INI SEBABNYA MENGAPA KAMU HARUS MEMBUAT LOGO DAN FAVICON SENDIRI DI BLOG

LOGO DAN FAVICON ITU PENTING KARENA KITA  ADALAH SEORANG PUBLISHER!

Seorang publisher adsense sebenarnya sama saja dengan seorang pramuniaga namun kita menawarkan iklan sebagai perpanjangan informasi produk dalam bisnis, lebih kerennya lagi kita memiliki sejenis website yang bernama blog. Ya kita adalah blogger dan jika beruntung kita juga akan berstatus sebagai publisher yang memiliki penghasilan dari website ini. Baca, dan kamu akan mengerti.
Ada yang bilang duh apa pentingnya, pasti mbah Google lebih suka templat blog buatan mereka tidak usah di utak atik, pakai apa adanya saja. Itu pendapat subjektif, bukan pandangan  seorang enterpreneur bidang pemasaran. Google juga ingin melihat ide ide "gila" dan bagus dari para publisher dan merekamnya dalam algoritma mereka dan menjadi informasi penting dan mungkin juga diolah dalam mesin DeepMind. Google tidak akan bersikap monoton dan mengkesampingkan sebuah taktik dan seni pemasaran bagi para publisher adsense.

Mereka menyadari potensi pemasaran secara psikologis ini. Orang orang melihat apa yang anda tawarkan karena dia menarik, jika kesan pertama saja sudah begitu monoton dan biasa biasa saja bisa saja blog kita tidak akan dilihat. Kamu harus memanggil mereka dengan cara pemasaran yang menarik penuh rayuan, bukan berteriak apalagi diam saja. Orang orang berdiri dikegelapan sana akan melihat lampu lampu yang berkelap kelip penuh warna dan mungkin mereka juga akan mendatanginya. Soal konten kamu sesuai dengan harapan mereka itu adalah cerita lain
Apalagi zaman sekarang orang ngeblognya pakai hape dan pembaca blogger banyak berasal dari pemilik gagdet yang bernama hape. Pertama akan saya jelaskan mengapa harus membuat logo dan juga favicon sendiri di blog kamu?

APA ITU LOGO BLOG
Logo blog dan website itu letaknya di kepala blog atau website jadi pembaca mudah sekali mengingatnya. Coba buka website Apple logonya seperti apa, ya apple digigit bukan? Siapapun tidak mudah melupakan itu, apalagi Apple Fanboy. Buka website Google dan kita dengan mudah mengingatnya, bukan. Oh itu logo Yahoo, oh itu LOGO-nya samsung. Sebuah logo begitu erat dengan "trade mark" suatu business. Saya juga kadang tidak perduli apa bentuk ikon yang mereka pasang, pokonya kalau melihat ikon Apple di gigit saya langsung ingat iPhone saya.

Oh ya,ya...Apple pintar memilih sebuah logo, karena perusahaannya bernama "Apple" maka mereka memilih buah Apple sebagai logo dan gambar ikonnya ya buah Apple itu.

Mengapa digigit? Menurut mendiang Steve Job dalam biografinya ketika ditanya: Hanya supaya membedakan gambar buah apple biasa dengan gambar ikonnya dari LOGO dari persahaan Apple dan karena punya perusahaan maka website Apple tentu saja buat menopang bisnis Apple, ketika kita membuka halaman website mereka pertama sekali di sebelah kanan tombol navigasi blog atau website mereka terlihat ikon buah Appel digigit.

Kadang jika sebuah LOGO saja dirasa tidak cukup menjelaskan misi sebuah blog maka LOGO tersebut akan diikuti penjelasan singkat, misal:


AdelinaSasa
issue sains & teknologi

Atau (Maaf minjam nama blog mbak Risna, aku Anissa mbak ):

Untuk sekedar merubah dan mengganti logo blog kamu dapat masuk ke setting template atau theme blogger cari tata-letak lalu cari header dan pencet saja "edit" nanti akan keluar kolom Judul diatasnya dan dibawahnya ada kolom deskripsi yang berguna buat mendeskripsikan blog disanalah "issue sains & teknologi" saya letakan. Dibawah kedua kolom ada pilihan "pilih gambar"


Nah itu adalah opsi untuk memasukan LOGO ke bagian navigasi blog kamu. Ingat ada tiga pilihan setelah opsi memasukan gambar sebagai logo: Tempatkan logo di balik judul dan keterangan, selain judul dan keterangan dan tempatkan keterangan setelah gambar, saya sarankan pilihan terakhir saja. Terus ukuran sebuah logo lebih baik kecil namun jangan juga terlalu kecil saya biasanya memilih ukuran 300-400px saja. Ukuran terlalu besar bukan hanya membuat LOGO kebesaran tetapi juga membuat beban templat menjadi berat pada saat loading.


APA ITU FAVICON BLOG?

Nah pada gambar diatas yaitu pada saat kita masuk ke setting templat atau theme diatas header terdapat tulisan "favicon" disanalah opsi mengganti favicon dapat kita lakukan dengan memencet langsung tulisan atau tombol "edit" yang tersedia. Mengganti favicon juga gampang, tetapi ingat ukuran favicon harus persegi sama sisi 100x100 px tidak boleh lebih! Kalau ukurannya tidak sama sisi misalnya agak bujur sangkar walaupun 100x99px ruang favicon yang tersedia tidak akan memuatnya, juga tidak boleh lebih besar daripada 100x100px.

Favicon yang tidak diganti akan terlihat di tombol alamat navigasi web sebagai favicon Blogger ber ikon gambar huruf "B" sebaiknya supaya blog terlihat professional favicon juga harusnya diganti dengan ikon kita milik blog kita sendiri. 
Pada gambar kita melihat letak favicon, ini penting karena dia mengesankan sebuah identitas sebuah blog yang kuat.

BAGAIMANA MEMBUAT LOGO DAN FAVICON YANG BAIK?

Di hape Android terdapat sebuah aplikasi untuk mengolah LOGO gratis yang menurut saya sangat bagus. Nama aplikasinya Logopit Plus dan kalau mau mendonlot langsung saja klik : LOGOPIT PLUS ANDROID. Kalau kamu kebetulan baca blog ini pakai hape ya kamu akan langsung di bawa ke aplikasi tersebut.

Cara menggunakannya juga mudah karena dia terdiri dari:
  • Kumpulan logo logo dasar yang dapat kita edit bentuk dan terutama warnanya.
  • Huruf yang dapat kita tulis berdasarkan font yang kita pilih, font dapat kita robah robah sesuai selera, kita juga dapat mewarnai, membuat tekstur dst.
  • Save as atau menyimpan LOGO tersebut dalam format JPEG dan PNG.
MENYIMPAN LOGO DAN FAVICON yang telah kita buat sebaiknya dalam bentu format PNG karena sifat transparan. Jangan sekali sekali menyimpan dalam format JPG karena gambar logo dan favicon akan kehilangan transparansi. Mengapa itu penting?

Pada saat kita menyesuaikan warna header blog misal menjadi merah sementara logo kita berlatar putih maka warna merah header blog akan tertutup sama latar LOGO dan itu terjadi karena format LOGO salah begitu juga pada saat kita membuat favicon nampak warna putih disekitar ikon favicon yang kita buat apabila kita memasangnya dalam format JPG.

Untungnya aplikasi Logopit plus ini bekerja berdasarkan layer photo, sehingga pada saat membuat dan meletakan logo pada kanvasnya sebenarnya kanvas itu kosong. Namun agar logo tidak berubah menjadi berlatar (biasanya latar itu berwarna putih) maka dari itulah kita di haruskan memilih format PNG pada saat menyimpannya dan pilihan itu tentu saja ada pada Logopit plus. 

Pada saat membuat LOGO memakai aplikasi ini jangan lupa memilih ukuran kanvas, misalnya tuliskan saja di kotak perintah: 300 - 400, buatlah susunlah gambar dan tulisan hingga hampir menyentuh tepi kanvas untuk memanfaatkan ruang tersebut dan juga supaya kita tidak perlu melakukan corping lagi melalui hape karena dikuatirkan beberapa jenis hape meng"corping" logo png bisa merubah formatnya menjadi JPG, jika kamu punya laptop sebaiknya kamu edit (corp, resize dll) melalu PC saja. Namun jika kamu orang yang biasa teliti tentu saja tidak perlu PC, cukup melalui hape kamu dapat merencanakan ukuran yang tepat dan bentuk LOGO yang indah.
(Penulis adalah pemilik situs: www.kotakpandora.pw)


Comments

Post a Comment