HARI INI PERSIAPAN MENUJU HARI TUA ITU SANGAT PENTING!

Semua orang akan berkata "jelaslah dan kami sedang menyiapkan hari tua kami" tetapi sebenarnya persiapan menuju hari tua itu tidaklah sederhana apalagi mudah, belum lagi kalau dipikir 290 jiwa penduduk Indonesia apakah mereka terjamin hidupnya kelak di hari tua? 
Rasanya Jangankan kita yang hanya orang biasa, para publik figur yang dulunya adalah artis, pengusaha, hingga pejabat banyak juga ditemukan dalam keadaan memprihatinkan di usia senja mereka. Sewaktu muda dulu mereka tampak begitu disanjung, di hormati atau bahkan di takuti, begitu bergelimang harta dan kesenangan karena memiliki uang dan properti yang melimpah. Dimana mereka berada setelah kehilangan segalanya? Dilupakan dan ditinggalkan. Siapa yang salah?

Keyakinan, kultur dan kebiasaan pribadi yang terbentuk dari pribadi seseorang kadang ikut mendeskripsikan penyebab mengapa orang kadang mengabaikan persiapan dalam menghadapi hari tua. Keyakinan bahwa lingkungan tidak akan membiarkan mereka terlantar, bahwa orang orang beragama tidak akan meninggalkan seorang manusia yang telah menjadi tua. 

Agama memang mengajarkan agar kita mengasihi dan menghormati orang orang tua, tetapi manusia yang menganut agama tersebut sangatlah komplek, anda lebih baik mengontrol diri anda sendiri dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi hari dimana setiap orang akan menghadapinya.

Kategori tua menurut zona negara tentu saja sedikit berbeda: Di Eropa yang standard hidupnya tinggi dan harapan hidup juga lebih panjang, usia 40 tahun itu tergolong masih muda, disana harapan hiudp rata rata orang adalah 82 tahun. Sedangkan dinegara tercinta usia 40 tahun bisa dikatakan telah mulai tua karena harapan hidup di negara tercinta yang masih kategori negara berkembang ini masih di patok rata rata hanya 69 dan 72 tahun, masih lebih tinggi daripada kehidupan orang diwilayah demografi Afrika yang usia harapan hidup diukur rata rata hanya 50 tahunan.


1. MEMILKI STATUS
Memiliki status dalam hidup itu perlu agar kita tidak gamang dimana diri kita berada. Status itu bisa terbentuk dari pergaulan, berinteraksi, usaha dan kerja keras. Seorang keturunan bangsawan akan memperoleh status kebangsawannya dari warisan keluarga. Seorang yang pulang dari berperang bisa diberikan status sebagai pahlawan karena telah mendistribusikan keikutsertaannya dalam sebuah kemenangan dalam berperang. Seorang pengusaha sukses memiliki status sebagai pengusaha setelah usaha dan kerja keras yang dia lakukan. Status dapat mempengaruhi kenyamanan hidup dihari tua secara finansial, hubungan sosial dan rasa hormat orang dalam lingkungan.
Seorang pemuka agama biasa memperoleh status itu setelah proses perjuangan atau perjalanan mendidik diri yang panjang hingga ke hari tua. Hingga hari ini seorang pemuka selalu agama mendapatkan tempat yang terhormat didalam lingkungan hidup tertentu sampai ke hari tua mereka.

2. FINANSIAL
Secara finansial seorang manusia semakin tua usianya akan semakin lemah kemampuannya dalam mengelola dan menambah pemasukan. Itu alami. Jadi maksudnya ketika anda masih mudalah seharusnya anda memikirkan itu. Bukalah usaha yang dapat berjalan secara berkesinambungan, dapat dijalankan dan diwariskan kepada anak anak atau ahli waris anda. Tidak perlu melihat kepada usaha besar seperti coca cola, samsung dan wallmart. 

Anda dapat membeli sebidang kebun dan mengelolanya untuk menjadi penopang kehidupan keluarga lalu meluaskannya. intinya hanya kerja keras dan memanage sebuah usaha dengan kontrol. Misalnya anda dapat memikirkan sebuah cara agar penerus anda dapat melanjutkan usaha tersebut dan mencegah mereka daripada menjual kebun tersebut secara hukum, aturan dan kontrol keluarga secara berkesinambungan. 
Finansial akhir akhir adalah hal penting walaupun intinya hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Faktanya sudah jelas anda dapat menggunakan dan memanfaatkan  kemampuan finansial untuk tujuan sosial anda di hari tua.

3. KESEHATAN
Kesehatan adalah asset pribadi yang paling penting bagi manusia apalagi ketika mereka telah menjalani hari tua yang oleh orang di negeri tercinta lebih populer dengan sebutan "usia senja". Secara alami penurunan kemampuan tubuh dalam hal kemampuan penglihatan, pendengaran, bergerak hingga berfikir akan mengalami penurunan. Namun setidaknya kita dapat menghambat percepatannya dengan pola hidup sehat yang dianjurkan oleh ahli kesehatan sejak dini di usia yang relative masih muda. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, susu dan sayuran dan berolahraga. Kesehatan juga erat hubungannya dengan usia dan harapan hidup yang lebih panjang. Namun Kesehatan saja tidak dapat sepenuhnya menjamin kehidupan yang berbahagia di hari tua, anda harus memikirkan persiapan lain dan belajar dari para orang yang telah menjadi tua.

4. KOMUNITAS JANGKA PANJANG
Komunitas jangka panjang termasuk keluarga dimana anda dapat berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan sosial seperti perhatian, cinta dan menyumbangkan buah pikiran anda, berolahraga bersama.
Memelihara komunitas ini tetap berlanjut memang bagus agar kita tetap terurus secara sosial hingga sampai ke hari tua. Namun setiap waktu dalam hidup akan terjadi banyak perubahan. Satu komunitas tentu tidaklah cukup. Keluarga adalah komunitas utama dimana orang bisa saling berbagi menghormati dan di hormati. 

5. KELUARGA
Saya menganjurkan agar orang berkeluarga, itu adalah tuntutan alami ras manusia untuk melanjutkan hidup dan keberadaan kita dengan berketurunan. Sifat hubungan yang paling alami adalah perkawinan antara manusia berjenis kelamin laki laki dengan manusia berjenis kelamin prempuan. Berkeluarga akan menghasilkan interaksi dua arah, berbagi kehidupan hingga berketurunan. 

Keturunan kita akan melanjutkan perjuangan atau menemukan hal hal baru diluar impian kita. Namun harapan terbesar seorang tua hingga saat ini adalah agar anak anak mereka tumbuh menjadi seorang yang berguna, baik dan sukses sehingga dapat merawat mereka di hari tua kelak. Kenyataan banyak juga anak anak yang akhirnya gagal memenuhi harapan orang tuanya bisa jadi disebabkan oleh banyak hal: Pendidikan yang kurang memadai, tekanan psikologis dari lingkungan hingga kemampuan adaptasi seorang anak terhadap perubahan zaman.


6. BIASAKANLAH HIDUP SEDERHANA DARI MUDA
Lho apa hubungannya dengan persiapan menuju hari tua? Sangat banyak hubungannya! Kebiasaan hidup sederhana itu dapat berpengaruh terhadap kesehatan, keindahan hingga rasa hormat manusia terhadap anda. Saya tidak perlu menjelaskan manfaatnya secara detil. Biasanya orang sederhana itu genius & cerdas karena tidak terpengaruh dengan kelebihan materi. 

Dengan hidup sederhana anda tidak perlu terlihat terlalu jatuh ketika berada dalam kesulitan hidup, seperti persoalan finansial, interaksi sosial dst. Kesederhanaan akan membuat anda diterima dikalangan atas dan juga di kalangan bawah strata sosial. Secara konsisten menunjukan kesederhanaan akan mendatangkan rasa hormat orang orang disekeling anda.
Kemewahan nampak begitu menarik, tetapi itu hanya sementara dan tidak dapat dipertahankan terus menerus secara finansial, emosional dan rasa keadilan sosial. 

Secara finansial keuangan anda akan tergerus oleh hal sia sia, seharusnya uang dan kekayaan anda dapat anda manfaatkan untuk menolong orang lain yang dalam kesusahan. Memamerkan kemewahan hanya akan menunjukan bahwa orang tersebut belum dewasa dalam menghadapi kehidupan ini.

Secara emosional anda akan berubah dan ketika itu terjadi anda akan menyesali apa yang telah anda buang secara sia sia: Kesempatan hidup yang layak di hari tua dan secara psikologis itu akan menyakitkan bagi sebagian orang tidak mampu, bagi keluarga dan juga diri anda sendiri.

7. HARAPAN HIDUP MANUSIA DIMASA DEPAN
Dengan teknologi tidak disangkal orang dapat memperpanjang harapan hidup. Stephen Hawkings tidak memiliki kemampuan motorik untuk menggerakan tubuhnya sejak muda hingga ke hari tuanya di saat sekarang. Dia memiliki status sebagai ilmuwan fisika hingga tetap dihormati sampai sekarang. Terlepas dia tidak percaya agama apapun, status itu telah menolongnya menghadapi hari tuanya. 

Dimasa yang akan datang para ahli akan merancang motor motor yang dapat diaplikasikan untuk menggerakan raga manusia dan tentu ini akan berguna bagi para lansia. Beberapa jenis pengobatan modern juga telah melibatkan organ organ buatan yang dapat menggantikan fungsi jantung, otot buatan hingga pendengaran. Kedepannya hal hal maju untuk kemanusiaan akan kita dengar dan bahkan kita saksikan sendiri di dunia ini.
Namun, kita tidak dapat menafikan: Untuk menggunakannya kita membutuhkan beaya.


Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

0 Response to "HARI INI PERSIAPAN MENUJU HARI TUA ITU SANGAT PENTING!"

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel