Skip to main content

BLUETOOTH KEYBOARD vs KEYBOARD KABEL MANA YANG TERBAIK BUAT HAPE DAN TABLET ANDROID?

KEYBOARD BLUETOOTH vs KEYBOARD KONVENSIONAL 
Pengalaman saya ngeblog pakai tablet dan hape adalah masalah pengetikan cepat, oleh karena di pasaran telah banyak dijual keyboard bluetooh buat ngetik saya membeli beberapa model satu yang agak mahal dan lainnya adalah produk murah namun tetap di atas seratus ribuan.
Bak kata orang ada harga ada rupa begitulah yang saya alami ketika menggunakan beberpa produk keyboard bluetooh kadang ketika mengetik huruf hidup misalnya ketika mengetik "a" akan muncul "aa" (kembar), dan memang keyboard mahal lebih presisi kinerjanya. Namun ada juga keyboard murah yang sama bagusnya dengan keyboard mahal, sama enaknya pada saat tutsnya di tekan.
Akan tetapi yang namanya koneksi menggunakan nirkabel bluetooth tetaplah memiliki masalah yang krusial, saya menyebutnya dengan "perintah nirkabel" kadang eror saat melalukan pekerjaan di templat HTML tulisan dihapus sendiri oleh "perintah" yang salah dari papan ketik bluetooth, dia bekerja sendiri tanpa kita kehendaki. Saya katakan demikian adalah karena pada saat koneksi kepapan ketik bluetooth saya putus, proses penghapusan segera berhenti.

Karuan hal ini sangat merepotkan, bayangkan setelah kode ditulis atau ditempelkan terhapus sendiri hurufnya satu demi satu oleh sesuatu yang tidak terlihat, yang ternyata adalah karena pekerjaannya si "bluetooth" keyboard. Saya tidak bisa menerima kesalahan seperti ini, namun saya tidak tahu bagaimana caranya mengatasi bug ini tanpa melakukan percobaan.

Produk papan ketik bluetooth sampai saat ini bukanlah bersifat papan ketik mekanikal layaknya papan ketik PC konvesional yang terhubung tidak melalui bluetooth, yakni keyboard yang terhubung melalui kabel dengan presisi yang sudah terbukti sepanjang 50 tahun berbagai pengetikan huruf dan angka oleh orang orang. Papan ketik mekanikal terkoneksi langsung ke sistem BIOS sebuah PC sedangkan papan ketik bluetooth sampai saat ini tidak dapat mengakses BIOS atau sistem Inti Android sebuah tablet dan hape. Apa gunanya?

Pada saat anda bermain game papan ketik atau perangkat asesories ini pemberi perintah harus langsung terhubung ke akses BIOS jadi papan ketik mekanikal dapat mengontrol sebuah game, sedangkan papan ketik bluetooth kemungkinan tidak. Saat ini produsen bluetooth keyboard ternama seperti Logitech saja masih belum menerapkan hal ini, papan ketik bluetooth yang mereka produksi sama saja prinsip cara kerjanya dengan papan ketik bluetooth biasa.

Beberapa orang telah membuka papan ketik bluetooth terbaru dari logitech untuk membuktikan bahwa keyboard bluetooth tersebut bukanlah papan ketik berkinerja mekanis seperti layaknya papan ketik konvensional pc dekstop dan laptop. Papan ketik bluetooth bekerja secara nirkabel memberikan perintah penulisan atau pengetikan hurup kedalam aplikasi.

JADI APA SOLUSINYA?
Saya melakukan percobaan terutama ketika mengedit dan menulis kode pada tablet Android, bukankah papan ketik non bluetooth harus terhubung ke tablet melaui kabel? Dan saya memakai keyboard PC desktop, bagaimana menghubungkan dan  mencolokannya  ke tablet? Kalau di colokan apa bekerja? Akhirnya saya teringat bahwa sistem Android adalah sistem yang paling mudah menerima berbagai koneksi dan dipasaran telah dijual OTG cable yang dapat disambungkan ke kabel dan colokan PC, harganya murah, warna warni, saya beli satu seharga RP. 10.000,- (sepuluh ribuan).

Dan pada saat saya cobakan ternyata bekerja dengan baik! papan ketik dapat mengetik dengan benar pada aplikasi perkantoran dilayar tablet android, saat dicobakan pada halaman web hingga mengedit HTML juga berhasil dengan sempurna tanpa melakukan kesalahan seperti keyboard bluetooth. Jadi akhirnya saya pergi ke toko gagdet di Batam membeli satu papan ketik PC mungil (supaya muat di laci tas) seharga RP.80 ribuan. Saya bisa memilih papan ketik yang memiliki opsi perintah untuk tablet Android yang sekarang tentu sudah banyak memiliki pilihan.

Dan papan ketik ini bekerja dengan baik! Akhirnya jadilah Artikel ini.

Namun perlu dicatat kelebihan dan kekurangannya:

KEYBOARD BLUETOOTH vs KEYBOARD KONVENSIONAL
Bluetooth keyboard:

  1. Tidak membutuhkan kabel, tinggal pairing dan lalu terhubung ke perangkat tablet Android. Namun, harus dicharge beberapa saat, atau harus dipasangkan battery. Papan ketik ini membutuhkan power.
  2. Terdapat beberapa kesalahan (mungkin bug pada koneksi atau software) pada saat pengetikan huruf muncul ganda atau pada beberapa kasus khusus seperti pengeditan HTML, tulisan terhapus hurufnya satu demi satu, seolah papan ketik bekerja sendiri.
  3. Tidak ada tuts mekanikal.
Non bluetooth (keyboard atau papan ketik konvensional):
  1. Harus dicolokan melalui kabel, membutuhkan kablel atau alat tambahan OTG agar bisa menghubungkan kabel standard PCnnya ke Tablet. Tidak membutuhkan battery, tidak perlu dicharge
  2. Bisa jadi koneksi ini lebih membutuhkan tenaga battery tablet.
  3. Tuts PC dekstop umumnya bersifat mekanikal dan cocok buat main game.
  4. Pada umumnya harga lebih murah.
Jadi sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, namun jangan kuatir jika tidak mampu beli keyboard bluetooth atau susah nyarinya di kota kota kecil, cari saja keyboard dekstop kecil yang cocok buat tablet pasangkan ke tablet atau hape kita, dijamin menulis sama lancarnya dengan ketika melakukan pengetikan di laptop atau PC desktop.

Kedua Jenis keyboard dapat bekerja di hape dan tablet Android, namun kalau soal harga dan ketersediaan keyboard fisik konvensional menang banyak!




Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

Comments

  1. klu saya masih menggunakan keyboard kabel mas..... soalnya blm ada uang beli keyboard blutooh.

    baca pengalamannya.... saja jadi tahu kelemahan keyboard blutooh. :)

    ReplyDelete
  2. Wah saran yang bagus kasih link dong biar langsung hajar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

KEHEBATAN TEMPLATE CONTEMPO BLOGGER SETELAH DIBERI SENTUHAN MODIFIKASI

Adalah empat template terbaru blogger yang sangat mudah dimodifikasi dengan cara kombinasi melalui opsi blog desainer maupun edit HTML melalui dasbor blogger. ke empat tema tersebut adalah: CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan NOTABLE (atau Terkemuka).
Ke empatnya tidak memerlukan opsi setting mobile sudah cocok buat tampilan PC desktop dan hape/seluler sekaligus. Artinya ya responsive dan mobile friendly.
Kali ini saya pilih contoh hasil pengeditan contempo, anggaplah sebagai update dari tema bawaan, lalu apa yang baru?

Menambahkan tombol "back to top" yang terlihat dengan tulisan "Keatas" sebagai scroll otomatis halaman pada saat di scroll ke bawah pada saat mau mengembalikannya ke atas.Menambahkan Related post di tengah postingan dengan efek font awsome.Menambahkan elemen font awsome, agar fa fa awsome dapat bekerja pada blog ( walaupun tidak semua browser dapat menampilkan font awsome, namun pada umumnya browser-browser besar dan kuat memiliki kemampuan ini)Mengatur ula…

APAKAH SINGULARITY ITU?

Singularity adalah sebuah idealisme tentang masa depan dimana manusia sudah tidak terpisahkan lagi dengan peralatan teknologi, manusia menjadikan kecerdasan atau inteligensianya untuk tetap survive dan menaklukan alam semesta. Pada masanya singularity akan menjadi sebuah keharusan jika makhluk hidup berakal ingin status sebagai "manusia" ukuran dan standard manusia menjadi jelas dilihat dari bagaimana dia memanfaatkan teknologi dalam melangsungkan kehidupan dirinya bersama keluarganya. Dan hal ini bisa berarti manusia telah berevolusi dari makhluk berdarah daging seperti hewan menjadi makhluk energi dengan strata yang jauh lebih tinggi.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Halaman ini akan mencoba menjelaskan ide ini dari sisi yang berbeda.


1. GAGDET
Gagdet pada awalnya mungkin tidaklah begitu penting atau paling tidak sampai sekarang orang masih tidak akan "mati" kalau tidak punya handphone, telivisi, kenderaan bermotor dan lain lain. Tapi anda akan menyadari perubaha…

APAKAH PARA ILMUWAN ITU MEMILIKI AGAMA?

Dan apakah mereka percaya kepada Tuhan, ini beberapa fakta yang menarik yang dapat sedikit mengungkapkan seperti apa pandangan mereka terhadap alam semesta...

Keraguan terlihat ketika orang menganggap seorang ilmuwan mempercayai agama, namun juga terjadi apabila orang menganggap mereka tidak percaya kepada Tuhan, banyak hal yang tersembunyi yang tidak ketahui dalam hidup ini, maka dari itu kita tidak dapat membahasnya disini, namun kita dapat melihat beberapa fakta menarik yang terlihat atau ungkapan yang pernah mereka sampaikan kepada publik. Kita sedang membicarakan empat oran Ilmuwan dan penemu hebat: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin!


1. ALBERT EINSTEIN (lahir 1879, wafat 1955)
Einstein pernah menyatakan: "Ilmu tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu buta" dan pernyataan itu rupanya sering sekali dikutip orang terutama untuk dijadikan sebagai rujukan persepsi atau sudut pandang pembenaran sebuah keyakinan yang dianut oleh orang tersebut terh…
Copyright © AdelinaSasa. All rights reserved.