HIDUPLAH SEPERTI SEORANG HACKER SEJATI

Hidup itu kadang terasa berat, ada masanya kita mendapatkan goncangan di dalam jiwa, berhadapan dengan dilema, harus menentukan pilihan yang sulit: dimakan mati ayah, tidak dimakan mati ibu. Hanya memiliki dua pilihan itu sebenarnya hampir tidak ada didalam kehidupan ini, selalu ada pilihan ketiga bagi orang yang menggunakan kecerdasannya: Silahkan datang kepada kehidupan ini, Life Hack.
Ya kita hanya perlu keluar dari masalah, menghadapinya dan tidak perlu takut bila harganya nanti adalah berhadapan dengan masalah lain, yang penting keluarlah dari masalah kita yang sekarang. Jika definisi hacker dan hacking itu adalah aktifitas terkait komputer, marilah kita keluar dari definisi itu. Kita ini memiliki cara berfikir yang terpola seperti seorang ahli koding, sekaligus seperti seorang ahli psikologis.

CONTOH TERKAIT DENGAN PEKERJAAN
Hari ini peraturan di banyak perusahaan mengatakan, setelah dua kali putus kontrak kerja saya harus istirihat dua bulan barulah saya bisa masuk kembali bekerja untuk mendapatkan kontrak baru. Begitulah aturannya.


Tetapi selama dua bulan tidak bekerja sesungguhnya saya diharuskan mencari pekerjaan lain, pekerjaan apa saja jika ingin mendapatkan penghasilan. Namun sesungguhnya selama dua bulan tersebut saya harus mendapatkan bukti surat pengalaman kerja dari perusahaan baru, dan kartu jaminan kesehatan seperti BPJS karena syarat itu yang dibutuhkan agar saya kembali mendapatkan kontrak kerja di perushaan lama. Dua bulan? Perusahaan kecil atau toko mana yang akan memberikan surat pengalaman kerja tersebut, apalagi memberikan surat asuransi kesehatan?

Seolah saya dihadapkan hanya pada dua pilihan: Berhenti bekerja dan jadi pengangguran, atau lupakan saja niat kembali mendapatkan kontrak kerja di perusahaan lama. Itu persoalannya bukan pada kenyataan yang sedang saya hadapi. Tetapi lebih kepada perasaan pesimis dan mudah berputus asa.

Ayo tentukan pilihan! Anda ingin kembali mendapatkan kontrak di tempat kerja lama anda yang selalu membayar bagus itu, bukan? Setiap perusahaan akan mempertimbangkan menerima kembali karyawan lama yang berpengalaman asalkan memenuhi persyaratan, termasuk dua syarat administratif diatas tadi.

Tetaplah bekerja ditempat usaha yang mau menerima anda bekerja walaupun sifatnya hanya sementara, tidak apa apa sementara menjadi seorang helper bukan. Lalu dekati seseorang seperti mandor kerja tanpa kentara, selalu tunjukan sikap baik kepadanya. Misalkan memesankan kopi kesukaannya di pagi hari buatnya. Setelah beberapa waktu kalian akrab, tidak ada salahnya bercerita tapi jangan terkesan mengeluh ya...

Anda katakan anda sebenarnya sangat membutuhkan surat pengalaman kerja. Ingat seorang mandor memiliki hubungan langsung kepada staf perusahaan tempat anda sementara bekerja dan para staf biasanya memiliki akses khusus. Anda dapat mengendalikan dia dengan pengaruh kebaikan yang membuatnya terkesan sehingga dia membantu anda dengan meminta kenalan stafnya untuk membuatkan anda surat pengalaman kerja dengan stempel sah perusahaan.

Lalu katakan kepadanya: Saya butuh perlindungan kesehatan dengan memiliki kartu jaminan kesehatan dan anda bersedia membayar sendiri jika perusahaan berkenan membantu menguruskannya. Perusahaan biasanya tidak akan keberatan membantu asalkan pekerja tersebut memang sedang bekerja walau hanya sebagai harian lepas.

Anda berhasil, jikapun anda gagal, anda telah mencobanya. Seorang hacker sangat pantang berputus asa! masih banyak lobang dan bugs dalam jiwa manusia yang bisa di eksploitasi, bukan?

Dan jika anda berhasil itu adalah dua syarat yang diminta perusahaan lama agar anda mendapatkan kontrak kembali, tidak ada perusahaan yang menolak orang yang memenuhi syarat seperti yang telah mereka tenutkan sendiri, jika ya, anda tahu perusahaan itu tidak bermutu dan menipu.

BEDANYA HACK MANUSIA, HACK MESIN DAN SOFTWARE

Manusia dapat di hack dengan halus, namun seorang hacker manusia harus memiliki tujuan dan target jelas terlebih dahulu. Hack manusia adalah dengan membangun hubungan dan kepercayaan. Anda harus tahu hal apa yang bisa anda eksploitasi. Pilih seorang target, apa kesenangannya.

Anda tidak perlu menjerat seorang don yuan dengan wanita cantik, karena dia akan meremehkan anda, dia merasa yakin bahwa dia lebih mengerti wanita cantik ketimbang anda yang tidak don yuan. Tetapi anda bisa memilih seorang baik baik yang memiliki hasrat tersembunyi. Mereka yang tidak bisa menyalurkan hasratnya demi kehormatan. Anda bisa membuatnya merasa aman dengan jaminan. Namun hal ini terlihat licik. Anda akan jadi pemeras.
Jadi pikirkan, anda mengenal seseorang yang baik memiliki reputasi dan kaya. Anda hanya perlu melakukan pendekatan dan menunjukan dengan halus bahwa anda adalah seorang yang sangat dibutuhkannya untuk menjaga dan memelihara reputasi maupun kekayaannya. Anda sesungguhnya hanya butuh mencari tahu bagaimana caranya. Sulitkah itu? Tergantung, kadang anda akan menemukan, hal hal kecil saja bisa membuatnya terkesan melebihi hal hal yang dianggap besar dan hebat bagi orang lain.

Anda bisa hack ponsel kekasih anda dengan membelikannya sebuah ponsel yang terlebih dahulu anda pasang semacam software mata mata didalamnya demi target anda sendiri. hack perangkat untuk mengekploitasi hidup seseorang. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda. Sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Hack mesin dan software jauh lebih sederhana walau tidak juga mudah. Anda dapat mempelajarinya, namun apa target anda ketika bermaksud melakukannya? Pasti keuntungan juga bukan dan hal itu tidak dapat lepas dari manusia.

Anda hanya membutuhkan interaksi dengan mesin dan software, dengan kode kode, namun pada akhirnya anda sampai kepada tujuan sebenarnya: Menarget manusia melalui mesin! Melalui komputer dengan mengutak atik dan merekayasa softwarenya.

JANGAN TERJEBAK MENJADI PEMERAS DAN PENIPU.

Hacking dilakukan di mana mana, bahkan paling banyak terjadi di dunia nyata: Tanpa sadar seorang dukun palsu telah melakukannya terhadap puluhan orang dan meraup keuntungan. Dia mengeksploitasi kemiskinan orang dengan janji meyakinkan bahwa dia bisa menggandakan uang dan membuat orang menjadi kaya. Tidak semua orang memiliki mental dan rasa percaya diri pada saat berhadapan dengan orang orang, seorang hacker harus memiliki mental dan target.

Dia tentu tidak akan memaksa seseorang yang tidak percaya kepadanya untuk mengikuti "programnya" hanya orang orang yang percaya yang akan terlibat dalam targetnya.
Di dunia maya melalui medsos berbasis web dan html, melalui aplikasi chatting, email banyak hacker sengaja memasang perangkap melalui link. Ketika anda mengklik link tersebut anda memasuki lamannya yang penuh menjanjikan, penuh ancaman marabahaya, atau melalui trik halus lainnya. Mereka mengeksploitasi rasa ingin tahu anda, mengeksploitasi hasrat tersembunyi anda dengan permainan psikologis, jika anda terus mengkliknya menuruti step demi step petunjuknya hingga tanpa sadar memasukan akun email dan password untuk membuka sebuah rahasia yang "dijanjikan" maka anda terjebak!

Melalui sebuah password yang dia curi, rahasia anda tersibak satu persatu: Akun medsos, kartu kredit, perbankan hingga privasi. Jika sang hacker menemukan titik kunci kritis ke akun perbankan dan dapat mengakses keuangan anda dia bisa mentrasfer sejumlah uang atau menguras seluruh uang tabungan anda. Namun jika dia menemukan rahasia sensitif, dia bisa memeras anda dengan mengeksploitasi kehormatan, kelangsungan rumah tangga, hingga mengancam akan mengekspose anda ke media massa.

Jangan menjadi hacker seperti ini!


HACKER ITU BUKAN PENJAHAT, HACKING ITU BUKANLAH PROFESI MERUSAK

Itu hanyalah istilah. Pisau itu untuk mengupas buah bukan untuk menikam manusia. Hacking itu adalah seni melepaskan diri dari masalah yang kritis, bukan untuk mengeksploitasi kelemahan sebuah objek atau pribadi seorang demi keuntungan dan kesenangan diri sendiri. Itu hanya sebuah alat untuk mencapai target dan tujuan.

Ketika saya memikirkan seni hacking dalam kehidupan karena memandangnya dari sudut ilmu komputer, saya tidak segan segan mengadopsi hacking komputer kepada kehidupan nyata. Pada akhirnya hacking di komputer itu selalu menarget manusia juga. Menarget manusia malalui komputer berarti mengkombinasikan kode kode dan angka dengan tabiat psikologi manusia, artinya tanpa kita sadari kita sedang menjalankan prinsip A.I. (artificial inteligent) dan mengadunya dengan manusia sungguhan.

Manusia bisa terjebak oleh emosinya sendiri, seorang bos yang ambisius, parfeksionis hingga yang represif sesungguhnya memiliki kelemahan yang dapat di ekploitasi, anda dapat menargetnya melalui semua peralatan dan gagdet yang dia miliki: Meremote Ponsel pintar miliknya, Meremote Telivisi di rumahnya yang terhubung ke internet, atau mengambil alih komputer di kantornya. Anda juga dapat menargetnya melalui perangkat teman teman dekatnya. Melalui ponsel anak anaknya, atau tablet milik isterinya.

Pada kenyataannya begitu banyak caranya, anda dapat menyusup ke sistem cctv hotel langganannya, atau perangkat kamera online di rumahnya. Jika anda menarget seseorang yang tidak memiliki semua itu, tentu jadi pertanyaan besar, untuk apa anda melakukannya?

KEAMANAN
Hidup di zaman now bagi sebagian orang terbelah ke dalam "real dan online" karena kehidupan online tidak dapat dipisahkan dari kehiupan modern. Keamanan itu penting, 3 milyar manusia memegang hape, dua milyar manusia terhubung ke internet secara aktif. Dibutuhkan trik yang lebih pro aktif untuk menjaga keamanan.

Di butuhkan kesadaran pribadi yang lebih matang dan dewasa agar tidak terjebak berlebihan di dunia online seperti chatting sepanjang waktu. Aktifitas berlebihan di medsos tanpa mempertimbangkan pengeluaran. Manfaatkan waktu lebih banyak di dunia nyata.
Cara efektif menghindari jebakan online tentu saja dengan mengurangi berinteraksi secara online kecuali apabila memiliki penghasilan yang harus anda jaga di dalamnya. Mengurangi jebakan online adalah dengan aktifitas sosial nyata, namun sayangnya hampir setiap orang yang anda temukan terkadang "sedang online" jika anda mau anda bisa menciptakan suasana real menjadi benar benar nyata.

Lihatlah sekarang, mereka tidak lagi membaca surat kabar dan majalah, mereka membaca melalui handphone. Anda bisa membatasi aplikasi sebuah gagdet demi keamanan. Kedengaran mudah menghindari setiap godaan rasa ingin tahu, kesulitannya ada didalam jeratan psikologis didalam kepala anda sendiri. Disitu letak tidak amannya...

Sesungguhnya cara yang paling aman dalam menghadapi masalah hidup adalah dengan menghadapinya, jangan memanipulasinya. Misalnya jika anda harus berhadapan dengan hukum hadapi secara hukum dan jika perlu terima saja hukumannya. Sebagai seorang yang memiliki logika saya tidak percaya dengan karma. Namun setiap jalan yang anda tempuh akan ada harga yang harus anda bayar, akan ada konsekwensi lain akibat tindakan manipulatif yang anda pilih. Anda bisa terlepas dari hukuman dengan "trik" tetapi anda  akan membayarnya dengan masalah lain.

Saya percaya hack itu berguna, apabila kita melakukannya demi pertimbangan kebaikan.


Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

2 Responses to "HIDUPLAH SEPERTI SEORANG HACKER SEJATI"

  1. artikelnya berbobot sekali.... saya setuju dng kata hack manusia secara halus, rebut kepercayaannya.

    klu dlm bahasa saya bisa disebut mencuri hati....

    ReplyDelete
  2. he he he bisa aja Kang Nata...merebut hati ada gak yang bersedia ya..

    ReplyDelete

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel