Skip to main content

SENJA DI PELABUHAN KECIL, GALAU HATI SANG PUJANGGA

Yang namanya cinta dan kisah asmara pasti akan dialami oleh hampir setiap orang.
Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Khairil Anwar penyair yang satu ini rasanya memiliki semangat juang yang abadi seperti tersirat pada syair atau puisinya yang berjudul: "Binatang Jalang" yakni pada kutipan: "Dan aku lebih tidak perduli, ku ingin hidup seribu tahun lagi" Begitu individualis, namun pribadi itu begitu kuat mempesona hingga melanglang buana diantara penyekat zaman. Khairil Anwar terbukti tetap akan hidup seribu tahun lagi di hati kita.
Tapi sebuah syair Khairil Anwar entah mengapa begitu menyesak didada pada saat mencermatinya nyata sekali sang pujangga sedang dilanda oleh perasaan cinta asmara terhadap seseorang dan siapakah sebenarnya Sri Ayati itu? Bagi saya itu tidak terlalu penting, wanita itu hanya mewakili sebuah subjek dari sebuah cerita romantis dari penyair kita.

Khairil Anwar yang begitu cuek dengan kehidupan, perokok dan tidak perduli kepada kecukupan materi ataupun harta benda, selalu menyiratkan kebebasan yang mutlak tersirat dari syair syairnya yang orisinal ternyata akhirnya harus mengalami luka hati pada saat menyadari cintanya bertepuk sebelah tangan. Namun boro boro mengemis cinta, dia nampak tegar dan menerima kekalahan cinta dengan hati terbuka, teguh dan sekokoh karang.

BAca syairnya:

SENJA DI PELABUHAN KECIL (Khairil Anwar)

buat: Sri Ajati

Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang,
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap...

1946

---------
Pada awal bait dia telah memutuskan bahwa "ini kali tidak ada yang mencari cinta" artinya dia telah menerima hidup dalam kesepian dan ikhlas melepaskan cinta yang tidak mau berpaut.

Pada alinea kedua dia menggambarkan perasaannya tanpa cengeng: "gerimis mempercepat kelam" itu adalah suasana hati sang penyair lalu suasana kesepian dan muram itu di kokohkan oleh bait: "Ada juga kelepak elang". Bagi saya kesannya sungguh kesepian!

Pada alinea terakhir puisi itu dia berhasil menguasai dirinya dengan kesadaran dan menuliskan bait: "Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan. menyisir semanjung, masih pengab harap...."

Kisah hidup Khairil Anwar adalah kisah dramatis, penuh dengan perjuangan. kepahitan dan juga penderitaan. Sampai dia meninggal di usia yang relatif masih muda dalam kesepian yang panjang namun namanya tetap akan dikenang, seperti tekadnya: Aku ingin hidup seribu tahun lagi.

Comments

  1. Puisi-puisi karya Chairil Anwar maknanya ... selalu daleeeem ..

    Kalo baca puisi karyanya saat malam hari lebih terasa maknanya ..

    ReplyDelete
  2. Terbaik emang Chairil Anwar

    ReplyDelete
  3. Memang, cinta kepada manusia bisa menimbulkan perih. Karena ia hanya makhluk. Beda dengan cinta kepada Sang Pencipta, selalu berujung berkah dan bahagia.

    ReplyDelete
  4. Saat membaca itu entah mengapa seolah dapat merasakan betapa nyeseknya perasaan beliau pada saat itu.

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu puisinya malahan,, kirain awalnya cerpen gitu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…