Skip to main content

SUKSES NGEBLOG DIAMBIL DARI CONTOH PARA BLOGGER SUKSES DI DUNIA

Anda sudah benar jika anda berniat bersungguh sungguh pingin ngeblog namun anda juga harus siap menghadapi cabarannya yang akan menghadang. Tidak seperti yang kita bayangkan pada awalnya ternyata blogging juga adalah sebuah dunia dan bidang pekerjaan, bisnis dan juga tempat menyalurkan aspirasi, hobi dan kreatifitas kita.
Blogger sukses itu nyata, namun para pacundang juga banyak dan tidak terhitung jumlahnya, sama halnya dengan jenis usaha lain: Ada yang disebut beruntung ada pula yang disebut kurang beruntung. Sebaiknya anda menghibur diri dengan mengubah statemen menjadi: "belum beruntung"

Umumnya para blogger itu menjadi sukses adalah karena:
  • PUNYA SKIL MENULIS
Jelas sekali 99% benar. Jika anda memiliki skil sebagai seorang penulis anda akan menjadi seorang blogger yang sukses. Ini adalah modal pertama. Anda bisa mengikuti hal lainnya belakangan, optimalisasi SEO yang standar, template yang biasa biasa saja. Ilustrasi yang biasa biasa saja semua jadi jadi mengikuti daya pesona skil menulis anda.

Keahlian menulis adalah basis vital untuk menjadi seorang blogger. Keahlian menulis yang dimaksud bukan berarti anda harus ahli menulis buku, novel atau berita. Tetapi lebih kepada keahlian individu yang mengerti bagaimana dia mengolah informasi yang ingin dia sampaikan ke dalam bentuk tulisan yang pas untuk sebuah blog. Banyak tutorial menulis telah di terbitkan di website, akan tetapi skill menulis yang alami itu sebenarnya telah ada di dalam diri anda sendiri, tinggal bagaimana mengasah dan melatihnya terus menerus.
  • DISIPLIN
Semua jenis usaha dan pekerjaan membutuhkan disiplin. Ini tentang bagaimana anda menyuguhkan informasi terupdate dan teratur kepada pembaca anda. Pembaca adalah manusia yang memiliki pola hidup, mereka memiliki waktu waktu tertentu pada saat mengunjungi blog anda. Terlalu lama update blog akan membuat situs anda ditinggalkan, apalagi kalau sampai malas menulis.

Alasan utama mengapa disiplin tinggi akan menjadikan blog anda sukses adalah karena umumnya manusia memiliki sifat malas, seorang blogger juga sering melontarkan alasan seperti ini: "Saya kehabisan inspirasi untuk menulis" Pembaca tidak akan bisa mengharapkan lebih banyak artikel segar  dari blogger jenis ini. Karena hukum sebab aibat pasti akan berlaku: KARENA ANDA TIDAK MENGUPDATE BLOG ANDA SECARA TERATUR, MAKA SATU DEMI SATU PEMBACA AKAN MENINGGALKAN ANDA. Dan blog akan menjadi sepi lalu MATI.
  • MEMILIKI KEINGINAN BELAJAR YANG KUAT 
Kok belajar melulu ya, lha iya dong. Pesan nabinya orang Islam yang buta huruf saja seperti ini: "Belajarlah (tuntutlah ilmu) dari buaian hingga ke liang lahat. Dengan belajar wawasan akan bertambah luas, dan bertambah banyak hal yang dapat anda tulis, tanpa pengatahuan bagaimana anda menyampaikan sesuatu yang berguna buat pembaca? Mereka diluar sana ingin informasi, ingin belajar dan mendaptakan hal hal yang bermanfaat. 

Dan mereka pastilah terdiri dari orang orang dengan berbagai latar belakang pendidikan. Yang jelas mereka orang orang pintar. Bagaimana seorang - maaf - seorang yang bodoh menyuguhkan sesuatu yang dibutuhkan oleh orang orang yang lebih pintar?

Tetapi beruntungnya seorang yang meminati dunia blogging pastilah seorang yang memiliki keinginan kuat untuk belajar, paling tidak anda adalah seorang yang hobi membaca. Dan seorang blogger pastilah memiliki keinginan kuat untuk berbagi ilmu, itu sebabnya anda sekarang berada disini, dihalaman saya dan mungkin telah memulai usaha menjadi seorang blogger. he he he.
  • MEMILIKI KEAHLIAN BERKOMUNIKASI
Jangan berfikir setelah membuat dan menyelasaikan artikel tugas anda sudah selesai. Anda masih perlu share atau membagikan postingan anda ke media media sosial. Disana juga akan menjadi penentu apakah artikel anda tersebut akan dibaca secara luas. 

Anda harus tahu grup mana yang berpotensi menyebar-luaskan artikel, anda harus mengerti siapa yang berminat dan membutuhkan artikel serupa. Misalkan saja kalau anda posting di wall umum tempat biasa orang curhat curhat keluarga dan kehidupan rutin sehari hari di Facebook, artikel anda akan di "abaikan", sepi dari like dan komentar. Mengapa?

Selain tidak tepat sasaran, mesin algoritma filter daripada platform medsos sudah menyaring jenis postingan apa yang akan diprioritaskan untuk dibaca oleh pemirsa menurut katergori minat umum. Itu yang saya maksudkan dalam hal ini anda harus benar benar mengerti tool apa saja yang bisa dimanfaatkan dalam mengkomunikasikan "produk" yang sedang anda tawarkan.

Keahlian komunikasi yang konvesional juga harus dipertahankan sperti bersedia menjawab pertanyaan pertanyaan dari pembaca, dan memberikan jawaban yang tepat sesuai dengan klasifikasi mereka.
  • BEKERJA KERAS
Bekerja keras adalah salah satu syarat dan menjadi salah satu dasar kesuksesan, bukan hanya ngeblog ermasuk usaha apapun kalau dilakoni dengan kerja keras akan membuahkan hasil yang bernama kesuksesan.

Bekerja keras bukan berarti anda harus bekerja siang malam sampai stress. Akan tetapi menjadi pintarlah mengatur pekerjaan, menyusun jadwal menulis, menerbitkan tulisan. Gunakan tool terjadwal yang dimiliki blogger. Buatlah draft dan jadikan itu sebagai proyek yang harus di jalankan sesuai jadwal. Jadi dari menulis, disiplin, belajar, berkomunikasi hingga bekerja keras dan lainya harus menjadi menu wajib anda.
  • PENUTUP
Terakhir anda harus menjadi seorang yang kreatif karena kreatifitas adalah hal yang juga sangat penting dalam penulisan. 

Disamping itu dengan disiplin dan kerja keras anda dapat mengurangi kekhilafan dalam membuat konten dan postingan di blog anda. Kesalahan juga akan mengurangi performa blog anda dihadapan para pembaca.

Comments

  1. Gua ngeblog try to be funny aja hehe

    ReplyDelete
  2. Reflektif sekali tulisan ini, suka.

    Poin pertama menulis itu suatu keterampilan, yang namanya keterampilan harus harus dilatih secara terus menerus supaya terlatih.

    Contoh guru Bahasa Indonesia mengajari anak murid 4 keterampilan berbahasa, satu diantaranya adalah keterampilan menulis. Tetapi berapa banyak guru Bahasa Indonesia yang punya blog dan menulis buku?

    Artinya apa, siapapun kita, bisa menulis; hanya jika terus dilatih secara terus menerus agar terampil.

    Kira-kira seperti itu, terima kasih atas ulasan ini, sangat menarik...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…