JADI BLOGGER MOBILE ITU BISA SUKSES LHO..

APAKAH BLOGGING MOBILE ITU?
Zaman bergeser lagi ke arah trend mobile, ya serba mobile. Bekerja mobile, akhirnya merambah ke dunia website mobile dimana blogging termasuk juga didalamnya. Dulu kemana mana orang membawa laptop atau masuk kantor ketika bekerja namun di awal tahun 2000-an berembus kabar perihal bekerja "Officeless" bekerja tidak perlu harus duduk di dalam office. Pekerjaan bisa dilakukan dimana saja, pada saat duduk di taman, pada saat berada di rumah, dan pada saat dalam perjalanan!

Dalam 2 tahun terakhir hampir seluruh isi dan konten blog saya tulis melalui mobile, terutama tablet Android, terakhir saya menyentuh laptop untuk kegiatan blogging adalah pada tahun 2015 yang lalu, kecuali di kantor saya sudah tidak memiliki perangkat PC baik laptop maupun desktop. Dan terakhir saya juga menulis konten via hape yang biasa saya pakai buat nelpon di keseharian hidup saya.

Mengapa saya katakan mobile, karena setiap saya pergi ke kafe saya akan membawa tas kecil yang isinya adalah: Tablet 9,7inch yang tipis, bluetooth keyboard, charger dan mouse bluetooth. Dan setiap kali ada dorongan menulis karena ketibaan ide, saya tinggal memesan kopi dan makanan, lalu menuliskan ide ide kedalam setiap website yang saya sedang kelola. Laptop yang paling kecilpun tidak muat apabila saya masukan kedalam tas tersebut.

Kecuali gambar ilustrasi diatas, maka ilustrasi dibawah saya tangkap dengan ponsel sendiri dan saya edit lagi lagi melalui hape yang sama agar menjadi sebuah ilustrasi, pada ilustrasi tersebut adalah: Sebuah tablet samsung lama, sebuah papan ketika bluetooth, dan sebuah mouse bluetooth. Orang bertanya buat apa mouse? Bukankah layar sentuh sudah cukup buat navigasi menggantikan fungsi cursor mouse PC? Saya katakan:

"Saya bukan sekedar menulis konten, tetapi juga membuat dan mengedit template buat kawan kawan. Menggeser widget pada Dashbor blogger misalnya tidak bisa dengan sentuhan, entah bagaimana menggeser widget sesuai dengan keinginan kita misalnya menempatkannya ke bawah dan ke atas dengan menyentuhnya? Pihak pengembang platform Android dan iOS belum memberikan kemampuan sentuh seperti kemampuan sebuah cursor mouse PC pada sistem mereka."
MOBILE DAN MOBILE
Alasan mengapa harus mobile adalah karena dia jelas lebih ringan daripada blogging konvensional klasik, bisa dilakukan dimana saja, daya kompres perangkat mobile yang tinggi dan cepat, jangkauan pemirsa yang jauh lebih luas. 80% orang menggunakan perangkat mobile.

Jadi siapa yang mau menafikan itu? Anda bisa bilang saya dapat melakukannya melalui PC, ya mungkin. Tapi itu jelas lebih merepotkan, bukan? Saya bisa ngeblog sambil nelpon, chat dan mendengarkan musik, laptop juga bisa, tapi lebih berat ketika dibawa pindah kemana mana, lebih membutuhkan ruang. Pada saat dimeja saya ada terhidang makanan, perangkat mobile samasekali tidak mengganggu saya pada saat melakukan pengetikan di layar hape. Sangat berbeda ketika pada saat saya masih menggunakan Macbook, padahal fungsi dan hasil pekerjaan saya sama saja kualitasnya. Video dibawah ini saya buat kurang dari 15 menit dan waktu itu sudah termasuk langsung ketika saya selesai menguploadnya:
Namun itu terpulang kepada anda, anda mungkin bukan seorang yang suka keluar rumah dan kantor, tetapi saya bukan orang yang betah tinggal didalam ruangan kantor dan rumah, jadi perangkat mobile adalah untuk saya, bukan anda.

Salah satu manfaat perangkat mobile adalah ketika saya cantumkan nomor hape pada ID saya sebagai penjual buku online, pembeli langsung dapat menghubungi saya via hape dan menjawab pertanyaannya dengan detail, buku saya langsung terjual. Tentu saja sampai saat sekarang sulit menjawab telapon langsung melalui sebuah PC karena tidak mungkin laptop saya masukan kedalam saku kemeja depan.

Melalui hape saya langung mengupdate toko online saya dengan status: TERJUAL 1.

DAN MENGAPA HARUS MULAI NGEBLOG MOBILE?
Pada akhirnya banyak opsi menulis cepat melalui layar hape dan tablet yang bisa kita latih dan kita praktikan. BAnyak aplikasi menulis cepat dibuat oleh para developer aplikasi Android dan iOS, itu bisa kita manfaatkan untuk kegiatan ngeblog terutama agar kita dapat melakukan penulisan cepat pada saat membuat sebuah artikel atau konten blog.

Pada beberapa kegiatan terakhir yang saya lakukan sendiri, saya juga terbiasa mengedit HTML pada saat memodifikasi tampilan blog agar website tampil lebih indah, artistik dan lebih cepat kehadapan pemirsa. Pada intinya mengapa saya ngeblog menggunakan perangkat mobile adalah karena setiap pekerjaan ngeblog yang dapat dilakukan oleh sebuah PC atau laptop pada prinsipnya dapat dilakukan sama mudahnya melalui perangkat mobile.
ALASAN MENGAPA ORANG TIDAK NGEBLOG MELALUI PERANGKAT MOBILE
  • Masih nyaman menggunakan laptop, seperti saya katakan apapun yang dapat dilakukan oleh sebuah laptop pada masa sekarang kalau buat ngeblog telah dapat dilakukan oleh sebuah gagdet mobile terutama sebuah tablet.
  • Belum pernah mencoba menggunakan perangkat mobile seperti hape buat ngeblog.
  • Layar kecil dan tidak lega seperti layar sebuah PC desktop atau laptop.
  • Belum mengetahui bahwa hal tersebut dapat dilakukan.
  • dll
APA YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH PERANGKAT MOBILE BUAT NGEBLOG?
  • Membuat konten, menulis artikel mengolah gambar untuk ilustrasi blogging
  • mengedit halaman dasbor blogger, mengedit HTML, mengganti template, membuat widget, mendesain template.
  • Perangkat mobile dapat digunakan menulis pada saat dalam perjalanan.
  • Dapat digunakan mengambil dan menangkap dan mengedit photo untuk ilustrasi orisonil blog anda.
  • Dapat melakukan kegiatan sambil berkomunikasi dengan keluarga.
APAKAH MEMPENGARUHI KUALITAS KONTEN?
-Tidak! Bahkan beberapa aplikasi penopang akan sangat membantu anda melakukan kegiatan blogging melalui hape.
APA BEDANYA MOBILE FRIENDLY BLOG DAN BLOGGING MOBILE?
Dari istilahnya saja sudah beda, akan tetapi tidak menutup kemungkinan blogging mobile sepenuhnya menjadi partner mobile friendly blog dimasa depan.

Mobile friendly blog adalah halaman blog yang mudah di akses melalui perangkat mobile, terakhir kita telah di tawarkan cara ngeblog AMP (Acceleration Mobile Page) oleh Google. Namun walaupun bukan AMP blog klasik masa kini telah mobile friendly dan mudah di akses melalui perangkat mobile. Ditabah lagi semakin meratanya jaringan supercepat semisal 4G, kecepatan blog mobile friendly sudah hampir setara dengan AMP, atau sudah tidak kentara lagi perbedaannya.

Sedangkan istilah blogging mobile sebenarnya adalah cara pelaku blogging dengan kegiatan mobile yang tinggi, bisa saja melalui perangkatnya yang mobile seperti ngeblog melalui hape, tablet tipis dsb. Bisa juga dilakukan melalui PC yang enteng dibawa kemanan mana. Namun istilah mobile lebih tepat ditujukan kepada perangkat mobile zaman now. Yakni ponsel dengan kemampuan internet.

Pada akhir tulisan ini saya hanya ingin mengingatkan, bahwa kita dapat berkarya melalui perangkat yang paling sederhana dan memaksimalkannya dengan hasil dan target yang setara dengan perangkat konvensional laptop.


Mulailah ngeblog!


Comments

  1. saya lebih suka ngeblog via laptop ketimbang via hp
    layarnya lebih besar dan mata bisa agak berjauhan dari layar

    ReplyDelete
  2. Beberapa kali nulis pakai mobile. Lumayan ada hasil.

    ReplyDelete

Post a Comment