PANASARAN BAGAIMANA SIH CARA NGEBLOG DI MASA DEPAN?

Tidak terasa dunia blogging telah memasuki tahun 2018 ya gaes, semenjak blog di beli oleh Google tahun 2002 yang lalu dari Pyra Labs, blogger terus berkembang menjadi sangat berbeda jika dibanding dari awal berdirinya. Itulah dinamika waktu dan kehidupan, selalu membawa perubahan.

Dan maasa depan adalah sesuatu yang seharusnya dapat di prediksikan, setiap orang yang mulai hidup di zaman milenium hampir tidak bisa lepas dari memprediksi segala sesuatunya sebagai landasan dan demi kelangsungan sebuah usaha atau bisnis mereka, dan segala sesuatunya tumbuh secara alami, berkembang tumbuh, berubah dan berganti, tidak akan ada yang pernah sama dalam tatanan ruang waktu. Jika kita tidak memiliki visi itu, dapat dipastikan kita akan berada diluar gelanggang persaingan.

Masa lalu telah berlalu, masa kini yang sedang kita jalani dan masa depan yang menyambut kita dengan beribu tantangannya. Blogging tidak akan pernah sama lagi suatu hari ketika akan berbeda, dan anda harus selalu update, walaupun bukan berarti anda harus menghabiskan sepanjang hidup untuk hal tersebut. Jangan sungkan sungkan meninggalkan pradigma lama jika itu memang harus, jangan malas meninggalkan sektor nyaman dan status quo jika ingin tetap bertahan hidup.

Inilah gambaran apa yang harus kita lakukan dalam blogging dalam waktu dekat ke depan:

1. TAMBAHKAN VIDEO KE KONTEN ANDA
Pada tahun 2021 kelak video akan menghiasi 80% traffik internet, demikian prediksi Cisco. Artinya kalau anda tidak mengasah ketrampilan membuat video dapat di ramalkan blog anda akan tertinggal dibelakang. Anda seharusnya memiliki akun youtube yang siap di tautkan ke blog anda.

Yah, hampir semua platform web sekarang mulai beramai ramai membuat site didalam situs mereka dalam bentuk konten video dan apabila anda perhatikan Facebook sudah memulainya dalam beberapa tahun terakhir, begitu juga dengan twitter, instagram dan site site besar bermuatan berita seperti kompas dan liputan enam. Artinya apa? Ini adalah trend yang akan melindas perhatian orang terhadap sekedar postingan dalam bentuk tulisan, trend membaca huruf berganti dengan trend melihat langsung detail secara visual dalam bentuk gambar bergerak, yakni video.

Tutorial video jauh lebih mudah di cerna secara visual lebih mudah diserap oleh otak pemirsa. Jika anda ingin pemirsa lebih anda harus siap siap dengan konsen pertama ini: Tambahkan video ke konten anda. Berterimakasihlah kepada Google yang telah membuat satu akun email sehingga anda dapat menyatukan beberapa akun web dalam satu kontrol, youtube, blogger, email dsb.

2. BLOG HARUS RINGAN DAN "MOBILE FRIENDLY"
Karena konten sudah terasuk video maka blog harus ringan pada saat di akses melalui hape/ponsel. Seperti yang anda sudah maklumi zaman now, 80% orang mengakses internet melalui ponsel, artinya anda hanya akan mendaptakan potensi memiliki permirsa yang banyak melalui ponsel para netizen.

Itu artinya blog anda harus benar benar ringan, itu pula sebabnya mengapa saya sangat care dengan kecepatan walaupun mengkompres dan mengedit css dan javascript bisa menjadi mimpi buruk, saya tetap mencoba melakukannya walau hanya melalui tablet yang selalu saya bawa didalam tas. Akan tetapi anda juga harus berterimakasih sekali lagi kepada kemajuan teknologi, berbagai format video telah tersedia sehingga video menjadi ringan dan teknologi jaringan yang telah mulai merata di seantero belahan nusantara negeri tercinta ini telah mulai merambah hingga ke desa desa terpencil.

Ada juga yang berpendapat konten format video dengan fitur portrait (hape berdiri) lebih memudahkan pemirsa langsung berinteraksi dengan konten anda misalnya mengetikkan respon mereka ketimbang video dengan landscape (posisi miring). Ini berkat trend layar hape yang semakin lebar (5 inchi keatas)

3. MEMBUAT LEBIH BANYAK POSTINGAN
Dan memasuki tahun 2018 dan seterusnya para pakar web berkata paling tidak telah ada 5 konten berkualitas di dalam blog anda sebelum orang mau melihat apa yang sedang anda tawarkan melalui website. Sedangkan untuk mendorong traffik dan benchmark blog paling sedikit harus tersedia 16 postingan segar setiap bulannya.

Jangan terlalu percaya lagi dengan pradigma lama tentang optimalisasi SEO tanpa jumlah postingan yang memadai di blog anda. Zaman sudah berubah dan beberapa hal telah bergeser termasuk keharusan memasang meta tag pada blog yang kini tidak terlalu penting lagi bagi mesin pencari.

Untuk melakukan semua ini anda harus mulai memanage topik yang akan anda posting: Jadwal penulisan, pengeditan hingga kapan mempostingnya.

4. BUAT POSTINGAN YANG LEBIH PANJANG
Lagi lagi pakar web berkata postingan paling pendek itu sedikitnya adalah 2500 kata dan seharusnya lebih panjang lagi. Karena semakin panjang postingan anda semakin lama pemirsa berada di halaman blog anda, dan harganya akan impas dengan usaha mesin pencari pada saat menghantarkan postingan tersebut ke hadapan pemirsa.

Biasanya tulisan yang panjang lebih memiliki performa, detail dan keseriusan dari penulisnya.

5. BERHENTILAH MENGEPOSKAN KUMPULAN PHOTO PHOTO BESAR DAN BERAT DARI KUMPULAN PHOTO INTERNET.
Lebih baik melengkapi postingan dengan gambar atraktif dan menopang penjelasan isi daripada konten ketimbang gambar yang semata semata cantik belaka namun membuat blog anda ngos ngosan. Jangan mengambil photo gratisan dari Stock Photo di internet karena cap mereka terus melekat tanpa anda ketahui. Teknologi pengenalan gambar akan mengemuka pada saat misalnya anda menjual sesuatu dari blog/website anda kepada pemirsa. Pemilik photo gratis juga bisa "meluruskan" darimana sumber photo anda ambli. Apalagi photo terkait adalah produk tertentu. Blog anda akan terluka karena menggunakan photo gratis dari pihak yang jauh lebih ahli dalam hal menjual produk yang sama.

lebih baik anda mempelajari teknik grafis sederhana dan mulai membuat ilustrasi anda sendiri secara sederhana namun atraktif.

6. MULAILAH MENGHAPUS POSTINGAN SAMPAH LAMA

Awal anda ngeblog banyak postingan yang mungkin tidak berkualitas, misalnya nyontek, pemikiran keliru dan rada rada memalukan. Tulisan tulisan itu akan tetap dibaca orang kalau tidak segera dihapus.

Menghapus postingan lama selain membersihkan blog agar menjadi lebih fresh, juga membersihkan image anda agar tetap berkesan sebagai penulis yang professional. Dan sisakan postingan postingan atau konten konten berkualitas seperti tutorial dll, sehingga website atau blog anda dapat dengan mulus naik kejenjang pencarian yang lebih tinggi.


Comments

  1. Wow, 16 artikel dalam 1 bulan ?.
    Banyak juga, Iv ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu saran ahli. Orang seperti kita yang sambil bekerja kayaknya susah menerapkannya

      Delete
    2. Iya,betul, Iv.
      Kalo udah total berprofesi sebagai blogger aku rada optimis bisa.
      Tapi itu juga, bukan travell blogger ... ,kecuali ada yang sponsorin buat ke lokasi wisata yang akan diulas.

      Delete
    3. udahlah totalin saja jadi berapa???? he he he Menurutku sih gak juga perlu perlu amat menjadi total terjun ke dunia blogging. Saya sih hanya sebagai sampingan menyalurkan hobi menulis saja. Pekerjaan di kantor juga memerlukan perhatian yang serius, namanya juga kita sudah dibayar untuk bekerja.

      Delete
  2. Kalo kata-katanya sedikit, kayaknya bisa 16 artikel per bulan. Cuma kalau nyampe 2500 kata per artikel, hmmmmmm

    ReplyDelete
  3. Xixixixi, enak klo bebas dan kata kata sikit, 20 artikel sehari bisa

    ReplyDelete

Post a Comment