AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

MENGAPA 2 PARADOX INI TAK PERNAH ADA JAWABANNYA?


Paradox adalah sebuah situasi, penjelasan dan buah pemikiran yang memiliki banyak jawaban, asumsi dan kesimpulan. Sebuah paradox tidak pernah memiliki jawaban yang dapat memuaskan bagi semua orang. Sebenarnya paradox tidak diciptakan, itu lahir karena benturan buah pemikiran bagi setiap orang yang berdiri pada tempat mereka masing masing dan menginginkan jawaban sekaligus kebenaran. 

Namun kebenaran itu sendiri terkadang justeru menjadi Paradox yang membingungkan sebagian orang orang yang terlibat perdebatan itu.

1. PARADOX KEMAHA KUASAAN
Orang Atheis sangat suka terhadap paradox ini, mungkin tujuannya untuk membuat bingung orang orang yang memeluk agama. Mungkin juga memang karena paradox ini tidak memiliki jawaban apa apa.

Maha Kuasa itu memiliki segalanya dan digambarkan sangat sempurna, tidak memiliki kelemahan dan dapat melakukan apa saja sesukaNya.

Pertanyaannya adalah jika Tuhan itu maha kuasa seperti gambaran diatas, apakah Dia bisa menciptakan sebuah batu yang maha berat dialam semesta ini yang diriNya sendiri tidak bisa mengangkatnya?

Disinilah paradox itu terjadi: Jika jawabannya adalah Tuhan bisa membuatnya, maka Tuhan membuat sebuah batu yang maha berat yang diriNya sendiri tidak bisa mengangkatnya - artinya ada juga yang tidak bisa dilakukan oleh Tuhan, yakni mengangkat batu berat itu- Tapi jika dia bisa mengangkat batu yang Dia sanggupi untuk dia ciptakan agar supaya tidak bisa diangkat olehNya, maka paradoxnya jelas: Dia sebenarnya tidak bisa menciptakan batu tersebut. Artinya Kemaha KuasaanNya gugur.
Namun jika jawabannya dia tidak bisa membuat batu yang tidak bisa dia angkat, berarti hal itu langsung menunjukan Tuhan tidak maha kuasa karena ada yang tidak bisa Dia ciptakan yakni batu yang maha berat yang Dia tidak dapat mengangkatnya. Pernyataan Tuhan Maha Kuasa menjadi gugur. Ini hanya paradox yang biasa di bahas oleh kalangan teologidan ketauhidan tingkat tinggi.
Ibnu Rusyd 
Ironisnya paradox ini dikemukakan oleh serorang ahli palsafat, ulama dan ilmuwan Islam yang bernama Ibnu Rusyd (Averroes) yang hidup di Spanyol) pada tahun 520 Hijriah (1128 Masehi) dan dijadikan anekdot oleh para penganut Atheis untuk menyudutkan nalar para penganut kepercayaan agama. 

Ibnu Rusyd sendiri memberikan jawaban terhadap paradoxnya (yang tentunya tidak semua orang puas dengan jawaban berdasarkan keyakinan ini) bahwa Tuhan berada diluar logika manusia. Keyakinan adalah keyakinan dan semua orang berhak memiliki keyakinan dan undang undang melindunginya.

Kita tidak meragukan kekuasaan Tuhan karena kita meyakini dia berada jauh diluar nalar kita. Tuhan pasti menciptakan akal pikiran untuk dipergunakan dengan sebaik baiknya. Dan kita diberikan kebebasan itu yang kemudian berubah menjadi "paradox" yang lain pula.

Ada orang yang merasa kebebasan berfikir itu adalah tabu, tetapi Tuhan telah menciptakan akal pikiran manusia dan dia sangat mengetahui seperti apa itu akal dan pikiran. Tentunya hal itu tidak akan tersia sia. Jika akal pikiran dibelenggu maka besar kemungkinan nilai inteligensia nya tidak bisa berkembang dan ciri khas manusia sebagai makhluk yang berakal akan hilang seiring waktu. Kemajuan dan penemuan justeru lahir terkadang karena melanggar beberapa tabu.
Kadang kaidah berfikir menurut aturan justeru menyesatkan, tanpa terelakan manusia lalu menemukan matode baru dan berubah sepanjang waktu. Berfikir tentu saja berbeda jauh dengan keyakinan manusia harus memiliki kedua keduanya. Kita tidak pernah dapat menjengkal rencana Tuhan.

2. PARADOX WAKTU.
Ilmuwan menyatakan perjalanan waktu mungkin bisa dilakukan. Perjalan waktu dengan bantuan kemajuan teknologi suatu ketika akan terjadi. Manusia bisa bergerak dalam ruang waktu. 
Manusia akan bisa kembali ke masa lalu, atau pergi kemasa depan. Padahal hari ini hal tersebut terdengar dan terlihat mustahil. Pada kenyataannya sekarang orang orang dimasa lalu telah meninggal, sedangkan orang orang dimasa depan belum lagi dilahirkan. Nah seorang time traveller bisa mengunjungi orang orang di masa lampau ketika mereka masih hidup pada zamannya pada penanggalan dan koordinat ruang waktu ditahun berapa saja! Dan bisa juga pergi kemasa depan. Namun tunggu dulu, bagaimana dengan paradox yang akan terjadi jika hal itu dapat dilakukan?

Misalnya seorang Time traveller bernama B melakukan wisata perjalanan ke masa lalu dan bertemu dengan ibunya yang masih gadis remaja lalu mereka berdua jatuh cinta dan menikah dan ibunya hamil apakah anak itu adalah dirinya sendiri? Bukankah seharusnya dia ada karena pada waktu itu ibunya menikah dengan ayahnya?

Atau jawablah pertanyaan ini: "Jika aku pergi ke masa lalu disaat kakekku masih muda dan belum menikah, lalu kubunuh dia, apakah aku pernah ada di alam semesta ini?".

Seorang time traveller pergi ke masa lalu dan bertemu dengan kakeknya yang masih muda dan dia membunuh kakeknya, apa yang terjadi dengan dirinya? Bukankah ayahnya lahir karena kakeknya menikah dengan neneknya? Kalau kakeknya mati maka ayahnya tidak pernah ada, kalau ayahnya tidak pernah lahir seharusnya dia tidak pernah ada. Lalu bagaimana caranya dia membunuh kakeknya?

Hukum ruang waktu terlihat jadi kacau balau karena paradox ini.

Saya sangat suka dengan kedua paradox ini karena mampu merangsang kita untuk berfikir keras. Walaupun paradox belum dan tidak memiliki sebuah jawaban, namun paradox selalu memiliki banyak sekali jawaban seperti sebuah teka teki yang tidak pernah berakhir untuk menemukan jawabannya.

Comments

  1. Anda merasa binggung mau cari Situs judi online yang terpercaya ???
    gabung & buktikan sendiri di Sahabatkartu
    Di Sahabatkartu memiliki promo bonus terbesar
    SILAKAN HUBUNGI KAMI DI :
    Livechat : www*Sahabatkartu*biz
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…