MENGAPA ANDA HARUS GAGAL DI DUNIA MAYA?

Ketika kita memutuskan melakukan kegiatan online sebagai bentuk dari kegiatan untuk menopang kebutuhan sosial ,kita telah memahami sepenuhnya, akan ada pihak pembenci dan yang mendukung kita. Kegiatan ini tidak akan terlepas dari mencari teman dan pengikut sebanyak banyaknya yang kemudian dapat di eksploitasi menjadi sumber penghasilan sebagai penopang perekonomian baik sebagai penghasilan utama maupun penghasilan sampingan. Mental kita tentu saja harus mental bisnis dan siapa yang dapat melakukan hal ini? Jawabannya adalah setiap orang!

1. MENTAL BISNIS

Mental bisnis harus diterapkan: Mengambil keuntungan dari setiap kegiatan kita. Lalu meningkat menjadi prinsip ekonomi: Dengan modal sekecil kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya! Dan sebelum sampai kepada poin ini anda harus benar benar siap berkorban banyak karena setiap permulaan itu memang lebih sulit melalui prosesnya ketimbang apabila segalanya telah berjalan.

Mengapa saya katakan anda harus bermental bisnis? Karena seorang yang memiliki mental kuat sebagai pebisnis akan memanfaatkan setiap momen baik yang terbaik maupun yang terburuk untuk meraih keuntungan, contohnya.

"Dewi menangis dikamarnya dan Tante yang melihatnya menghampirinya. Setelah dibujuk dengan lembut dan bijaksana, Dewi akhirnya mau bercerita bahwa dia telah di "bully" di medsos. Bagi sebagian orang di bully itu sangat menyakitkan mungkin bagi yang lain dianggap hanya hal biasa saja. Contoh Dewi dia tidak kuat menerima perlakuan warga net yang di panggil netizen. Anda harus tahu seorang warganet berhasil menjadi terkenal karena seringnya di bully hingga masuk TV dan di undang ke seminar seminar pembicaraan psikologis, dia akhirnya berubah menjadi pembicara yang sukses dan memiliki penghasilan!

"Begitu juga dengan seorang yang berharap komentar hanya berisikan puja puji bisa jadi telah menghindari kesempatan daripada mendapatkan kritikan dan masukan yang bermutu" kata Anissa Auliasari suatu hari. Anissa masih belum 17 tahun dia membaca setiap komentar yang "baik" dan "buruk" dengan tekun, hasilnya 20% komentar buruk yang tidak enak bagi orang lain ternyata adalah ilmu koding yang menghantarkannya menguasai bahasa koding html,xml. php dan css, lho kok bisa? Ya bisa ketika pelajar pelajar IT mengkritik kesalahan penjelasannya dengan mengatakan Anissa bodoh, Anissa hanya bertanya kepada "pembencinya": "jadi seharusnya bagaimana?" Salah seorang dari mereka walau masih dengan kata kata pedas menjelaskan (mungkin untuk membuktikan bahwa dia jauh lebih pintar dalam hal koding) dan Anissa mencatatnya lalu menunjukannya kepadaku.

Jadi saya bertanya kepadanya: Terbuat dari apa kulitmu yang halus itu sehingga dapat melindungi perasaan daripada terluka? Dia hanya tersenyum, bukan kulitku tapi kepalaku yang berisi logika dan dan rumus matimatika! wow. Its my girl!

Intinya jika ingin sukses, harus tabah menerima kritikan dan kritikan yang paling "tulus" dan langsung ke inti masalah itu terkadang lebih banyak datang dari caci maki. Walau tidak kurang juga datang dari kelembutan. Seorang yang mampu bersikap dingin itu bagi saya sangat cool (keren) sekali.

Biasanya bagi kebanyakan orang langsung pasang tembok sibuk menangkis dan tidak mau melihat kekurangan diri sendiri. Saya membayangkan akan menjadi seperti apa Anissa kalau kelak dia kuliah? Seorang anak prempuan yang dewasa namun terperangkap dalam jasad yang masih muda belia.

2. PRINSIP EKONOMI

Orang paling benci berkorban dan menghitung pengorbanan kecil dalam jangka waktu pendek. Ketika ketika kukatakan satu blog terpaksa direlakan ditutup, saya berfikir itulah harga yang terkadang harus kita tebus akibat dari sebuah percobaan yang gagal. Disana telah tertanam, waktu, pikiran dan juga uang. Namun sebagai balasannya kita mendapatkan pelajaran yang tidak ternilai harganya. Pengorbanan itu kini terasa menjadi kecil dan sedikit.

Prinisp ekonomi tidak terlepas daripada modal atau investasi. Investasi itu bisa berbentuk uang, waktu, tenaga dan pikiran. Investasi juga bisa berupa bersedia belajar dari kesalahan! Setiap investasi pasti akan membuahkan keuntungan. Sebagai seorang biasa dan tidak pintar seperti saya, melakukan investasi adalah sebuah keharusan yang juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan minat. Yang penting bergerak maju sesuai rencana.

3. KEGAGALAN

Kegagalan memang sedikit harus di kuatirkan, tetapi jangan sampai menjadi momok yang menakutkan kita. Mengapa tidak mencari root of cause (akar penyebab masalah) dari kegagalan tersebut? Seorang jago koding tidak akan menyerah begitu saja saat dia menemukan masalah, dia pasti akan melakukan troubleshooting dengan menganalisa data, mengkompile perintah berulang ulang dan mencatat satu demi satu temuan dengan sabar.

Apalagi bagi seorang pelaku bisnis online tentu tidak sedikit cabaran yang mereka hadapi sebelum usaha mereka menjadi sukses, tentu tidak hanya satu kali mereka ditipu, di bohongi dan di lecehkan sebelum jalan panjang menuju kesuksesan itu mereka raih. Saya bekerja diperusahaan asing dan menerima banyak perlakuan yang menurut orang lain tidak adil, tapi saya akhirnya dengan kesadaran sendiri merobah perlakuan mereka  sebagai bentuk pelajarab berharga. Bukankah saya akhirnya diuntungkan dengan pelatihan kesabaran ini, sedangkan mereka semakin hanyut dalam sikap tidak bijak yang kelak akan mereka bawa kedalam kehidupan selanjutnya. Dan itu bukan kegagalan bagi saya tetapi lebih kepada proses untuk menemukan dan mencapai target saya semata.

Saya akhirnya bisa menjadi pengamat dengan objek gratis prilaku psikologis yang dapat menjadi pelajaran untuk membantu target saya dimasa depan.

4. SUKSES, AKANKAH KITA SUKSES?

Itu juga pertanyaan yang mengkhawatirkan karena dibayangi oleh kegagalan yang selalu terbersit didalam pikiran. Definisi sukses itu seperti apa? Dulu sebelum bekerja dengan gaji dan penghasilan sekian kita melihat orang lain sebagai sukses, tetapi kini setelah kita mendapatkan gaji lebih dari orang tersebut kita malah merasa belum sukses. Ketika mendaki akan selalu ada tempat yang lebih tinggi, kita tidak mau turun kebawah lagi. Dan kita menjadi gamang, kesepian dan mulai diliputi keraguan.

Kali ini tentang dunia nyata, di mulai dari sana kita melangkah ke dunia maya untuk membangun website yang memiliki basis kuat untuk bisnis. Kesuksesan itu bisa datang salah satunya dengan cara membangun jaringan (networking) bisa jadi dimulai dari sesama blogger yang seiring sejalan, membangun basis online yang dapat menawarkan jasa apa saja yang dibutuhkan oleh orang dari dunia nyata selagi kesempatan masih terbuka lebar.

Dan beruntungnya kita dunia maya berkembang semakin maju dan kesempatan semakin terbuka lebar, anda hanya dituntut untuk belajar dan bertindak lebih inovatif ketimbang mengeluh. Anda semua telah memiliki modal ini: Blog baik blogger maupun wordpress, ayo dikembangkan sesuai dengan misi dan tujuan masing sehingga menjadi yang terbaik....

Batam, 9 Juni 2018


Comments

  1. Artikel ini bagus sekali untuk generasi millenials agar bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan potensi diri bukan malah sebaliknya merusak diri...terimakasih artikelnya bagus sekali. salam sukses

    ReplyDelete

Post a Comment