MANA YANG LEBIH HEBAT BUAT NGEBLOG: ANDROID APA iOS?

Kita sedang membahas sistem operasi mobile, sistem operasi mobile artinya OS (operating system) yang dipakai buat menjalankan aplikasi di hape dan di tablet. Nah kalau sistem operasi atau OS yang dipakai buat menjalankan aplikasi di komputer baik desktop maupun laptop itu dinamakan Windows (buat PC windows), linux (buat PC berbasis sistem open source), Macintosh (buat Macbook), dan yang terakhir kita juga menemukan sistem operasi baru buat laptop yakni OS Chrome besutan Google. Tapi yang paling populer tentu saja windowsnya Microsoft dan diikuti oleh Macintoshnya Apple.
Photo: by Anissa Auliasari
Kembali kepada sistem operasi mobile, untuk saat ini yang paling populer tentu saja Android karena banyaknya perangkat yang mensupportnya seperti Samsung, Lenovo, Sony, Asus, dll lalu disusul oleh iOS yang berjalan di perangkat iPhone dan iPad miliknya Apple. Berbeda dengan Android yang dipakai oleh banyak sekali produsen smartphone dan tablet, iOS hanya khusus dijalankan oleh perangkat mobile besutan Apple saja, yakni: Apple Watch, iPhone dan iPad. Kita juga dapat menyimpulkan perbedaan kedua sistem ini: Android memiliki sistem terbuka baik sumber kodenya hingga user interfacenya dan bebas dipegunakan oleh banyak produsen Hape, sedangkan iOS sangat tertutup hanya Apple yang dapat mengakses sumber kode dan user interfacenya dan hanya di gunakan oleh perangkat besutan Apple.

Pada perkembangannya sistem operasi mobile sekarang telah mampu melakukan banyak sekali tugas tugas aplikasi yang dulunya hanya berjalan di PC desktop dan laptop, sehingga menjadi pilihan yang potensial basgi kita sebagai pengguna gagdet untuk menggunakannya sebagai alat untuk berproduksi, misalnya ngeblog! Dan memang terbukti zaman sekarang telah banyak blogger telah menggunakan perangkat mobile (ponsel dan tablet) jenis Android buat ngeblog. Misalnya blognya Risna SUKARAJA, benar benar seratus persen blogger mobile! Beda sama saya yang kadang pakai dekstop windows, kadang pakai Macbook, kadang pakai tablet. Gak konsisten pake perangkatnya ya...sekali duakali juga nulis menggunakan ponsel, itupun artikelnya pendek pendek, capek deh.

NGEBLOG PAKAI HAPE: ANDROID APA iOS? 

Kalau bicara ngeblog pakai hape sepintas hape nampak sama, bentuknya juga persegi panjang gak jauh jauh amat perbedaannya, sistem operasinya juga secara kasat mata user interfacenya sekilas nampak mirip mirip saja. Sekumpulan aplikasi di layar sentuh yang dapat bereaksi pada saat disentuh, kayaknya secara mendasar para desainernya sepakat mengikuti pola ini. Sekumpulan aplikasi yang dapat didonlot dari toko aplikasi masing msing: Playstore untuk Android dan App. Store untuk iOS. Kita tidak akan mebahas siapa yang meniru siapa. Namun dalam beberapa kasus performanya bisa saja sangat jauh berbeda!

A. BISAKAH NGEBLOG FULL AKSES VIA PERANGKAT iOS?

Ya tentu bisa saja kalau sekedar membuat postingan, tapi sangat terbatas! iOS tampaknya tidak dapat membuka dashbor bloggger melalui browser dengan sempurna seperti layaknya Android.

Kelihatannya ada terdapat kelemahan sistem yang masih belum diperbaiki pada perangkat iOS pada saat menjalankan browser dan anehnya bahkan iOS juga tidak menyokong penuh akses bekerja melalui browser safari milik mereka sendiri. Misalnya ketika kita membuka panel setting Blogger melalui safari dan browser yang telah terinstal di perangkat iPhone maupun iPad, panel blogger tidak bisa terbuka secara menyeluruh. Kita tidak bisa melakukan customize, menulis artikel dan mengganti template dengan mudah melalui perangkat iOS, saya sangat berharap hal ini akan segera berubah kedepannya karena saya juga pengguna dua jenis perangkat iOS: iPhone dan iPad.
Saya mengatakan kelemahan ini sangat serius bagi seorang blogger yang berniat memanfaatkan perangkat iOS buat ngeblog, anda mungkin berfikir mengapa tidak mencari aplikasi blogger dan wordpress, mungkin banyak tersedia di App. Store. Malangnya tidak. Ada beberapa aplikasi blogger tapi berbayar dan memiliki keterbatasan yakni hanya bisa buat mengedit dan membuat postingan dalam bentuk artikel, selain itu tidak memiliki opsi mengedit html.

Kalau dipaksakan juga nulis langsung artikel melalui browser Chrome misalnya pada saat saya coba pakai iPad mini dengan sistem iOS versi 11.3.1 lembar buat nulisnya cuma mampu tampil separo, padahal saya bermaksud mengedit kesalahan pada akhir postingan.

Kalau misalnya kamu masih ngotot mau ngeblog pakai iPad saya sarankan donlot aplikasi blogger di Applikasi Storenya iOS. Perlu kamu ketahui nampaknya Applikasi Blogger Android besutan Google yang berjalan pada sistem iOS sudah lama dihapus dari App.Store karena tidak lagi di update untuk iOS oleh pengembangnya (Google). Namun masih ada terdapat aplikasi blogger dan wordpress yang dikembangkan oleh pihak ketiga misalnya BLOG TOUCH PRO (ada dua versi: gratis dan berbayar)

B. BAGAIMANA DENGAN ANDROID?

Sangat bisa! Karena Android mampu membuka dashbor blogger melalui browser (Chrome, firefox, dan lain lain) secara nyaris sempurna layaknya jika anda membukanya melalui PC berbasis Microsoft Windows.

Paling tidak untuk hal yang satu ini saya sangat merekomendasikan perangkat perangkat berbasis Android. Sayangnya walaupun ribuan manufaktur membuat perangkat berbasis Android namun mereka membuatnya dengan kustom dan style masing masing, namun untuk amannya saya menganjurkan anda memilih pabrikan yang sudah ternama seperti Samsung, Asus, Sony, vivo, oppo, xiomi, LG dst. Dengan uang 2 jutaan sudah cukup untuk memenuhi kriteria perangkat Android yang mampu buat ngeblog dengan lancar. Cukup fair jika saya bandingkan jika misalkan anda harus membeli iPhone yang harganya bisa 2-3 lipat dibanding hape hape yang saya sebutkan tadi.
Karena hampir semua perangkat Android dengan spek harga 1,5- 2 jutaan terbukti mampu menjalankan dan mengakses browser secara penuh seperti layaknya jika anda menjalankannya di laptop dan di PC desktop. Bedanya hanya ukuran layar dan beberapa setting yang dapat anda atasi dengan beberapa alternatif hape android yang telah tersedia, misalnya Android juga memiliki aplikasi blogger yang lebih kaya yang tersedia di Play Store jika dibanding dengan aplikasi serupa yang tersedia di App.Store miliknya si"iOS".

Anda tinggal membuka panel setting Blogger melalui Browser Chrome dan bahkan dapat digunakan buat menulis langsung secara online maka semua fungsi blogger tersebut dapat bekerja layaknya seperti pada laptop berbasis operasi Windows. Dalam beberapa hal terkadang saya melihat banyak sekali kemiripan OS Android dengan OS microsoft Windows.

Tidak seperti perangkat mobile Apple, baik hape maupun tablet Android mampu mengakses full browser buat ngeblog layaknya laptop dan PC desktop. Karena pada perangkat Android ngeblog bisa langsung melalui browser tanpa perlu donlot aplikasi maka kami tidak perlu menyertakan link Aplikasi blog untuk kali ini.

KESIMPULAN:

Jika anda bermaksud ngeblog secara mobile untuk masa sekarang saya rekomendasikan perangkat Android, apakah itu berbentuk tablet ataupun berbentuk telepon seluler, anda harus memilih hape Android. Pilihlah spek yang agak tinggi biasanya kisaran harga 1,8-2 jutaan supaya tidak kecewa. Harga tersebut tidak terlalu mahal jika dibanding sebuah iPhone hang harganya tidak memiliki variasi dalam artikata: "murah".

Akan tetapi jika anda pencinta Apple, anda dapat memilih Macbook (laptopnya apple) saya sangat suka bekerja dengan Macbook, usia Macbook saya yang terakhir sudah tiga tahun dan belum diganti, tapi lagi lagi harganya tidak dapat di golongkan sebagai murah. Namun saya percaya dengan trend pasar dan ekonomi, umumnya pengguna perangkat Apple adalah orang yang mampu membelinya alias punya duit. Bagi yang ingin memilih perangkat mobile namun terjangkau Android benar benar menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika anda berniat ngeblog full sambil nelpon dan chatting dan juga terlepas dari faktor keamanan, lagi lagi perangkat Android sangat saya rekomendasikan.

Baca juga: KHASIAT HAPE ANDROID LAYAR JUMBO UNTUK KESEHATAN  BLOG 


Comments

  1. Wah aku baru tau kalo ada aplikasi ngeblog pake hp di android hahaha.. biasanya nulis lgsung online di dashbor.
    Hp aku xiaomi 3s speknya cukup buat ngeblogkah ya? Coba coba ah.. Tks sharingnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. xiomi 3s di rilis Juni 2016 yang lalu masih terbilang kuat karena menggunakan
      Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
      CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
      GPU Adreno 505

      Delete
  2. meski sudah ada aplikasi blogger di android, tetap masih belum bisa nyaman kecuali pake pc. belum biasa mungkin ya...

    ReplyDelete
  3. Pakai Android kecuali ukuran layar memang relative kecil, sebenarnya sama saja dengan ngeblog via laptop. Asalkan langsung melalui browser yakni masuk ke dashboard blogger dan ngetiknya dibantu papan keyboard Bluetooth.

    ReplyDelete
  4. saya selalu menggunakan pc mas

    ReplyDelete
  5. aku juga pakai Macbook, hanya sesekali pakai tablet :)

    ReplyDelete
  6. Kalau saya lebih nyaman pake laptop or PC sih, belum coba juga pake gadget. Tapi meskipun ada yang bilang susah, nyatanya tetap ada yang gunakan. Yang jelas dari kebiasaan sih ya, Mas. Nyaman mana, yang penting enjoy gunakannya..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu blog teman 100% dibuat dan diupdate pakai hape.

      Delete
  7. Ngeblog lewat PC lebih menghasilkan artikel yang rapi dan bisa optimasi SEO. Sayangnya nggak bisa sambil tiduran di kasur. Kelebihan Android ya bisa ngeblog sambil boboan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Dody, dengan gagdet justeru sy sukses membuat desain templat tentu saja harus dengan bantuan asesories tambahan keyboard umtuk mengetik cepat dan rapi, dan Bluetooth mouse pada saat memindah mindah atau menggeser widget pada struktur template, karena kelemahannya (atau kelemahanku?) tidak bisa menggeser wigdet dengan matode navigasi layar sentuh. .

      Tidak ada beda soal kerapian, SEO optimalisasi, dan kecepatan menulis artikel baik PC maupun gagdet, benar kata mas Andi Nugraha tergantung kebiasaan dan kenyamanan saja.
      Kebetulan sy memiliki hampir semua gagdet ini: macbook, (laptop) , ipad/tablet, dan hape android dan iOS. Untuk gagdet genggam jangan gunakan iOS buat ngeblog, gunakan saja tablet atau hape Android. Karena sistem Android mampu mengakses penuh browser ketimbang iOS.

      Untuk kelas PC, windows dan Macbook setara.

      Delete

Post a Comment