8 BAHASA PEMROGRAMAN YANG PALING SERING KITA PERGUNAKAN SAAT INI

Saat ini bahasa pemrograman sudah banyak sekali model, jenis dan style-nya. Beberapa jenis bahasa pemrograman yang sedang dikembangkan dan sedianya dapat menampilkan aplikasi web dan mesin offline sudah banyak yang berguguran. Generasi tahun 90-an yang mudanya dihabiskan pada tahun 2010-2014 pastinya  pernah mengenal sistem operasi untuk mobile seperti yang dipergunakan pada symbian untuk hape NOKIA dan RIM untuk blackbery. Kedua perangkat ini akhirnya meninggalkan kedua sistem operasi ini beralih kepada sistem operasi Android yang lebih lugas dan dinamis.
Itu menurut saya sih. Kalau pengungkapan tulisan ini salah minta tolong di koreksi ya. Mereka membuat semua sistem operasi dengan bahasa pemrograman, rupanya bukan hanya sistem operasi yang bisa mati dan di tinggalkan, bahasa pemrograman-pun lebih jauh bisa saja terhenti pengembangannya alias layu sebelum berkembang.

Jangan keliru, bahasa lingua manusia juga sudah banyak yang punah sejak dipergunakan oleh manusia ribuan tahun yang lalu, apalagi bahasa pemrograman yang sedang kita pakai untuk berkomunikasi dengan mesin.

Karena tertarik dengan pemrograman-walau sedang merencanakan pendidikan di bidang kesehatan, saya mengikuti blog blog pemrograman beberapa teman blogger ternyata juga sedang mengembangkan bahasa bahasa yang terbilang baru, diantaranya masih berlangsung dan sebagian lagi layu sebelum berkembang, kita masih bisa masih bisa membaca jejak sintaks-sintaksnya di web. Menurutku mereka adalah pribadi pribadi cerdas dan luarbiasa, seorang yang pastinya memiliki kecermatan, kesabaran dan kecerdasan kognitif yang lebih diatas rata rata orang biasa.

Namun ada beberapa bahasa pemrograman yang masih tetap eksis dan banyak dipakai oleh para programmer paling tidak hingga sampai saat ini:
  • Java
Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) Kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Ternyata ada bahasa pemrograman yang terinsipirasi dari kopi olahan tanah air tercinta. Pantesan kalau programmer suka bekerja sambil merokok dan minum kopi ya terutama yang cowok cowok.

Bahasa ini sering dipakai oleh programmer perangkat lunak untuk memberikan perintah operator pengoperasian mesin.
  • C
Bahasa C ini juga termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie.
  • PHP
PHP (Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. PHP (Bukan pemberi harapan palsu ya) pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.
  • Visual Basic
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC. Ini sering kamu pelajari atau paling tidak kamu dengar, bukan?
  • Phyton
Dalam tingkatan bahasa pemrograman yang nama dan ikonnya mirip sejenis ular berbisa ini, termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile dan dikembangkan oleh Guido van Rossum
  • C++

C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski jangan salah ya, walau masih adik-kakak, kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.
  • JavaScript
JavaScript (atau JS, yang juga sering dipakai oleh para desainer template blog ) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web, misalnya bisa membuat template blog jadi cakep, sayangnya AMP blog membatasi penggunaannya dengan imbalan kecepatan.
  • C#
C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

Demikianlah pengenalan beberapa jenis bahasa pemrograman hanya sekedar untuk referensi.


Comments

  1. Dulu pernah dengar bahasa pemrograman Nusa, yang di dirikan oleh anak bangsa Indonesia sendiri... Sekarang bagaimana kabarnya ya? Sangat sayang jika terhenti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah berhenti. Memang tidak ada beritanya lagi.

      Delete
  2. pernah belajar program c plus plus
    tapi DO, karena terlalu sulit

    ReplyDelete
  3. CH#, mas kalau # saja apa, dan seperti ini, #gurukampung. Maksudnya apa ya mas... saya sering lakukan tetapi sebenarnya tidak paham fungsi dan kegunaannya?

    Jika boleh bisakah menjelaskan lebih lanjut soal # mas admin. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tagar atau hastag, gunanya untuk membantu pemirsa melakukan pencarian misalnya pada saat ngetweet: #gunung, #sosial dst. Jika dipakai di facebook tanpa spasi akan menghasilkan highlight namun fungsinya tidak tidak signifikan.

      #gurukampung, akan menjadi hightlight (sorotan) setelah diberi hastag atau tagar # segitu saja yang saya tahu he he he

      Delete

Post a Comment