5 FAKTA MUDAHNYA NGEBLOG MENGGUNAKAN PERANGKAT MOBILE DI TAHUN 2018

Mengapa mobile? Karena zaman sekarang sudah tidak perlu lagi laptop atau PC desktop apalagi jika hanya sekedar membuat konten dan postingan di blog, baik wordpress, blogger, weibo dll. Dalam 5 tahun terakhir sebagian besar blogger dunia terdeteksi hanya menggunakan perangkat mobile seperti hape dan tablet buat ngeblog, biasanya blogger ternama menggunakan iPad disusul dengan pemakaian iPhone dan ponsel ponsel Android kelas menengah ke atas. Namun sebagian besar blogger yang tergolong pemula juga kedapatan ngeblog pakai hape hape level entry namun sungguh mengagumkan hasilnya juga tidak berbeda dengan hape hape mahal para blogger kondang.
Apapun perkembangannya, segalanya sedang menuju trend mobile. Bekerja juga mobile, perangkat yang sedang laku keras juga adalah perangkat mobile. Di banding dengan penjualan laptop jika mengutip kompas: Jika dihitung totalnya, ada 1,46 miliar unit smartphone terjual secara global sepanjang 2017. Pendapatan dari penjualan itu ditaksir mencapai 479 miliar dollar AS atau setara Rp 6.386 triliun.

Sedangkan Laptop hanya terjual sekitar 99 juta unit pada tahun yang sama, pincang sekali bukan?

1. SEMAKIN LEBAR LAYAR HAPENYA SEMAKIN ENAK NULISNYA
Berterimakasihlah pada perkembangan teknologi. Hape sekarang semakin lebar layarnya namun tetap sama rampingnya jika dibanding dengan hape pada tahun 2013 lalu, lho mengapa? Itu adalah karena hape model 2017-2018 sekarang nampak bezelnya sudah dihilangkan sehingga dengan ukuran yang sama pada tahun 2013 namun layarnya dapat diluaskan sehingga tetap enak dalam genggaman. Jadi pilihlah layar yang lebih lebar agar mudah melakukan pengetikan mengatur halaman dasbor blogger atau wordpress. Ini saran saya dari sisi perangkat ya.

Karena dari segi perangkat ukuran layar 5,5" itu termasuk telah menjadi umum semenjak tahun tahun belakangan selanjutnya layar dengan bezel minus telah dipakai dari smartphone level entry, menengah hingga high end. Dari kisaran harga 1-2 jutaan hingga 3-5 jutaan. Gak perlu pilih hape level high end yang harganya sampai 10jutaan kalau hanya sekedar buat ngeblog. Merek merek ternama seperti Vivo, Xiomi, OPPO telah terbukti menawarkan harga murah namun dengan produk yang cukup berkualitas dan nyaman digunakan buat ngeblog.

2. NGEBLOG VIA HAPE ITU BISA LANGSUNG MELALUI BROWSER

Ini khusus buat hape dan perangkat mobile Android. Yes! Mengakses browser sudah sama kuatnya dengan perangkat PC, hampir semua akses browser dapat di eksploitasi melalaui sebuah ponsel android. Tinggal bagaimana kamu menyiasati layarnya yang kecil, atau bagaimana membiasakan diri memanfaatkan kemampuan hape dan perangkat android dalam hal ngeblog via perangkat mobile yang kecil.
draft blogger via chrome android
Penulis langsung melakukan percobaan ngeblog via beberapa jenis dan model perangkat hape android termasuk tablet, hasilnya sama: Dapat dilakukan dengan sangat memuaskan dan memang tidak memerlukan laptop sama sekali. Lho gimana cara mengedit template, mengedit HTML di dasbor blogger? Kamu tetap dapat melakukannya, namun untuk yang terakhir dibutuhkan beberapa asesories tambahan, misalnya keyboard bluetooth yang bisa dilipat lipat agar gampang dimasukan kedalam saku.

3. MENGGUNAKAN ASESORIES TAMBAHAN, BLUETOOTH KEYBOARD.
Faktanya semua perangkat bluetooth sangat kompatibel dan dapat dipairing dengan cepat dan mudahnya ke perangkat hape Android. Dan beberapa jenis keyboard bluetooth telah dibuat semakin user friendly, berkualitas dan nyaman dipergunakan. Sebut saja logitech, produsen keyboard bluetooth yang satu ini telah berhasil membuat dan memasarkan keyboard bluetooh berkualitas yang benar benar tinggi akurasinya.

Atau jika kamu ingin papan ketik non bluetooth yang dapat terhubung dengan kabel, juga tersedia dipasaran, colokan kabelnya sudah pas dapat langsung di colokan ke lobang colokan charging atau data ponsel. Akurasinya papan ketik ini dijamin sangat tinggi dan tidak akan berbeda dengan kinerja papan ketik sebuah PC.
Walaupun telah tersedian aplikasi yang menyediakan penulisan cepat di Play Store, saya tetap menyarankan menggunakan keyboard bluetooth untuk tetap membuat layar lega. Karena keyboard sentuh pasti akan memakan sebagian layar karena dia harus memang harus tampil pada layar hape.

4. CASING HAPE DENGAN DUDUKAN
Kalau sudah memiliki rencana memanfaatkan hape buat ngeblog, belilah casing atau pelindung hape kesayangan kamu yang memiliki penopang berdiri atau dudukan, memang harga dudukan itu murah banget berkisar 5-10 ribuan saja sekarang akan tetapi banyak juga kok tersedia casing hape yang telah dilengkapi dengan dudukan yang unik.
Misalnya pada saat berada di kafe dan kamu terpikir buat ngeblog ya tinggal dudukan saja hape dengan posisi yang nyaman di atas meja makan kafe tersebut, keluarkan keyboard lipat atau keyoboard bluetooth portable kamu pairingkan dengan hape, lalu buka browser dan akses blog kamu, dan mulailah menulis.

5. MENGGUNAKAN APLIKASI
Kalau kebetulan kamu adalah pengguna iPhone dan iPad mini misalnya, sungguh disayangkan kemampuan perangkat ini dalam mengakses sebuah browser tidak sehebat hape android, bahkan seandainya kamu mencoba mengakses blog melalui browser bawaan apple safari blog hanya bisa terbuka separo, tidak bisa diakses lebih jauh atau full access layaknya seperti kemampuan perangkat android.

Namun kamu tetap bisa menggunakan aplikasi untuk menulis konten dan lagi lagi aplikasi ini berbayar, namun jika kamu memang berniat ngeblog aplikasi ini bisa membantu kamu memanfaatkan iPhone dan iPad buat ngeblog, hanya saja jangan berharap bisa mengedit dan mempercantik tampilan blog melalui aplikasi ini.
Ini link BlogtouchBLOGTOUCH PRO FOR BLOGGER Di iPhone/iPad.

Nah jadi menurut saya ngeblog via hape itu sudah sangat mudah di hari ini terutama apabila kamu adalah pengguna hape Android dan bukannya iOS. Bayangkan dengan perangkat yang biasanya kamu gunakan buat nelpon dan main game itu, kamu bisa terkenal, dapat penghasilan dan menjadi orang yang percaya diri dan disiplin....

Bonus: perangkat Android juga sangat nyaman digunakan dengan asesories tambahan đŸ–±mouse. Tapi kegunaan đŸ–±mouse ini hanya apabila kamu bermaksud mengedit atau bahkan membuat template blogger kamu sendiri via hape android


Comments

  1. Saya juga kalo ngeblog berusaha dinyaman-nyamanin pake ponsel. Soalnya kalo bawa-bawa laptop, suka enggak praktis.

    ReplyDelete
  2. Ya, saya malah sudah tidak pernah pakai laptop lagi (macbook) itu saya buat nonton filem saja. Kalau ngeblog pakai tablet Samsung.

    ReplyDelete
  3. Biasanya sih kalo nge blog pake hape, cuma nyimpen draft aja. Sisanya untuk ngerapihin sama masukin gambar masih butuh bantuan komputer soalnya data foto disana semua, plus edit nya juga pake pc juga.
    Cuma kalo blogwalking, atau komen blog begini biasanya selalu dari hape. Lebih enak simpel, bisa sambil tiduran, kayang, salto, dll.

    ReplyDelete

Post a Comment