CARA MENGATASI "KESALAHAN KEAMANAN" PADA SAAT MEMBUKA BLOG

"Ada masalah dengan sertifikat keamanan situs ini" demikian bunyi pesan melalui hape anda pada saat anda mencoba mengakses blog anda
 Mungkin ini yang akan anda lakukan:

1. MENULISKAN MASALAH ANDA DI PENCARIAN GOOGLE TAPI TIDAK KETEMU
Anda mungkin segera mencari penyebabnya di Google namun tidak setiap permasalahan sama dan pada saat tidak ada satu artikelpun ditemukan yang cocok untuk memecahkan masalah anda. Nah lo.

Mengapa bisa terjadi? 

Karena walaupun akar masalah kita sama, namun detailnya bisa berbeda beda. Beberapa orang mungkin tidak bisa mengakses suatu web melalui laptop mereka tidak bisa akses ke web office 365 microsoft, atau ada juga yang tidak bisa mengakses site langganan. Ibarat tujuan menuju rumah masing masing namun kita semua harus melewati jalan raya yang sama dan akhirnya berbelok kejalan menuju ke rumah masing masing. Disana pangkalnya ada persamaan, namun pada penghujung jalan kita memiliki jalan yang berbeda.

2. HANYA PADA HAPE SITUS TIDAK BISA DIBUKA, PADA PC KOK BISA?
Ya sistem sertifikasi kemananan bisa berbeda beda dalam menanggapi sebuah sambungan melalui beberapa jenis perangkat yang berbeda berbeda. 

Jika pada hape atau layar ponsel anda menerima peringatan: "Ada masalah dengan sertifikat keamanan situs ini" bunyi pesan melalui hape anda pada saat anda mencoba mengakses blog anda, dan jika benar benar setelah itu akses ke blog atau site anda "diputuskan" dari jaringan sehinga tidak bisa terhubung melalui hape, akan tetapi mungkin sementara waktu anda tetap bisa mengakses blog anda melaui laptop di kantor. Itu bisa saja terjadi karena perlakuan sambungan laptop terintegrasi dengan sistem sertifikasi keamanan kantor sedangkan hape adalah milik pribadi anda. 

3. APA DAMPAKNYA TERHADAP BLOG?
Jika itu terjadi pada blog tentu saja sangat buruk! Blog anda tidak dapat diakses. Mulanya anda mungkin hanya melihat warning keamanannya pada layar hape anda sendiri. Tetapi dengan asumsi 75-80% pembaca blog anda juga menggunakan hape maka mereka juga akan mengalamai hal yang sama: Tidak bisa mengunjungi blog anda karena di blokir oleh sistem pengamanan. Nah anda mulai merasa di fitnah, kok blog saya dituduh sebagai situs tidak terpercaya dan berbahaya? Anda harus secepatnya mengatasinya! Tetapi beruntung blog anda masih mendapat komplin melaui whatsApp pembaca seperti pada gambar dibawah ini (blog saya beruntung karena dapat pemberitahuan dari pembaca):
Dan dampak merugikan bisa berupa:
  • Jika blog anda sudah dimonetesi, hal ini berdampak kepada kehilangan penghasilan semakin lama anda menunda-nunda mengatasi semakin lama pula anda menderita kerugian. Mungkin masih ada diantara pembaca anda yang masih bisa mengakses halaman web atau blog anda melalui dekstop/PC dan laptop, tetapi jumlah mereka terlalu kecil jika dibanding dengan pengguna ponsel seluler.
  • Blog anda bisa kehilangan kepercayaan, pengunjung organik blog bisa pergi dan tidak mau kembali lagi karena mengaggap situs anda sudah tidak terpercaya.
4.JIKA BLOG ANDA YANG TERKENA DAMPAKNYA, INI YANG HARUS ANDA LAKUKAN
Masuk ke dasbor blogger dan periksa pengaturan dasar, pada dasarnya pengaturan blogger subdomain maupun TDL dianjurkan menggunakan jaringan ssl kemanan dengan ekstensi HTTPS.

Mungkin secara "tidak sengaja" entah karena apa, setting teralih ke non ssl, padahal awalnya  blogger anda telah memakai alamat https dan bukannya http. Jadi kembalikan saja ke "HTTPS" tentu saja jika ketersediaan https telah "tersedia"

Perhatikan gambar:
Jika Anda memilih Y"es" pastikan posisi https tidak teralih ke "No" (pokoknya perhatikan YES/NO YA...) dan anda bisa mengembalikannya dan memastikan bahwa setting yang terenskripsi tersebut. Atau bisa juga dengan tampilan setting sedikit  berberbeda seperti pada gambar dibawah ini:
 Hal ini bisa saja terjadi karena ketidak sengajaan anda pada saat utak-atik templat. Anda terkejut ketika mencoba membuka blog anda sendiri kok malah mendapatkan warning keamanan?

Akan tetapi jika hal diatas telah anda lakukan blog anda akan segera aman dan dapat diakses kembali melalui hape seperti sediakala. Jadi ngeblog itu kadang sedikit ribet dalam soal maintain ya, apalagi bagi anda yang sedang belajar utak atik templat dalam rangka belajar mendesain tema anda sendiri. Jangan lupa setelah itu cobalah matikan perangkat dan hidupkan kembali.



Comments

  1. Asmaraman S. Kho Ping KhoAugust 9, 2018 at 8:47 PM

    Tes

    ReplyDelete
  2. Bagus dan bermanfaat sekali artikel ini.
    Infonya sangat membantu mengambil tindakan agar blog kembali terlihat aman baik dilihat dari ponsel maupun komputer.

    Nice post, kak Risna 👍

    ReplyDelete

Post a Comment