AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

MENGAPA RANGKONG GADING JANGAN DIBURU?

Kita adalah manusia yang menduduki strata paling atas dalam urutan kemakhlukan, paling tidak seperti itulah kita merasa sebagai makhluk yang paling memiliki akal dan budi dalam kehidupan ini.

Sementara itu makhluk spesis lain mulai terasa "menghilang" satu persatu karena punah, sampai saat ini kita masih saja belum merasa "ditinggalkan" oleh makhluk hidup lain seperti hewan, tanaman dan jasad jasad renik yang mulai punah satu demi satu. Kita tidak menghitung generasi dinosaurus yang telah lenyap tinggal fosil mereka, kepunahan mereka bukanlah kesalahan kita, karena dinosourus telah punah sebelum kita manusia membangun peradaban kita di permukaan bumi ini. Dan sebagian kepunahan makhluk lain dimasa kini adalah karena kita juga yang telah merusak habitat lingkungan hidup makhluk lain.

sumber ilustrasi: Tim Laman's wildlife 

Nun jauh di pedalaman kalimantan hidup sejenis unggas bernama rangkong gading (atau nama ilmiahnya rhinoplax vigil) kini mereka adalah salah satu unggas langka yang dimiliki Indonesia dan mereka itu adalah unggas yang sungguh istemewa.

Mari kita bicarakan keistemewaan mereka sebelum kita menyesal karena tidak mempertahankan dan melindugi keberadaan mereka di muka bumi ini, hidup berdampingan dengan kita makhluk yang bernama manusia.

HEWAN UNGGAS INI ADALAH PENJAGA KESEIMBANGAN HUTAN.
Mereka, seperti jenis unggas enggang memakan buah buahan tanpa menghancurkan bijinya dan mereka terbang menyemai biji bijian dari buah buahan yang "mereka tanam" hingga sejauh 100 kilometer persegi luas hutan. Biji bijian itu tumbuh menjadi pepohonan, para pepohonan tentunya sangat berterimakasih kepada para rangkong gading. Pada kepercayaan orang di kalimantan barat rangkong gading ini berasal dari alamnya para dewa dewa didunia atas sana dan mereka sangat menghormatinya.

Namun juga perlu diingat hewan apapun yang hidup bersama kita diatas permukaan bumi ini adalah adalah makhluk hidup yang berhak terhadap kehidupan yang sedang mereka lewati bersama kita, menghirup udara yang sama, minum air yang sama dan berjalan diatas tanah yang sama. Mengapa kita begitu egois membunuh mereka yang sebenarnya telah terlebih dahulu menjadi penghuninya?

POPULASI HEWAN INI SEKARANG DALAM KEADAAN SANGAT KRITIS
Ya jumlah mereka terus menyusut, jika pada masa dahulu penduduk masih bisa mendengarkan dan bahkan melihat mereka berkeliaran, kini mereka mulai langka terlihat di alam liar, seperti jenis jenis hewan lain yang telah punah mereka terlihat sudah bersiap siap meninggalkan dunia ini untuk selamanya, meninggalkan kita manusia yang tidak perduli bagaimana caranya berkongsi hidup dengan makhluk lain secara harmonis, suatu hari kita melihat ke bintang bintang kemintang mepertanyaankan keberadaan diri kita, apakah kita hanya satu satunya makhluk yang hidup di planet bumi di luasnya alam semesta? Kita melupakan makhluk makhluk penyayang disekeliling kita, kita membunuh dan memakan hewan tanpa aturan, tanpa memperdulikan kelangsungan hidup spesies mereka.

Tidak mudah menangkar rangkong, karena mereka membutuhkan sarang alami yang khusus buat hidup, jenis unggas ini tidak bisa dipelihara begitu saja oleh manusia tanpa membuat mereka berisiko.

MEMBUNUH SATU RANGKONG GADING BERARTI MEMBUNUH SELURUH KELUARGANYA.
Ketika rangkong telah berkeluarga mereka akan membuat sarang yang tidak sembarangan dibuat, harus dibuat disebuah pohon yang berlobang alami dan berbonggol khusus. Mereka sangat bergantung kepada hutan sebagai rumah dan tempat mereka untuk hidup, menebangi hutan berarti membunuh jenis unggas ini.Akhirnya isteri rangkong mengurung diri pada saat bertelur, dan bulunya luruh untuk dijadikan alas dan demi menjaga kehangatan telur mereka. Ini adalah pengorbanan yang luarbiasa seekor rangkong betina, pengorbanan seorang isteri, calon seorang ibu karena pada saat saat kritis ini dia tidak akan bisa terbang bebas lagi karena bulu bulu sayapnya telah luruh dijadikan alas telur calon bayi mereka.

Dan pada saat itu juga rangkong jantan mengambil alih seluruh tanggung jawab dengan mengantarkan makanan kepada isterinya setiap waktu, terlihat rangkong betina dan telur itu kelangsungan hidup mereka tergantung kepada rangkong jantan. Tidaklah berlebihan jika ada pemburu yang menembak seekor rangkong pada saat mereka mencari makan, pemburu tersebut adalah pemburu yang biadab. Ketika seekor rangkong jantan tertembak, atau tertangkap, rangkong betina didalam sarang itu akan mengerami telurnya dalam kelaparan, padahal dia dalam kondisi lemah, dan bila rangkong betina mati karena kelaparan telur telur itu akan menetas akan menjadi rangkong rangkong bayi yang tidak berdaya, tanpa perlindungan dari serangan serangga dan hewan hewan kecil lainnya. Jika anda adalah seorang pemburu yang menembak mati seekor rangkong jantan anda telah membunuh seluruh keluarga yang dia miliki.

Sekali lagi, manusia adalah makhluk yang paling berakal dan memiliki budi, kita bertanggung jawab secara moral menyelamatkan makhluk lain dari kepunahan.

Comments

  1. enggang jantan setia dan bertanggung jawab tetapi manusia lelaki jantan banyak juga yang setia sih walau banyak yang buaya he he he

    ReplyDelete
  2. enggang dulu adalah unggas yang sangat biasa terlihat di pepohonan di kampung

    ReplyDelete
  3. Oh...sama ini dengan ditempat saya

    ReplyDelete
  4. Burung tsb memang perlu dilestarikan agar anak cucu tetap bisa menikmatinya... :)

    ReplyDelete
  5. Burung langka ini jangan sampai punah.
    Sangat disayangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada dikampung kami, cuma sudah sangat jarang terlihat

      Delete
  6. Hebat bener ya yang betinya.
    Demi anak2nya rela meluruhkan seluruh bulu di tubuhnya.
    Semoga terus dijaga dan dilestarikan agak gak punah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta ibu sepanjang hayat

      Delete
  7. Gabung Di Sini, Lebih Banyak Menangnya !!!

    Taruhan di internet dan berbagai macam keuntungan yang besar, dan menyenangkan apa bila mendapatkan bonus dengan nilai berkelipatan yang lumayan besar tak akan ada orang yang menolak hal seperti itu. Rasakan sensasi menjadi bandar dengan peluang kemenangan mencapai 80%.

    JAGODOMINO menyediakan banyak permainan, jadi para peminat tinggal menyesuaikan permainan yang disukainya. Seringnya bermain di Jagodomino, akan semakin tinggi Turnover kamu, dan semakin banyak bonus yang kamu dapatkan.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…