Skip to main content

ROOM SEBUAH FILEM TENTANG DUNIA

LOGIKA - mengapa orang menjadi Pembenci atau Pencinta.


Daripada terikut arus, saya malah tertarik menonton sebuah filem "old" yang ternyata sangat menguras emosi dan perasaan, alur ceritanya begini:

Ma seorang gadis belia disekap selama tujuh tahun didalam sebuah kamar, selama 7 tahun itu dunianya hanyalah kamar kecil dengan sebuah telivisi, dan atap kamar yang tranparan untuk melihat keatas langit, diusia 14 tahun Ma hamil karena diperkosa oleh pria yang menyekapnya. Lahirlah Jack. Bagi jack dunia keseluruhan adalah KAMAR, TELIVISI, DAN CERITA CERITA tentang dunia luar yang dituturkan oleh prempuan belia yang dipanggilnya Ma.

Jack membedakan semua rasa takut dan cinta dari penuturan Ma dan telivisi yang ditinggalkan oleh penyekap dan pemerkosa ibunya dikamar itu. Semua persepsi bertolak dari dunia mereka: Sebuah kamar yang dihuni oleh dua makhluk. Semua keadaan diluar sana bagi Ma yang pernah mengingat kehidupan masa kecil ditengah keluarga adalah kenangan yang indah. Tetapi bagi Jack dia tidak punya ikatan apa apa terhadap dunia luar selain perasaan ingin tahu dan bertemu seekor anjing manis seperti cerita Ma.
Segala ajaran, keyakinan, Tuhan, bentuk bulat lonjongnya dunia dia dapatkan dari cara Ma menyimpulkan segala yang dia alami. Bahkan Ma yang masih kecil saat disekap tidak dapat membedakan antara benci, takut dan suka kepada penyekap dan pemerkosanya.

Filem ini seperti sebuah presentasi tentang opini Plato tentang bagaimana jika manusia hidup disebuah dunia yang terisolasi atau berbeda ruang dan waktu bisa disalahkan sebagai jahat, tidak bermoral dan bodoh padahal itu bukan kesalahan mereka? Kita bisa terjebak menjadi pembenci terhadap orang lain yang berbeda keyakinan dan agama dan menganggap mereka musuh yang cocok untuk dikafirkan hanya karena sejak kecil kita sudah direcoki oleh ajaran sepihak dan lalu menjadi kehilangan kearifan sebagai manusia.....


Tadinya saya tidak begitu tertarik dengan judul singkat filem ini. Tetapi ceritanya cukup menguras perasaan dan permainan logika manusia dalam mencari kesadaran menyeluruh sebagai manusia...Sungguh filem yang saya putar ulang ini walaupun tidak menghilangkan kesan dan kekaguman saya saya terhadap Invinity War, namun mengembalikan perasaan saya yang terobsesi dengan bentuk fantasi kepada kenyataan hidup yang kadang kala harus kita alami

Comments

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…