CARA MEMBUAT "ARTIKEL TERKAIT" TANPA EDIT HTML

Artikel terkait artikel khusus dapat kita buat dengan memanfaatkan "tambahkan widget" daripada anda harus mengedit elemen HTML, lebih baik menggunakan cara atau "trik" simple atau sederhana  yang akan kami bagikan ini, caranya sama dengan artikel sebelumnya tentang CARA MEMBUAT DAFTAR ISI BLOG TANPA EDIT HTML yang telah kami posting kemaren (tgl. 27 Juni 2018). Sekali lagi hanya dengan manfaatkan widget, namun dengan memasukan beberapa baris perintah script kedalamnya yang dapat anda copy-paste melalui halaman AdelinaSasa ini.
  • Masuk ke pengaturan blogger
  • pilih "tataletak"
  • Klik "tambahkan gagdet" > Lebih baik sebelah atas sidebar atau di bagian bawah body postingan mendekati footer, jangan di header ya. soalnya klo di header membuat tampilan template blog jadi jelek, gak percaya coba saja (gampang menghapus widget kok)
  • Pilih "HTML/Java script" 
  • Lalu pada kotak dialog "HTML/Java script" copy-paste kode script di bawah ini:
<div id="combinepost2"></div>
<script type='text/javascript'>
jQuery("#combinepost2").RecentPostbyTag({
postType:"c",
MaxPost:5,
tagName:"keamanan"
});
</script>


Klik: "simpan"Persisnya seperti gambar dibawah ini:
Pada kotak dialog widget ada judul yang kami tulis "Artikel terkait keamanan Blog" lalu perhatikan pada kotak utama terdapat kode dengan tulisan TagName "Keamanan"

Sebenarnya script tersebut hanya mengarahkan perintah kepada tag daripada label label yang sama pada setiap postingan kita terkait dengan keamanan.

Jika misalnya anda lebih sering menulis perihal perkebunan dan buah semangka, maka postingan anda tentu sering beri label buah semangka. Maka judul tersebut bisa anda ganti dengan "Tips menanam buah semangka" terus "keamanan" dapat anda ganti dengan "semangka" sesuai dengan postingan postingan anda, maka semua postingan dengan label buah semangka akan ditampilkan berikut thumbnailnya. Ini akan meningkatkan SEO blog anda melalui sebuah tema yang user friendly.
lihat contoh blog kami setelah dipasang widget ini:
Jangan kuatir, kami tidak memproteksi setiap kode yang telah kami posting, karena sebenarnya dengan sedikit trik dan pengatahuan dasar koding anda dapat mencari widget widget menakjubkan melalui "inspect elemen" yang terdapat pada browser browser besar seperti chrome dan firefox. Memproteksi kode sumber terbuka adalah tindakan berlebihan yang tidak diperlukan. Tapi itu hak setiap orang. Kami tidak akan melakukannya.

Jika anda ingin memeriksa elemen setiap website kami telah memposting triknya pada artikel sebelumnya: TRIK MERETAS DESAIN TEMPLATE KEREN SITUS SITUS BESAR DENGAN MUDAH
Edisi artikel artikel jenis "trik" ini memang hanya kami buat pendek pendek dengan tujuan mempermudah pembaca menerapkan widget widget opsional yang SEO friendly ke dalam template blog mereka, harapan kami  seiring dengan hal ini anda juga akan memahami bagaimana script bekerja dalam mempercantik tampilan blog anda. Maaf jika blog kami juga berubah ubah tampilannya dari waktu kewaktu.

Sebagai catatan artikel terkait yang kami maksudkan dalam postingan singkat ini bukanlah artikel terkait menurut postingan yang kita telah kita tulis berdasarkan timeline, akan tetapi lebih kepada artikel khsusus yang ingin kita prioritaskan selalu tampil pada halaman blog terutama pada saat pertama orang mengunjungi halaman blog anda. Pada artikel selanjutnya mudah mudahan kami menemukan cara membuat widget baru yang sedianya hanya dapat di buat dengan cara mengedit HTML, menjadi lebih mudah dengan cara short cut atau jalan pintas melalui "tambahkan widget"

Keunggulan trik trik Adelinasasa adalah: Anda tidak perlu kuatir mengacaukan struktur template yang penuh dengan kode kode css, karena berurusan dengan css yang "rusak" akibat edit HTML langung untuk memodifikasi tampilan blog bisa menjadi mimpi buruk bagi anda, terutama pemula. Untuk itulah artikel artikel ini kami buat.

Motto: "JIKA HARI INI ANDA TIDAK BISA MEMBACA KODING, MAKA DIMASA DEPAN ANDA 'BUTA HURUF'"


Comments

  1. Dicoba ah kak bikin artikel terkait soalnya selama ini aku gapernah pake html gtu jadi manual.. kalau manual cape juga ya sebenernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel terkait bukan ditujukan buat postingan. body tapi lebih ke widget mengelompokan artikel yang sama untuk prioritas ditampilkan dihalaman awal blog

      Delete
  2. Type= javascrip itu ngrubah biar valid amp gmna ya Mz.. soalnya kalau ada type=.. java pasti gk valid di amp

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu Anissa Ahlinya, sayangnya sekarang sedang sibuk persiapan sekolah sudah mau selesai SMAnya. Sebenarnya AMP memang harus minus java script, ini pernyataan resminya:

      -No developer-written or third-party JavaScript
      -No input elements of any kind, including standard input and textarea
      -No external style sheets and only one style tag in the document head
      -No inline styles
      -Style rules must be at or below 50kb

      kira kira begitu gambarannya

      Delete

Post a Comment