPSI "PENGHASILAN" TIDAK TERLIHAT DI DASBOR BLOG?

2 PROBLEM "KECIL" YANG CUKUP "MEMUSINGKAN" BLOGGER PEMULA.
 
Mungkin artikelnya ada di web, tapi tidak ketemu kunci kata yang tepat pada saat melakukan pencarian, sehingga bingung juga kalau mencari pemecahannya dengan coba coba namun gak ketemu, dibawah ini ada dua problem "kecil" tersebut
1. Opsi penghasilan tidak muncul di dasbor blogger
 Waktu buka dasbor dan mau setting atau menambahkan iklan baru ke blog, opsi "penghasilan" tidak muncul. Saya juga bingung pada awalnya untungnya ikut jadi member Indonesia Adsense Publisher di Google+, disana tinggal tulis problem yang sedang kita hadapi terkait adsense Google yang mendatangkan penghasilan kepada blog kita tersebut, akan ada para "suhu" yang membantu memecahkan problem. Saya katakan masalah kecil adalah karena sekali jawab langsung membantu memecahkan masalah kita. Padahal kita sudah sempat pusing, makanya saya berfikir karena anggota INDONESIA ADSENSE PUBLISHER mengapa tidak saya manfaatkan saja grup ini daripada kelamaan mikir mikir cari pemecahannya seorang diri, bukan?

Lihat nih jawaban dari Fandi Guritno (dia ini termasuk master klo menurut saya) dari Screen Shoot Grup: (Pada screeeshoot, saya membandingkan dua blog yang sama sama sudah diterima sebagai publisher adsense Google, yang satu opsi "penghasilan" terlihat, sedangkan yang satu lagi hanya "komentar" yang terlihat.

Jawaban Fandi Guritno:
"Buka setelan, cari pengaturan bahasa, alu ubah bahasa jadi english US atau english  UK"
Hasilnya? Mujarab baik penghasilan dan komentar jadi terlihat, memang seharusnya demikian, bukan?
Jadi jika sobat sobat mengalaminya cukup masuk dasbor: Pergi kepengaturan, pilih pengaturan bahasa ganti ke bahasa Inggris USA atau Inggris UK (United Kingdom), beres. Kalau gak ya sulit mau edit adsense.
2. Peringatan dari adsense 
Pada dasarnya Google sangat perduli dengan masalah keamanan, dan dua peringatan di bawah ini adalah hal yang paling sering diterima oleh para publisher adsense:

  1. In the past 7 days, your ad code has appeared a significant of times on sites you don't own. To avoid lost revenue, make sure to add any sites to your verified sites list in My Site. (Dalam 7 hari berturut turut, kode iklan anda secara signifikan ditayangkan di situs yang bukan milik anda. Untuk mencegah kehilangan penghasilan, pastikan untuk menambahkan situs situs kedalam daftar situs yang terverifikasi anda di "My Site")
  2. Earning at risk - One or more of your ads.txt doesn't contain your AdSense publisher ID. Fix now to avoid severe impact to your revenue. (Penghasilan anda berisiko - Satu atau dua ads.txt anda tidak terdapat ID Publisher anda. Perbaiki sekarang untuk mencegah hilangnya penghasilan)


Peringatan no. 1 itu kayaknya mengerikan, persoalannya sudah dicoba segala macam cara dari mengedit ulang daftar blog yang sudah di verifikasi hingga meneliti satu demi satu blog apakah sudah berisi ads.txt. Rasanya sudah semua tapi kok masih dapat peringatan saja hingga hari ini? Ada yang menyarankan dibiarkan saja, klo menurut saya memang peringatan ini sudah terjadi selama berbulan bulan dan tidak ngefek sama blog kesayangan, tapi siapa tahu bisa diatasi.

PENYEBABNYA BISA JADI JUMLAH BLOG DALAM SATU AKUN ADSENSE MELEBIHI 5
Ini hanya kecurigaan saja mengingat peringatan itu berisi warning "one or more of your ads txt doesn't contain your AdSense publisher ID.

Artinya begini Satu AD adsense bisa berupa beberapa buah blog coba perhatikan ads txt satu demi satu, yang repot tentu saja kalau blognya melebihi 10 blog! Dan ini juga yang disarankan oleh teman teman di IAPD

Penyebab lain boleh jadi salah satu ads txt memang kode angkanya berbeda atau kode ID adsense berbeda. Kode ads txt memang sedikit merepotkan namun terasa penting demi keamanan dan kenyamanan publisher adsense.

Jadi untuk pencegahan hal hal terjadi di blog sobat sebelum diterima sebagai publisher perlu juga diingat hal hal berikut:

  • Jangan terlalu banyak pasang kode iklan, seperlunya saja dan cari artikel atau tanya di grup social media terpercaya (kalau di Google+ ya seperti  IAPD -lah)
  • Jangan terlalu banyak blog dalam satu akun adsense atau bahkan jangan pertimbangkan terlalu banyak akun adsense yang berbea jika kita memang tidak sanggup mengurusnya, karena bisa berdampak buruk terhadap akun blogger secara keseluruhan.
  • Gunakan tema default yang sudah di edit atau premium saja kalau kuatir template gratisan buatan orang mengandung, maaf, kode "pencuri" dan atau "kode pengalihan" karena ada kasus lubang bug pernah terjadi penghasilan dan trafik seorang blogger "mendek" ternyata tersalur ke blog si pembuatnya.
  • Tetap konsisten dalam ngeblog, tidak gampang berputus asa dan tidak malas menulis.
Wasalam itu saja yang dapat kami sampaikan saat ini



Comments

Post a Comment