Follow:

MENGAPA SEORANG PENULIS ITU HARUS BERWAWASAN LUAS

Kita telah membaca puluhan bahkan ratusan artikel, isinya tips, tutorial atau bahkan nasehat. Semuanya bertujuan baik. Isinya jika dibanding bandingkan satu sama lain kadang sangat bertolak belakang. Jangan terburu buru menghakimi. Setiap orang berdiri ditempat mereka masing masing melihat satu hal dengan cara yang berbeda. Lalu mereka mengutarakan pendapat mereka.
Pendapat dan buah pikiran itu adalah milik anda, milik setiap orang. Dan setiap orang memiliki hak yang sama untuk mengutarakan pendapat mereka dan mendapatkan penghargaan daripada sumbangsih mereka. Tapi setiap orang juga memiliki hak untuk mengkritik apa yang mereka rasa tidak benar. Asalkan anda tahu kebenaran itu bukan milik kita seorang diri, kebenaran itu milik semua orang. Tidak mungkin anda seorang diri merasa benar dan 6 milyar manusia yang lain adalah salah. Cobalah fikirkan sekali lagi, buang perasaan ego.
BACA JUGA: APAKAH KEBENARAN ITU?
Menyakitkan memang pada saat di kritik, karena di dalam genom dan genetik manusia telah tertanam sebuah kisah yang berpola: Egois. Tapi sebagai manusia kita memiliki genetika yang kompleks, dan kita selalu dapat mengatasi ego kita terutama pada saat kita hidup bersosial.

PRO DAN KONTRA
Itulah sebabnya ketika anda membaca blog tekno yang pro iPhone anda akan membaca: "6 KEUNGGULAN iPHONE DIBANDING HAPE ANDROID" Maka anda akan percaya karena tulisan itu benar benar mengupas sisi kelebihan sebuah iPhone yang diulas oleh seorang FanBoy Apple.

Akan tetapi di situs lain muncul sebuah tulisan tandingan: "12 KELEBIHAN HAPE ANDROID DIBANDING iPHONE" mungkin anda juga baru sadar begitu banyaknya kelebihan Android ternyata yang sebelumnya tidak terlihat oleh kita. Tetapi tulisan ini bersumber dari para pencinta Android dan tulisannya mengupas hal hal yang memang benar benar tejadi jika sebuah hape Android dibanding dengan iPhone.

Sama seperti ketika seorang dari keyakinan dan agama berbeda merasa agamanya adalah agama yang paling benar. Atau Ketika seorang anak di Barat dengan enteng memanggil nama ayahnya seolah ayahnya adalah temannya. Dan ayahnya sendiri merasa nyaman dipanggil dengan nama oleh anaknya yang masih kecil. Semua istilah, tatanilai mungkin hanya bersifat subjektif dan dianut oleh sekelompok manusia dalam ruang lingkup budaya. kita bisa berdalih: Tapi itu mereka, bukan kita! Namun harus diingat, kita hidup di zaman yang sudah terhubung, tidak lagi terisolasi oleh perbedaan bahasa dan budaya. Kita sudah seharusnya saling membina keselarasan dalam perbedaan. Menghormati segala yang berbeda.

SADARILAH PERBEDAAN BUKANLAH KESOMBONGAN.
Orang orang Indonesia sangat ramah dan mudah tersenyum, orang batak biasa mempresentasikan orang pertama dengan ngomong "aku" dan, sebagai orang melayu yang sangat dekat dengan rumpun malaysia, saya menggunakan kata ganti orang pertama dengan "saya" dan "kau" untuk kata ganti orang kedua. Itu sudah sangat sopan bagi kami. Dan apalagi sebagai seorang yang telah hidup dizaman global yang serba terhubung, saya tidak lagi memperhatikan perbedaan perbedaan seperti itu sebagai sebuah masalah dalam berkomunikasi.

Dan Kita sangat mudah tersenyum untuk menunjukan kami senang dan nyaman dengan seseorang, tapi cobalah anda sesekali pergi berkunjung ke Moskow ibukotanya Russia, wajah wajah disana begitu kaku. Apakah karena mereka tidak berbahagia? Samasekali tidak! Mereka sama seperti kita dalam banyak hal itu: Ada yang berbahagia ada juga yang tidak.
Berhati hatilah untuk tersenyum di Moskow. Tersenyum kepada orang asing di Russia bisa berarti penghinaan. Karena arti senyuman tidak seindah seperti kebanyakan negara negara Asia. Akan tetapi hal yang sangat berlawanan adalah ketika anda punya kesempatan berbicara dari hati kehati (kebetulan jika suatu saat anda di kirim bekerja ke Moskow) cobalah berinteraksi dengan pekerja lokal yang jarang tersenyum itu, ternyata mereka berhati hangat! Tidak sedingin kota yang hampir membeku di Perhoyansk. Mereka akan mengundang kita makan malam!

ANDA ADALAH SEORANG PENULIS
Sesungguhnya saya tidak berani memberi saran ini kepada anda. Ini hanya pendapat pribadi. karena anda adalah seorang penulis sudah seharusnya menjadi seorang yang berwawasan luas! Jika anda hanya berdiri ditempat anda dan menceritakan apa yang anda lihat didalam kotak persembunyian maka cerita anda akan segera habis dan anda akan kehabisan cerita untuk diceritakan. Pengulangan hanya akan mendatangkan kebosanan. Anda pasti akan ditinggalkan cepat atau lambat.

Jadi sesekali cobalah berfikir di luar kotak, lihatlah betapa pada kenyataannya di dunia ini begitu banyak perbedaan, peristiwa dan juga kenyataan yang berbeda. Jadi jika anda melihat sebuah tulisan anda akan melihat siapa dan sedalam apa pemikiran penulisnya dan dimana penulisnya sekarang sedang berada.
Tidak ada salahnya berhati hati terhadap apa yang akan anda tulis, karena walaupun anda memaksakan diri menulis segala sesuatu, jati diri anda segera akan terlihat, tulisan tulisan tentang revisi produk misalnya akan dengan mudah menggambarkan siapa diri anda dari segi sudut pikiran dan bisnis, tulisan tentang pendapat pribadi terhadap tatanilai kehidupan bisa jadi parameter dalam atau dangkalnya penalaran dan pola berfikir anda yang sebenarnya. Seorang ahli dengan mudah akan melihat itu.

Ketika saya membaca sebuah artikel berjudul: "5 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MIGRASI KE WORDPRESS" saya terpesona oleh banyak kelebihan wordpress dibanding blogger. Namun setelah selesai membacanya saya teringat orang orang di Moskow yang tidak mau tersenyum dan seolah memandang rendah dan sinis kepada orang yang tersenyum kepada mereka, maka saya mencari artikel lain dengan keyword serupa maka munculah tulisan tandingan: "12 ALASAN BLOGGER LEBIH BAIK DARIPADA WORDPRESS" Sayapun jadi bersyukur tidak jadi menganggap wordpress lebih bagus daripada blogger. Namun bukan berarti saya mengaggap wordpress itu jelek, itu sebuah platform yang setara dengan Blogger. Saya rasa pandangan saya cukup adil karena saya sedang memiliki blogger.

Banyak hal hal lain yang sudah dipercaya oleh umum pada kenyataannya sebenarnya tidak lebih daripada mitos belaka. Persaingan bisnis kadang menjadi alasan mengapa orang membangun opini agar terlihat jauh lebih baik daripada hal yang sebenarnya. Aturan main tetap dijalankan sampai wasit menghentikannya karena pelanggaran.

JADILAH DIRIMU SENDIRI DAN KAU AKAN DI KENAL.
Hidup itu banyak pilihan, namun sebagai penulis pada blogger anda tidak perlu memaksakan diri mencari niche agar blog anda memiliki niche dan di sukai oleh mesin pencari. Tidak sedikit blogger dengan niche spesial pun lenyap karena kekurangan pembaca. Misalnya Topik perihal bercocok tanam tidak akan dihampiri oleh pembaca yang doyan teknologi walaupun variabelnya jelas. Dan ketika anda mencoba mencari pemirsa yang hobi bercocok tanam melalui mesin pencari, mesin pencari telah melakukan tugasnya pada blogger dengan niche yang sama namun telah hadir terlebih dahulu daripada blog anda.

Saya samasekali tidak bermaksud mengatakan bercocok tanam tidak menarik, sama seperti halnya petani tidak tertarik dengan blog blog teknologi seluler yang juga megap megap bersaing mencari pengunjung di ranah blogging teknologi. Saya hanya ingin mengatakan setiap orang harus siap untuk menjadi diri sendiri dan BERJUANG.

Jika tidak bagaimana sebuah majalah trubus bisa begitu terkenal dan ikonik, sehingga orang diluar bidang itupun mau membacanya? Dan tidak sedikit blogger gado gado bertransformasi menjadi blog 'toserba" yang sangat ramai pengunjung. pada prinsipnya pepatah yang mengatakan "Ada gula ada semut" adalah benar. jika anda memiliki kemampuan menyuguhkan sesuatu yang manis bagi para pemirsa yang membutuhkannya, mengapa mereka tidak berkunjung? Algoritma mesin pencari akan mengenali itu dan menyampaikannya kepada pemirsa kita.

Setiap tulisan memiliki standard sendiri, tidak ada bedanya jika anda seorang blogger baru namun memiliki bakat menulis anda tidak akan kalah dengan para blogger sepuh. Bahkan hukum alam selalu memberi ruang kepada para pendatang baru yang unik yang akan mengisi ruang waktu yang berbeda daripada pendahulunya. Saya percaya dengan hukum alam: Setiap hal hal baru akan selalu mendapatkan ruang dan momen pada zamannya.

Jika tidak iPhone pertama tentu masih berjaya sampai sekarang, tidak perlu ada iPhone 2,3,4,5.6.7.8 dan mungkin tahun ini akan mucul iPhone 9. Anda harus tahu 'aturan alam' ini juga berlaku terhadap hal lain dan manusia walau berjalan sangat lambat. Dulu Sheila On 7 ngetop, tapi kini muncul band band baru yang ngetop pada masanya. Setiap waktu itu ada momennya, anda adalah penulis dan blogger baru yang sedang "menggantikan" penulis dan blogger lama. memang begitulah seharusnya. Mereka akan menurukan ilmu mereka kepada anda sementara anda akan menemukan hal hal baru berupa ilmu ilmu terupdate yang belum ada sebelumnya.

Sekali lagi hukum relativitas Einstein benar: Tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri"

Saya luangkan waktu menulis ini Karena anda sangat berharga.

Post a Comment

13 Comments

  1. Wah ngena banget ini kata katanya,jadi dapat inspirasi.
    Apalagi Pandangan terhadap perbedaannya, keren

    ReplyDelete
  2. Seorang blogger adalah seorang menulis. Orang akan membaca tulisan kita dan mengenal kita lewat tulisan. Sebuah tulisan bisa menggambarkan diri sang penulis itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar sista, dan kebanyakan penulis blog itu adalah orang yang memiliki pemikiran yang mengagumkan saya tidak pernah kehilangan rasa kagum setiap kali membaca artikel artikel mereka termasuk artikel artikel sista.

      Delete
  3. Josh, jadilah penulis dan bagikan hal baik...

    ReplyDelete
  4. wahh, jadi semakin terinspirasi untuk terus menulis meskipun niche yang kurang populer tapi setidaknya saya akan tetap berusaha konsisten saja, terima kasih inspirasinya..

    ReplyDelete
  5. perbedaan itu penting untuk mencambah idea dengan lebih baik

    ReplyDelete
  6. yer, karna kita hidup diatas dunia yang penuh dengan perbedaan

    ReplyDelete
  7. kalau tidak berwawasan luas maka artikelnya pasti kurang menarik untuk dibaca kan?

    ReplyDelete