CARA MENGEDIT DAN MEMAKSIMALKAN TEMPLATE BAWAAN BLOGGER AGAR NAMPAK KEREN DAN PREMIUM(Bagian 1)

Jika web di ibaratkan adalah sebuah rumah bagi suatu blog. Sebuah templat pada prinsipnya persis seperti model rumah bagi sebuah blog. Dan fungsi tema atau template pada halaman web pada akhirnya ibarat sebuah bangunan yang dihiasi dengan indah di halaman web. Halaman web itu sendiri pada masa sekarang ini ibarat sebidang tanah perumahan dengan bangunan standar.
Orang tua kita membeli perumahan, dan rumah rumah diperumahan itu semua mirip mengikuti standar bangunan yang di atur oleh peraturan bangunan. Pokoknya ada kemiripan dan entah mengapa hampir diseluruh dunia  memakai prinsip ini walaupun gaya dan style perumahan kita dan mereka berbeda mengikuit pola hidup dan budaya masing masing.

Tidak heran Tema atau templat blogger Indonesia memiliki ciri ciri khas yang berbeda dengan tema webnya orang orang di luar sana kalau kita benar benar mau amati. Walaupun dasar kode kode yang kita pakai strukturnya sama: HTML, XML, CSS dan PHP, hampir sama dengan bangunan dengan bahan dasar: Kayu, semen, pasir, besi, kaca dsb. Namun pada akhirnya akan terlihat model dan gaya khas pada bangunan masing masing apabila telah menjadi sebuah bangunan atau sebuah rumah.

Kamu juga bisa mengibaratkan templat itu seperti pakaian yang membuat blog kamu menjadi cantik dan keren.

Sulitkah menjadi tukang bangunan dan tukang jahit yang membuat pakaian? Sulitkah menjadi engineer koding? Tergantung kepada minat kamu, kesiapan mental ketika memilih bidang pengatahuan dan ketrampilan yang ingin kamu miliki. Seorang tukang kebanyakan tidak harus melewati pendidikan formal sebelum mereka menjadi seorang tukang yang piawai merancang dan membuat sebuah bangunan dengan material atau bahan bangunan yang telah tersedia, mereka berproses secara alami: Menjadi pembantu, lalu menjadi pintar mengaduk semen dan memasang batu, lalu memahami seluruh struktur bangunan dan memberanikan diri membangun sebuah rumah!

MEMBERANIKAN DIRI.
Jika kamu berminat terhadap koding dan kamu sekarang adalah seorang blogger yang mulai memahami struktur "pengkodean" maka inilah kesempatannya! Tidak ada salahnya kamu mencoba prinsip alami seorang tukang yang berjemur dan berkubang lumpur semen di luar sana. Pilosofinya sama: Ketika kamu memahami struktur kode pada sebuah templat berusahalah untuk memahaminya secara keseluruhan dengan cara belajar, bertanya dan membaca referensi. Hari ini kita berterimakasih kepada halaman web yang dipenuhi oleh kumpulan pengalaman penulis tutorial yang dapat kita baca dengan gratis. 

Dan salah satu cara yang paling tepat buat belajar membuat sebuah templat adalah dengan mengutak atik templat bawaan gratis yang telah disediakan oleh blogger itu sendiri karena walaupun kamu pergi ke forum forum pembuat template dan desaigner web, prinsipnya tetap saja sama: Paling sedikitnya kamu harus menguasai html, xml dan kode css dan sedikit php.

Akan tetapi saya tidak bermaksud memberikan tutorial koding dengan tujuan membuat sebuah template karena saya sendiri masih dalam proses belajar dan masih jauh lagi baru sampai ke puncak pengetahuan tersebut. Saya hanya ingin berbagi bagaimana caranya membuat template bawaan menjadi setara baik dari segi tampilan hingga kecepatannya dengan templat premium buatan para master.

Untuk itu kamu bisa membuat sebuah blog percobaan yang dapat kamu pasang bongkar templatnya sebagai sarana pembelajaran dan marilah belajar menyusun wigdet dan menambahkan kode kode terlebih dahulu agar sebuah templat benar benar tampak beda dari aslinya. Berani gak? Mengapa tidak toh kamu hanya perlu berkorban waktu, mebuat sebuah blog untuk latihan mengedit dan bahkan suatu hari kelak membuat template buatanmu sendiri.


TEMPLAT YANG BAIK

Lupakan dulu masa depan, kita mulai dengan blog kita sendiri kita harus tau apa itu templat yang baik, dan bagi saya templat yang paling tidak meragukan itu adalah templat dasar yang telah disediakan oleh blogger di dashbor blog. Mengapa saya katakan templat templat ini baik? Ada alasannya:


  1. Jelas terjamin keamanannya
  2. Struktur kodenya mengikuti standar blogger tidak ada link  malicious, hanya link pembuatnya (blogger) wajar wajar saja.
  3. Struktur kode tidak melanggar aturan google
  4. Tersedia pengaturan widget, tool desain untuk ganti warna memperbesar huruf, merubah tampilan header hanya dengan klik. Ini sangat jarang terdapat pada template buatan pihak ketiga (bahkan buatan saya sendiri he he he)
  5. Belum ada orang yang di suspend oleh google karena merobah tampilan template dasar, bahkan saya menemukan struktur, gaya dan pengkodean dasar template buatan vendor terkenal masih menggunakan dasar dasar template ini. Jadi itulah maksud saya, template dasar ini bisa dijadikan sumber referensi buat kamu dalam membuat template kamu sendiri. Saya membeli beberapa template dari vendor vendor dunia dan mempelajari pengkodeannya. Dasarnya sama saja.
Jika kamu memakai template gratisan, paling sedikit kamu harus tau bahwa kamu tidak dibenarkan menghapus kredit yang dipasang oleh pembuatnya, dan kamu juga tidak tahu apakah didalam struktur kode tidak disisipkan script yang dapat merugikan blog kamu. Jika kamu membeli sebuah template premium yang membuka semua akses templatenya untuk blog kamu maka kamu harus membayar harganya di kisaran RP.150.000,- s/d RP.500.000,-. Saya telah berpengalaman membeli berbagai macam model template yang dikatakan sebagai premium dan semakin lama setelah saya mempelajari struktur kodingnya, semakin saya merasa menyesal telah membelinya. Tapi jujur saya sangat menghargai karya mereka, karena membuat sebuah templat itu kalau benar benar dilakukan dengan benar tidak akan cukup waktu 3 hari. Benar benar harus mengkombinasikan keahlian seorang engineering dengan seorang artis seniman!

Namun dengan memulai menggunakan template default dari blogger kita harapkan tidak menemukan persoalan keamanan yang berarti.

Dan banyak lagi keunggulan template dasar ini, namun tentu saja memiliki kekurangan, misalnya gaya tampilan yang itu itu saja, kurangnya optimalisasi SEO, gaya widget, kecepatan loading. Tetapi sekali lagi semua itu kita atasi dengan sedikit trik pengoptimalan, yang penting dalam artikel pertama ini saya akan memulai mengajak kalian berimprovisasi seadanya dengan merobah dan merombak tampilan template dasar ini menjadi: Keren, SEO friendly, fast loading dan menjadi berbeda! Yuk kita mulai....

Buka dasbor/settingan blog kamu dan pilih Tema:

Pada tampilan tema kamu akan melihat tema blog kamu sendiri,

lewat saja itu geser keatas karena di bawahnya ada pilihan gaya dasar dari template blog yang dapat kamu coba satu persatu:
Kamu pasti telah familiar dengan template template ini bukan? Beberapa jenis telah diperbaharui oleh Google dan menjadi sangat responsive, kamu tahu bukan masak para ahli di Blogger bisa kalah dalah hal pengkodean dengan para designer baru? Kecuali beberapa improvisasi visual, template template ini sesungguhnya telah menuckupi persyaratan untuk digunakan buat ngeblog dengan nyaman. Sekarang mari kita pilih salah satu, dalam hal ini saya memilih yang paling atas saja, yakni tema contempo yang paling awal dan sederhana tampilannya sehingga tampilan blog berubah:

Perhatikan komposisinya: latar kepala warna cokelat menghiasi Judul blog, Isi postingan berlatar putih, itu standar banget ya. Mari kita mulai merombaknya sampai gak dikenali lagi: Selamat datang di Blog percobaan CV.FARAS PRODUCTION.


  • Pertama terapkan template tersebut dengan menekan tombol "terapkan"
Lalu kembali ke menu "tema" (setiap petunjuk gambar tulisan menjadi warna orange)
  •  Tekan atau pilih "Sesuaikan" yang terletak dibawah tema bersebelahan dengan tulisan "edit html" maka akan muncul menu perintah yang dapat merubah tampilan template antara lain : Tema, latar belakang, lanjutan dan Gagdet. Kamu pilih "latar belakang" dan hapus latar belakang dengan memilih "hapus gambar" dan lalu menekan kembali tombol tersebut untuk memilih tema yang sesuai dengan misi blog kamu, bisa dipilih dari gambar buatan kamu sendiri.

  • Misalnya kita ingin merubah tampilan CV.FARAS menjadi seperti gambar dibawah:
  • Di halaman blog kita akan melihat CV. FARAS seperti dibawah:
  • Tentu saja semua itu belum cukup kita masih harus mengatur bilah samping, warna dan gaya Judul jadi kita setelah menekan terapkan template kita keluar dari menu desaigner tema blogger dan masuk kembali ke dasbor setting>Tataletak.

  • Dari tataletak ini muncul sekumpulan widget dibalik "indahnya" tampilan blog kamu. Kamu dapat mulai dengan mengedit tampilan header, apakah header mau dipasangi LOGO buatan kamu sendiri atau kamu bisa berimprovisasi sendiri dengan cara menginsert ikon huruf yang akan di pasangkan di Judul BLOG CV FARAS. Mari kita ikuti tutorialnya:
MENGEDIT JUDUL BLOG

Judul blog itu penting dan termasuk gaya atau stylenya agar menarik perhatian, kamu bisa menginsert atau menambahkan LOGO pada header blog untuk mewakili judul blog yang mampu membawakan misi blog kamu kehadapan pemirsa. Akan tetapi jika kamu tidak ingin repot karena alasan pemula saya akan menunjukan sebuah alternatif mudah yang dapat kamu lakukan:

Pertamama masuk ke tataletak lalu pilih "tajuk" edit header dengan menekan gambar atau ikon pinsil:
  • Akan muncul kotak dialog seperti gambar, dapat kamu lihat disana ada pilihan choose file apabila kamu sudah memiliki sebuah gambar logo (kisaran ukuran 400x250px) Jangan terlalu besar bisa memberatkan loading, bisa juga dengan memilih mencentang kota "dari web" apabila kamu telah menyediakan sebuah logo di web. 
Jangan kemanan mana tetaplah bersama AdelinašŸ¦Sasa, karena kami akan melanjutkan tutorial pengeditan header Judul Blog ini lebih lanjut hanya istirihat sejenak buat menyiapkan gambar gambar tutorial...Pada akhir tutorial kami juga akan memberikan tips sederhana cara mengedit html untuk merobah fungsi dan status widget sehingga dapat di atur sesuka hati melalui setting dasbor blogger (bersambung ke "CARA MENGEDIT DAN MEMAKSIMALKAN TEMPLATE BAWAAN BLOGGER AGAR NAMPAK KEREN DAN PREMIUM (Bagian 2)"


Comments

  1. Gua sempat beberapa kali ganti template dan mengotak-atik coding html, cuman rasanya kalau udah error dan lupa memback up puyeng kepala dah jadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seorang kodinger gak akan kenal menyerah he he he

      Delete
  2. karena saya tak paham template jadi beli yg sudah seo dan premium yaitu viomagz sekarang fokusnye ke konten dulu hehe dari dulu gak pernah pusing mikirin template

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konten itu nomor satu, seperti kami tulis diatas, template itu hanya bagian kecil dari usaha memaksimalkan blog tidak lebih, namun banyak juga orang menganggapnya penting itulah sebabnya kita blejar koding walau dengan cara otodidak, namun terjadwal. Yang penting disiplin diri.

      Delete
  3. Saya hampir nyerah kalo urusan template, yg sekarang alhamdulillah seo nya bagus.

    ReplyDelete
  4. Mending gitu, yang kita target adalah optimalisasi, napa jg urusan sama templat kece namun SEOnya gak optimal :D

    ReplyDelete

Post a Comment