INI KERUGIANNYA JIKA HANYA COBA COBA PROMO BLOG DENGAN UANG

Saya tidak akan menggunakan istilah sulit pada saat menulis ini, karena tujuan blog ini adalah buat blogger pemula agar berhati hati memutuskan pada saat awal melangkah di dunia blogging.
Promo Blog bisa melalui banyak cara: Melalui medsos: via facebook, via twitter, instagram, pinterest bahkan google plus. Gratis. Namun ada juga sebagian orang yang tidak sabaran mencari berbagai cara, lalu ketemu cara ini: promo blog via FB-ads, adwords dst. Tidak salah kok, itu 100% masih halal alias legal karena kita kan membayar beaya "pengiklanannya" tidak ada aturan misalnya Facebook Ads yang ditujukan buat UKM itu melarang kita mempromosikan blog melaluinya. Walaupun banyak kalangan yang berpendapat blog tidak termasuk dalam syarat promo FB ads, tapi belum ada aturan resmi yang melarangnya. Bisnis is bisnis.

Bagaimana seorang pemula menjalani hari hari berat persaingannya di dunia blogging?
-Teruslah ngeblog secara alami! Anda akan dikenal oleh pembaca, jika anda konsisten. Biasanya seorang pemula tidak berharap banyak pada penghasilan tetapi lebih kepada hobi dan improvisasi agar blognya menjadi semakin baik dari hari ke hari. Ingat semuanya butuh waktu. Teruslah menulis ide baru. Dorongan yang baik pada saat pertama ngeblog adalah: Ingin menyampaikan dan berbagi ide, ada 2 milyar pembaca menanti, tidak mungkin tidak ada pembaca yang akan membaca artikel dan tulisan anda. Optimis saja. Semuanya akan terasa mudah.

-Teruslah berbagi! Bagikan postingan anda di facebook, twitter, pinterest dimana saja anda memiliki akun. Tapi setidaknya pastikan postingan itu terkait dengan minat teman teman di FB, ya bisa mereka lihat dari judulnya. Saya sendiri paling sering kalau posting di FB tidak ada yang like. Maka dari itu saya gabung sama komunitas, group dan forum yang terkait dengan blogging untuk membagikannya.

-Jangan tergoda grup fraud, berisi tukang tipu yang pingin cepat dapat hasil ngeblog dengan jalan pintas. GPP kan sekali sekali dibantu teman. Tapi bertukaran link itu sangat berbahaya bagi blogger pemula bisa kena ban dan gak bisa ngeblog lagi. Sia sia jerih payah padahal pembaca organik sudah mulai "berhadiran" satu demi satu di halaman blog kita tanpa kita sadari dan kita menyia nyiakannya melalui kegiatan "exchange" atau bertukaran link antar sesama anggota grup yang disebutkan tadi. HINDARI HAL ITU.

Lalu apa kerugian menggunakan jasa promo berbayar untuk promo blog?
Bisnis is bisnis, sebagai seorang yang ikut menggeluti dunia blogging saya juga melakukan apa saja yang saya rasa dapat menaikan trafik dan menghasilkan keuntungan buat blog saya. Pengalaman mengajarkan banyak hal yang dapat saya bagikan disini:

Para pemilik akun facebook dapat membuat FB/fanpages untuk tujuan promo misalnya jualan online, menunjang usaha real toko pokoknya usaha dan itu termasuk dalam program FB ads. Akan tetapi membuat pages itu mudah namun tidak semudah mendatangkan "fans" ke halaman yang telah kita buat tersebut. Setelah dibuat dan mengundang teman teman belum tentu juga mereka mau jadi fans untuk halaman atau pages tersebut sudah terlalu banyak Page anda harus benar benar unik sebelum dipandang orang.

Dan...Facebook menawarkan opsi promo berbayar, pemilik fanpage disarankan agar membuat postingan secara teratur agar dipromosikan melalui mesin penghantar facebook kehadapan pemirsa umum di facebook. Diantara promo terdapat opsi dimana facebook akan menyarankan dan mensugesti pemirsa Facebook untuk memberikan LIKE ke halaman dan menyarankan para netizen untuk menjadi fans halaman anda.

Cara berbayar ini biasanya efektif mendatangkan fans dan ribuan like tergantung berapa jumlah kita membayar. Nah pada page yang sudah berjubel LIKE halaman itulah kita kemudian mempromokan halaman blog kita dengan pilihan: di"LIKE", di"KLIK", di"komen" atau di"Kunjungi". Akan tetapi tunggu, anda tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini begitu saja tanpa melihat betapa anjloknya pengunjung setelah itu.

karena baik Kunjungan dan like itu terbagi dua jenis: Organik dan non organik alias murni tanpa bayar dan berbayar. Pada page yang berbayar biasanya hal itu sangat timpang, misal, kunjungan organik hanya 300 orang dibandingkan kunjungan berbayar yang jumlahnya hingga 1 juta orang!

Kerugiannya bisa dalam jumlah kunjungan berbayar dibandingkan dengan penghasilan yang akan kita dapatkan, sering jumlah uang yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pemasukan yang kita dapatkan. Permainan FB-ads ini boleh dikatakan separo semu bagi seorang blogger yang mencari keuntungan finansial, akan tetapi tidak masalah jika hanya trafik sementara yang anda targetkan. Tergantung bagaimana anda mengelola blog dan mempertahankan tingkat trafik blog anda setelah itu. Yakni ketika anda sudah tidak membayar promo lagi.

Walaupun Page anda telah memiliki beribu fans hasil promo FB namun tidak berpengaruh terhadap trafik?

Mengapa hal ini bisa terjadi? ya karena mesin bisnis itu tidak memprioritaskan orang yang tidak bayar, jadi fanspage yang memiliki bayak like itu hanyalah menjadi hiasan belaka. Itu bukan fans organik anda.

Logikanya adalah karena anda bukanlah seorang artis atau publik figur blogger terkenal jadi anda membutuhkan support dana terus menerus untuk mempertahankannya. Algoritma mesin pencari berjalan lurus pada tagname, merek dan figur terkenal, anda akan tenggelam tanpa usaha menaikan kembali nama anda dan pilihannya sungguh sulit, kerja keras atau membayar!

Perhatikan baik baik gambar eksprimen (percobaan) kami pada saat memposting hal sepele dibawah ini dengan promo di fanspage FB:
Pada bagian bawah gambar terbaca tulisan: 59,903 orang dijangkau. Perhatikan bar Statsnya: pangkal warna kuning lebih pendek daripada ujung wana orange. Warna kuning adalah jangkauan organik yang tidak sampai 10% sisanya lebih 90% adalah jangkauan berbayar! Bayangkan anda akan kecewa jika setelah tidak membayar, trafik anda anjlok karena mesin facebook akan "mangabaikan" pengguna yang "miskin"

Hal serupa juga akan terjadi ketika anda memilih adwords sebagai pilihan promo: Bisnis tetaplah bisnis. Anda hanya akan mendapatkan prioritas pada saat membayar, dibutuhkan keahlian berkalkulasi baru mendapatkan untung jika ingin bermain dengan cara ini, sebaiknya anda mempelajari dan menghitung budget pengeluaran serta berapa kira kira keuntungan yang akan anda dapatkan setelah itu. Walaupun cara ini memang bisa mendatangkan keuntungan bagi yang piawai memainkannya, namun tidak sedikit yang terjebak dalam kerugian yang berlarut. Itulah bisnis.

Tapi tidak perlu kuatir bagi anda yang memang siap dan memiliki budget plus strategi dan kalkulasi yang canggih. Peluang untuk mendapatkan keuntungan akan selalu terbuka lebar walaupun harus berkorban uang....


Comments

  1. Walah salah bikin target itu untuk iklan facebooknya, tidak bisa semuanya disama ratakan karena minat dan kesukaan orang beda beda... Mungkin bisa diperkecil lagi jangakauannya seperti kotanya dimana lalu minatnya apa, mungkin bisa lebih tertarget mengenai artikel yang di promosikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mas Andrie benar, tapi tujuan kami hanyalah mengingatkan: jangan terburu buru ambil jalan pintas bagi newbie sebelum benar benar menguasai dan mengerti apa yang ditargetkan.

      Delete
  2. Saya sebetulnya penasaran dengan iklan-iklan untuk memperbanyak pembaca blog. Tapi berhubung pelit, agak males ngeluarin duitnya. (Lagian, posting artikel juga seminggu atau dua minggu sekali, jadi nggak bisa stabil.) Makanya kalau saya sih, menggantungkan diri pada pembaca organik saja. Siapa tahu semakin lama semakin banyak peminatnya.

    ReplyDelete
  3. Mau ikut ngiklan gk ada duitnya, udah bikin fanspage gk ada yang folownya xixixi ahirnya artikel gk di share 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis, page harus tetap diupdate, karena seiring waktunya itu akan tumbuh dengan sendirinya 😊

      Delete
  4. Saya juga pake iklan FB ads untuk like fansfage, terus langsung invitation untuk like fansfage dari yang like status yang dipromsikan

    ReplyDelete
  5. Saya pilih yang Natural saja lagian saya gak punya uang untuk iklan dan berharap keberuntungan menyertai.😊

    ReplyDelete
  6. Ulasan artikelnya bagus banget, kak.
    Kita semua jadi tau apa konsekuensinya dan jadi lebih bijak mengambil keputusan.
    Nice sharing.

    ReplyDelete
  7. Saya tidak atau belum pernah itu yang namamanya fb ads. Tahu sendirikan orang yang main fb kan umumnya hanya untuk selingan hiburan. Jika ada iklannya mereka akan merasa terganggu. Kalau bisa mah, lebih baik iklan atau memasang artikel sesama blogger, jika itu punya dana lebih. Jika miskin cari yang gratisan saja, sebarkan lewat semua akun media sosial pribadi, khususnya fanspage.

    ReplyDelete

Post a Comment