Follow:

KISAH GAMBIR SERAWAK: BISA BERBAHAYA !!!!

Gambir ini populer di tempat aku bekerja karena kebetulan ada pekerja asal malaysia, sering kali bawa oleh oleh "Gambir Serawak". Mulanya saya kurang jelas jenis gambir apa setelah sekian tahun hanya mendengar tentang gambir tersebut barulah saya melihat langsung bentuknya kecil kecil pipih dan di masukan kedalam kemasan plastik obat sebesar telapak tangan.
Gambir serawak yang sudah diolah dan akan dipasarkan 
Wanita wanita tua mengunyah gambir serawak 

Kebetulan ditempat kerja kisah gambir serawak nyaris melegenda, bukan karena bentuknya yang luarbiasa tapi karena orang orang percaya khasiatnya dapat menambah kejantanan kaum lelaki. Aku bukanlah orang yang mudah mempercayai segala hal tanpa melalui logika, jadi aku mulai mencari cari referensi medis dan tulisan tulisan di internet. Tulisan di internet juga kurang lebih sama: Menyokong bahwa Gambir Serawak itu mampu membuat "TOPCER" kaum adam.

Setelah menelusuri asal muasal tanaman yang menghasilkan gambir serawak akhirnya aku menemukan titik terang: gambir serawak atau bahasa ilmiahnya disebut 'uncaria gambir' sebenarnya dapat ditemui dibanyak hutan diberbagai negara termasuk di Indonesia. Khususnya negara negara Asia Tenggara, China dan India. Jenis tanaman ini menjalar, daunnya berbentuk lebar sedangkan bunganya berwarna kuning. Tanaman ini termasuk jenis tanaman Herba. Kandungan utama tanaman herba adalah Tannin dan Astrigen. Dalam catatan, orang prang zaman dulu menggunakan tanaman ini untuk menawar bisa ular dan mengoleskan lendirnya untuk mengurangi efek luka bakar.

Gambir serawak juga sangat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi yang sedang sakit, caranya dengan menaburkan bubuk tanaman ini ke lobang gigi, setelah itu gigi akan berdenyut denyut dan kemudian berangsur angsur hilang rasa sakitnya.Gambir serawak juga digunakan untuk mempercepat kesembuhan pada anak yang disunat, gambir ini akan menimbulkan efek rasa panas ketika dioleskan kebagian kulit.

BAHAYA PENGGUNAAN GAMBIR SERAWAK PADA ALAT KELAMIN.

Dr. Muhammad Tahmby dan ahli Botani Dr. Paul Chai memberikan peringatan terhadap banyaknya pemakaian gambir serawak untuk keperluan diluar "pengobatan" seperti diatas. Di beberapa daerah di Malaysia dan juga di Indonesia gambir Serawak digunakan untuk tujuan membuat kaum lelaki jadi perkasa di ranjang. Padahal efek mematikan rasa pada ujung kemaluan juga ada pada tanaman lain yang mungkin lebih bagus dari gambir serawak, entah darimana kepercayaan ini berasal, gambir serawak kemudian di jual di Sarawak, Kuantan hinggga Kuala Lumpur tanpa ijin resmi dari Dept Kesehatan, di jual di pasar pasar kaki Lima secara sembunyi sembunyi. Gambir serawak kemudian di percayai sebagai obat kuat dan obat melawan ejakulasi dini.

Padahal akibat pemakaian gambir serawak yang berlebihan dalam jangka panjang untuk tujuan seks bisa berakibat buruk:

Kemaluan bisa cedera karena panas berterusan, mengakibatkan radang dan jangkitan bakteri yang kebal atau imun terhadap pengobatan
Penggunaan gambir serawak yang di oleskan tersebut juga sangat berpotensi merusak syaraf kemaluan, baik pada lelaki yang memakainya maupun terhadap wanita yang menjadi pasangannya.
Lama kelamaan hubungan seks akan kehilangan rasa nikmat karena seringnya mengoleskan bahan gambir serawak di ujung kemaluan yang penuh syaraf sensitif tersebut.

Penulis buku Medicinal Plants of Serawak tersebut mengatakan penggunaan gambir serawak sebagai "obat kuat" lelaki hanyalah salah satu dari kegunaan yang berasal dari kepercayaan orang dayak d\Iban dan Melanau...

Post a Comment

2 Comments

  1. Percaya ngga, kak .. kalo aku pernah nyoba nguyah gambir seperti ini ? [ di Jawa Tengah istilahnya ' nginang ']

    ... Rasanya .. pahit-pahit getir ..
    Beberapakali nguyah dan berubah warna jadi merah kayak darah, aku muntahin karena geli ngelihatnya ... wuakakakakaa 😂

    Aku kecil waktu itu critanya ikut-ikutan nenek buyutku yang hobi berat kegiatan nginang 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikunyah menurut kalangan kesehatan malah banyak manfaatnya, tapi gak jelas juga referensinya he he he

      Delete