YAKIN PILIH YANG MANA:⚡BLOG AMP ATAU 📲BLOG MOBILE KLASIK?

Kita akui saja AMP adalah hal baru dan setiap datang hal baru maka semua orang menginginkannya walaupun gak yakin semua orang mengerti apa sih AMP itu? Jadi apa saja sih yang menjadi kelebihan AMP? Begitu berhargakah sehingga kita memutuskan pindah dan migrasi dari blog html klasik mobile ke halaman blog AMP?
Jawabannya: Ya dan Tidak, lihat saja faktanya di bawah ini:

APA SIH AMP ITU?

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah proyek yang di cetuskan oleh Google setahun yang lalu dan ditujukan untuk mempercepat loading daripada konten blog ke halaman web melalui perangkat seluler atau perangkat mobile. Di bangun berdasarkan basis inti dan elemen yang di tawarkan oleh HTML dan dibuat untuk menyederhanakan halaman web. Jadi itu dibuat untuk konten, maka sasarannya dibuat sangat sederhana.

LALU APA PULA MOBILE HTML KLASIK ITU?

Halaman klasik mobile friendly atau yang kita namakan saja Blog HTML mobile klasik yang biasa telah kita pakai selama ini (termasuk blog Adelina🐦Sasa). Jenis blog ini sesungguhnya cepat, efesien dan dapat dipergunakan sama hebatnya ketika dibuka melalui PC desktop dan Laptop, sangat kuat, bertenaga dan tampilannya aduhai sungguh cantik dan menawan. Beberapa contoh vendor besar seperti Samsung dan Apple, walaupun mereka memiliki halaman web yang sarat dengan konten, ramai pengunjung berjubel tetapi sungguh gila, loading halamannya sangat cepat dan sangat kompitable. Dan mereka 100% menggunakan basis html klasik mobile, bukannya AMP.

JADI KALAU DEMIKIAN APA KEUNTUNGANNYA MEMILIKI WEBSITE AMP?

Jangan hanya melihat dua contoh Apple dan Samsung, kita ambil contoh lain juga sebagai gambarannya: Jika kamu bukan pemilik sebuah website sebesar Kompas, atau bahkan sebesar Washington Post dan tidak memposting 300 artikel setiap hari, atau tarohlah kamu memiliki sebuah usaha bisnis online dan kamu ingin menaroh konten kamu secepat mungkin kehadapan pemirsa/pelanggan, tidak terlalu banyak konten, dan mungkin kamu hanya memiliki beberapa gambar disana-sini, juga kamu tidak terlalu sering mengeditnya dan kamu tidak memiliki konten berat dan mewah di blog atau website kamu. Maka, AMP adalah cocok sekali untukmu!

Kamu hanya bisa mengeditnya sekali sekali, tambahkan semua barang barang kedalamnya, letakan di server kamu, dan beri link tag resmi (Misal "Halo saya adalah halaman mobile/hape, klik disini untuk halaman desktop") dan wow, kamu telah memilikinya!

Dalam hal ini saja kamu boleh berbangga karena memiliki blog atau website AMP. Kesimpulannya AMP adalah solusi yang sangat tepat untukmu yang tidak terlalu butuh hal hal yang bersifat teknis tetapi menginginkan kecepatan kilat sebuah blog. Kelebihan AMP adalah mirip mirip dan dekat dekat saja, dan nampaknya hanya pada kecepatannya saja:
  • loadingnya cepat
  • loadingnya sangat cepat
  • loadingnya sungguh sangat cepat
  • loadingnya paling cepat
DAN LALU APA KEUNTUNGAN MEMILIKI WEBSITE KLASIK MOBILE?

Guna menempatkan segala sesuatu langsung, segalanya dan semuanya kedalam site atau blog kamu.

Jika AMP memiliki kelebihan dengan kecepatan dan keringanannya tetapi kamu harus ingat satu atau dua hal terkait mengoptimalkan konten ( misal tidak boleh mengupload image/gambar melebihi ukuran 60 megabyte, AMP bisa kehabisan nafas kalau melakukan ini)

Dengan versi HTML klasik mobile kamu memiliki sebuah web atau blog yang jauh lebih cantik, jauh lebih cakep dan jauh lebih kaya. Maka dari itu jika kamu adalah seorang yang menjalankan bisnis secara teratur, bisnis besar pula, atau setiap orang yang menginginkan sebuah blog/website yang bukan hanya semata mata menampilkan tulisan, gambar dan plug in yang seluruh orang diplanet ini menggunakannya, maka versi mobile klasik ini sangat cocok buat kamu.

Karena disana tersemat tool tool yang sangat mudah dipergunakan contoh seperti lazyload dan tinyPNG yang benar benar akan membuat loading halaman blog benar benar gila ringan dan kecepatannya dan itu belum lagi termasuk webiste website GTMetix yang  akan menawarkan informasi secara detail aduhai bagaimana cepatnya halaman web kamu.

Jelasnya versi html klasik ini telah hadir sejak lama dan tidak akan membuat kita terkejut. Kelebihan versi mobile klasik adalah:
  • Loadingnya cepat jika kode di tulis dengan benar
  • Fitur berlimpah, hingga jutaan plug in tersedia
  • Dapat dicostumize dan sangat gampang di edit dengan cepat
  • Tidak akan pernah ketinggalan gaya
  • Stabil dan tidak perlu dipertanyakan lagi keberadaannya.
DAN APA POINNYA JIKA MENGGUNAKAN KEDUA JENIS BLOG/SITE INI? 

Jujur saja, beberapa pihak dalam hal ini (enable.com) telah mencoba dan bekerja dengan AMP sejak kemunculan versi ini tahun lalu, dan lebih sepuluh tahun semenjak versi mobile klasik hadir dimuka bumi ini. Keduanya hadir dari keinginan pengguna mobile baik hape dan sebagainya. 

Karena kedua jenis sumber kodenya telah ada di dunia ini, maka kamu dapat memiliki salah satu atau kedua duanya, dan bersyukurlah karena "code source" nya terbuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkannya, bahkan apabila kamu ingin menjadikannya sebagai sumber mata pencarian buat membantu menafkahi hidup.

Sekali lagi kami berikan gambarannya:
Jika kostumisasi yang tinggi yang menjadi keinginan kamu, pilihlah halaman mobile klasik, jika kamu tidak menginginkan SSL, sekali lagi pilihlah halaman html  klasik, beribu alasan untuk tetap menggunakan versi mobile html klasik ini. Perhatikan tabel dibawah ini:
Di sana terlihat jelas mengapa kamu menjadi kontra terhadap AMP. Jurangnya masih terlalu besar belum lagi jika kita pertimbangkan semakin marak dan menjadi meratanya pengguna yang telah menggunakan gagdet gagdet dengan kemampuan dan kecepatan network 4G, hal tersebut membuat kecepatan halaman AMP dan mobile klasik menjadi setara. Atau tidak akan terasa lagi perbedaan kecepatannya. Saya curiga jangan jangan AMP berpotensi menjadi sebuah projek yang gagal.

Baca juga: PANASARAN,  APA SIH AMP ITU? 
Sumber: enable.


Comments

  1. Wow terimakasih telah share! Bisa jadi pertimbangan dalam memilih tema bagi pemula...

    ReplyDelete
  2. Sebenernya pengen ngerubah template juga ke AMP, tapi nanti banyak fitur yang hilang. Blog kan enggak cuma dibikin buat Google aja, buat manusia juga, termasuk panitia lomba hehe

    ReplyDelete
  3. Setelah membaca artikel yang diulas secra detil , aku jadi pqham perbedaan antara blog AMP dan blog Klassik.
    Terimakasih ya penjelasannya, jadi ilmu baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Himawan hanya sekedar berbagi, kebetulan aku lagi suka utak atik html templat

      Delete
  4. Kalau aku sich lebih condong ke AMP, kedepan pastinya google sebagai raja mesin pencari lebih mengutamakan AMP

    ReplyDelete
  5. Putueke itu juga pilihan yang bagus..

    ReplyDelete

Post a Comment