YAKIN TIDAK MAU MENULIS? MAKA INILAH YANG AKAN TERJADI PADA BLOG KAMU!


NGEBLOG ITU HARUS MENULIS

Tidak ada yang membantah kalau ngeblog itu harus menulis. Kebanyakan blog yang terlantar dan dilupakan oleh mesin pencari itu adalah blog yang penulisnya telah berhenti menulis di blognya.

Beda menulis di website dengan menulis berita. Orang yang mengejar berita disebut wartawan dan jelas itu adalah pekerjaan sekaligus sebuah profesi yang telah diakui di dunia jurnalistik. Seorang wartawan tidak dapat menunggu ketika dia harus menuliskan berita. Sedangkan menulis di blog sendiri adalah pilihan kita pribadi karena begitu "sreg" di hati kita akan menulis dan menumpahkan segala isi hati dan pikiran kita. Kalau tidak pun tidak ada yang bisa memaksa kita untuk selalu menulis.

Blogger adalah seperti buku harian namun ketika muncul adsense pola nya jelas mengarah lebih kepada "money oriented", menjual buah pikiran melalui suatu postingan atau suatu artikel agar orang tertarik berkunjung dan membacanya, lalu iklan yang terpasang dilihat oleh pengunjung, dan kita dapat duit. Apakah itu salah?  tidak, itu sama sekali tidak salah dan mengapa tidak? Mungkin jauh ke depan lagi dalam beberapa tahun persyaratan menjadi seorang blogger akan semakin ketat seperti persyaratan apabila seseorang ingin menjadi youtuber. Menjadi blogger yang bersifat personal akan mulai dilupakan orang.

MENULIS DI BLOG ITU TIDAK PERLU MENUNGGU LAMA 

Dan kata orang (sayangnya ini benar sekali)  artikel atau postingan adalah darahnya blog tanpa itu sia sia saja belajar memasang SEO, mengatur Sitemap, memasang script di dalam templat, blog tanpa postingan? Gak kebayang mau jadi apa sebuah blog, boleh dikatakan tanpa artikel dan postingan sebuah blog akan TERLANTAR. Jika sudah demikian kita hanya "wasting time" alias membuang buang waktu saja. Lebih baik menggunakan tema atau template sederhana namun terus menulis daripada memiliki tema yang bagus namun blognya miskin postingan.

Dan menulis di blog juga agak berbeda dengan pergi ke sekolah (kebetulan saya masih SMA) atau bekerja kedua hal itu tadi menjadi keharusan, sementara menulis di blog belum dianggap demikian. Orang Ngeblog (baca=menulis) masih dianggap sebagai pekerjaan atau kegiatan sampingan, kesannya tidak terlalu serius. Tidak ada yang salah dengan bersikap demikian yang salah adalah "bermimpi" ingin menjadi seorang blogger sejati, namun selalu menunda nunda menulis.

Tentu saja sebuah tulisan harus berbobot, bahasa yang sederhana, komunikatif dan mudah di mengerti oleh pemirsa namun konten yang disampaikan memang sangat dibutuhkan dan berguna untuk orang lain. Misalnya jika anda ingin menulis perihal cara membuat blog, maka anda sebenarnya adalah seorang guru bedanya anda tidak berdiri didepan kelas, anda menuliskan tutorial nya sesederhana mungkin, mudah dibaca dan mudah di mengerti oleh pemirsa.

Kadang insipirasi tidak terlalu menjadi halangan ketika seorang guru pergi mengajar dan harus mengajar, bercermin dari masalah ini sebuah insipirasi walau kita perlukan tidak seharusnya menjadi penghalang untuk menulis dengan alasan "saya lagi tidak ada mood"

NGEBLOG ITU AKAN LEBIH MENDEKATKAN KITA KEPADA KEBERUNTUNGAN 

Hampir tidak terhitung manfaatnya jika anda rajin menulis di blog. Kita sengaja membedakan sub-judul ini dengan "keuntungan ngeblog" saya lebih menekankan kepada "keuntungan rajin menulis di blog" baik itu Blogger, Wordpress, Weibo dan banyak lagi media menulis tersedia dan akan menjadi milik anda. Jangan berhitung dengan waktu karena hanya waktulah harga yang dapat kita bayarkan untuk mendapatkan upah dari jerih payah kita.

Keuntungan menulis di blog diantaranya:


  • Blog adalah sarana murah bahkan gratis untuk belajar menuliskan buah pikiran, dengan blog kita dapat melatih diri menjadi seorang penulis yang komunikatif dan tulisan kita di terbitkan ke khalayak dimana banyak manusia yang akan membacanya melalui internet. Wow keren, bukan? Padahal tadinya anda belum dikenal orang. 

  • Melalui blog anda bisa mendapatkan penghasilan melalui adsense, ingat walaupun tidak seberapa jumlahnya pada awalnya itu adalah jerih payah anda! Dan yang penting uangnya halal. Jika anda memiliki bakat bisnis, blog dapat dijadikan modal awal untuk berbisnis online, berjualan gagdet, berafiliasi dengan perusahaan dan toko toko besar yang ingin dagangannya laku hingga merambah ke pasar online. 

  • Dengan ngeblog anda terpaksa banyak belajar agar dapat menguasai topik topik tulisan anda. Anda akan tahu membedakan mana sebuah ide, tutorial penuh dan lengkap, tulisan motivasi dan lain lain. 
  • Melalui blog anda juga akan melatih logika, menyalurkan bakat, melatih disiplin dan mendewasakan diri. Mengapa? Karena dengan mengelola blog anda sudah sedang memulai sesuatu: mungkin motivasi terbesar anda adalah penghasilan atau bahasa kasarnya UANG, tetapi anda melewatinya melalui hal yang positif, tidak menipu dan mencuri. Logika adalah hal yang baik di miliki oleh manusia, karena jika kita melakukan usaha yang iligel dalam mencapai tujuan kita akan menerima risiko hukum.

Banyak lagi hal hal positif yang anda dapatkan melalui ngeblog. Yang kami sampaikan diatas hanyalah yang terlintas dipikiran, jadi bagi blogger yang baru akan memulai ngeblog segera mulai sekarang juga, yang telah memiliki blog pelihara dan kembangkan blognya dengan lebih banyak menulis, karena kita tidak akan tahu pasti arahnya zaman, mungkin besok atau lusa menjadi seorang blogger akan dikenakan persyaratan yang jauh lebih ketat daripada sekarang terutama blog yang telah mendapatkan persetujuan dari Google Adsense.



Comments

  1. Maka saya selalu welcome sama yang mau nulis apa saja di blog ini 😂😍

    ReplyDelete
  2. Postingan yang bagus! Benar sekali, untuk sebagian orang (seperri saya misalnya), menulis itu bukan lagi kegiatan, tapi lebih kepada kebutuhan. Luar biasa!

    ReplyDelete
  3. Benar, ngeblog itu banyak sekali manfaatnya.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih artikelnya.
    Jadi pengingat dan penyemangat baru untuk mungkin yang mulai merasa ada kejenuhan menulis artikel.

    ReplyDelete
  5. +himanwan sant: sebenarnya kutujukan kepada diriku sendiri juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh... ,
      Kenapa kak Anissa ?.

      Ayook, semangat menulis lagi, ya ... 👌

      Delete
  6. Semangat itu pasti tapi aku masih sekolah :))

    ReplyDelete
  7. Kadang sering bingung yang jawab yang mana... 😂😂

    ReplyDelete
  8. Setuju, kalau memang minat ngeblog, ya harus sering menulis. Lama kelamaan akan tahu, tulisan mana yang banyak dicari orang dan tulisan mana yang enggak diminati pembaca.

    ReplyDelete

Post a Comment