4 PENEMUAN YANG AKAN BERTENTANGAN DENGAN AJARAN AGAMA


1.TRANSPLANTASI KEPALA MANUSIA.

Beberapa waktu lalu dunia terkejut oleh pernyataan seorang peneliti Italia bernama Sergio Canavero, dia merencanakan transplantasi kepala manusia. Amerika menolak dijadikan tempat yang memfasilitasi percobaan gila ini. Maka itulah dr. Sergio memilih Cina sebagai lokasi projek transplatasi kepala manusia yang tidak lazim ini.
Sebenarnya rencana ini tidaklah terlalu mengejutkan karena sebelumnya dia dan beberapa ahli syaraf telah melakukan percobaan terhadap hewan anjing dan tikus. Percobaan transplantasi kepala hewan ini telah diklaim sukses dan hewan hewan tersebut bisa bertahan hidup hingga 36 jam, namun prosedur transplantasi kepala manusia ke tubuh yang berbeda jauh lebih rumit.

Canavero menulis makalah yang rinci tentang bagaimana dia berhasil memutuskan sumsum dan menyambungkannya kembali, percobaannya membuat tikus menjadi berkepala dua. Para ahli mempertanyakan prosedur ini, karena kepala terlalu rumit dan ketika terpasang ke tubuh baru harus bisa mengontrol dan mengambil alih perintah mengontrol tubuh barunya.

Namun menurut ahli setidaknya ada 5 Rintangan yang harus dilalui pada saat prosedur ini dijalankan.


  • Menjaga kepala tetap hidup.

Dalam berbagai prosedur transpalantasi organ tubuh harus dijaga agar tetap hidup sampai berhasil dipasangkan ketubuh penerima. Karena begitu dilepas dari tubuh organ manusia akan langsung memulai proses kematiannya, oleh karena itu dokter harus mendinginkan organ tubuh tersebut untuk mengurangi jumlah energi yang keluar agar sel tetap hidup, prosedur pendingan ini hanyalah sebuah cara menunda kematian sehingga melambat daripada semestinya.

Dengan menggunakan larutan garam dingin para dokter ahli dapat menunda kematian sel ginjal selama 48 jam, organ hati selama 24 jam, dan organ jantung selama 5-10 jam. Namun kepala? itu adalah organ yang paling rumit dan kompleks yang dimiliki oleh makhluk hidup dan manusia dan itu adalah rumah bagi otak, mata, telinga, hidung dll. Berapa lama teknologi dapat menunda kematian kepala manusia?

Canavero sendiri mengklaim telah mengatasi hal ini dengan menjaga suplai darah tetap mengalir diantara kepala dan tubuh hewan pengerat.


  • Sistem imun.  

Sistem imun pasien biasanya mendeteksi organ asing dan melakukan penolakan setelah melalui pembedahan untuk memasangkan organ tubuh donor ke tubuhnya. Tubuh manusia memiliki antigen pada setiap selnya. Para ahli berpendapat risiko penolakan organ kepala terhadap tubuh asing terlalu besar apalagi jika diaplikasikan terhadap transplantasi kepala ketubuh manusia.


  • Kecepatan operasi.

Kecepatan proses pemindahan kepala ketubuh donor adalah mutlak dilakukan untuk menghindari kerusakan organ kepala yang tidak dapat dihindari. Menurut para ahli Canavero harus bisa melakukan operasi dan menyelasaikannya dalam waktu kurang dari satu jam.


  • Menyatukan tulang sum sum.

Agar dapat berkomunikasi dan mengontrol tubuh barunya, sum sum tulang belakang dan otak harus tersambung dengan mulus. Canavero berencana membuat pasien koma dalam satu bulan demi menyambungkan tulang belakang tersebut. Jika tidak syaraf yang membentuk tulang belakang akan berbenggol dan bengkok dan berakibat fatal bagi pasien.

Akan tetapi koma sepanjang itu akan menimbulkan masalah baru, karena selama ini secara medis terbukti mampu mengakibatkan insfeksi dan pembekuan darah.


  • Hukum dan regulasi.

Sebelum dilakukan terhadap manusia tentu saja eksprimen terlebih dahulu harus dilakukan terhadap hewan. Uji coba dengan memotong kepala dan tubuh hewan saja sudah dianggap sangat kejam oleh undang undang Amerika, maka tidak heran Canavero merencanakannya di Cina. Tentu saja jika percobaan ini berhasil akan menjadi sebuah prestasi yang mengagumkan di dunia medis. Dan Cina akan lebih mengukuhkan diri sebagai adidaya sains dan teknologi.

Di perkirakan akan ada gelombang protes sekalipun kelak banyak manusia hidup normal setelah kepalanya di transplantasi, namun ibarat gelombang dilautan akan reda setelah manusia melihat kepada fakta dan menjadi terbiasa.


2. KLONING MANUSIA SEMAKIN MENDEKATI KENYATAAN.

Sebelum kita berhenti mengerutkan dahi membaca ulah dr. Sergio Canavero. Lagi lagi di Cina tercatat sebuah kesuksesan kloning yang mendekati "utak atik" kodrat manusia sebagai makhluk yang paling mulia. Manusia secara teknis ternyata tidak jauh berbeda dengan hewan. Tidak ada yang spesial, jika mesin dapat di utak atik, kode kode software bisa di edit, tubuh manusia juga sama: Raga manusia dapat di perbaiki, dan kode genetikanya dapat di edit dan di kloning.

Kita masih ingat pada tanggal 5 Juli tahun 1996 (lebih kurang 20 tahun yang lalu) domba kloning pertama telah "diciptakan" domba yang dikloning dari sel domba dewasa itu bertahan hidup hingga 6 tahun. Semenjak itu penelitian terus dilakukan dan menghasilkan pengungkapan rahasia DNA dan gen manusia melalui percobaan terhadap hewan. Kita tidak dapat membayangkan jika kloning dan pengeditan genetika telah sedemikian majunya pada suatu hari kelak. Bisa saja manusia dikloning silang dari makhluk lain.

Dan di awal tahun ini 25 Jan 2018, ilmuwan Cina mengumumkan kesuksesan mereka mengkloning  monyet yang sama identik, benar benar identik sehingga menjadi gambaran betapa mudahnya suatu hari kelak bagi ilmuwan menciptakan manusia menurut selera mereka. Kerena setelah keberhasilan ini sangat terbuka keberhasilan mengkloning manusia dengan cara yang lebih aman dan canggih.

Tentu saja hari ini percobaan tersebut masih akan ditentang oleh masyarakat dunia karena bersinggungan dengan nilai kemanusiaan yang sedang mereka anut. Namun setiap temuan biasanya akan di ikuti oleh kemajuan dan pencapaian. Artinya pengaplikasiannya terhadap manusia hanya tinggal menunggu waktu...


3.ROBOT SEX

Ini sedang berlangsung di dunia dan para ahli robot diam diam sedang menciptakan robot wanita seksi yang semakin sempurna, memiliki kepribadian, kecerdasan dan memiliki kesadaran humanoid.. Namun bukan hanya robot  wanita, robot robot seks pria juga tidak mau kalah mulai eksis menjadi bagian paling mahal dari sex toy di dunia.
Kita tidak perlu membayangkan filem sci fi, kita melihat kepada fakta betapa banyaknya pemesan robot ini telah menjadi gambaran perubahan perilaku seksual. Dan para pelaku bisnis mulai melihat peluang ini dan memanfaatkannya menjadi peluang usaha. Tentu saja para penanam modal tidak akan tinggal diam mengambil peluang keuntungan finansial. Aliran modal ini akan menciptakan persaingan yang merangsang kemajuan Robot dengan AI, (Artificial Inteligent) dan pada akhirnya berujung kepada munculnya makhluk baru berjenis Robot AI, tak pelak itu akan menjadi saingan manusia sungguhan.

Kita telah disuguhkan oleh kemajuan Cina dalam menumbuhkan organ tubuh buatan dari daging manusia itu sendiri berdasarkan gen. Misalnya menumbuhkan telinga di paha seorang yang telah kehilangan telinga pada saat kecelakaan, telinga yang ditumbuhkan diciptakan berdasarkan gen telinga itu sendiri dari sisa luka telinga pasien yang hilang. Telinga ini ketika dicangkokan tidak mengakibatkan penolakan oleh sistem imun tubuh pasien karena memang berasal dari sel tubuhnya sendiri.

Namun beberapa alternatif organ bionik juga apat menjadi pilihan pada zaman sekarang, dan pada lain kasus manusia ingin menciptakan manusia bionik yang mandiri sepenuhnya seperti robot robot pemuas sex baik bagi manusia laki laki maupun manusia prempuan.

Zaman memang akan berubah menjadi sangat jauh berbeda daripada sekarang. kita juga tahu kita telah berubah jauh ika dibandingkan dengan orang orang terdahulu. Tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri...


4. SINGULARITY

Singularity akan semakin mendekati kenyataan dimana manusia berhasil memindahkan kecerdasan dan kesadarannya dari tubuh fisik ke tubuh virtual dan avatar melalui teknologi dan komputasi.

Saya telah menulis tentang hal ini pada artikel lain, namun saya mengulanginya mengapa singularity semakin mendekati kenyataan:

  • KITA AKAN MENINGGALKAN HUKUM MOORE.

Dalam 50 tahun terakhir teknologi industri telah memenuhi ramalan Moore, sebuah prediksi terkenal dari Gordon Moore co-founder Intel bahwa jumlah transistor pada microchip akan menjadi berlipat ganda pada setiap 18 bulan (satu tahun, enambulan) dan hal itu membuat ukuran pendingin komputer dapat digenggam didalam telapak tangan manusia.
Sekarang kita telah mencapai batas teori itu dan prosesnya sedang melambat, persoalannya adalah anda hanya dapat meringkas ukuran transistor sebelum efek kuantum diantara atom menyebabkan mereka gagal berfungsi. Selagi teknologi chip masih dalam proses perjalanan berkembang, kita tidak bisa mencurangi hukum alam. Hukum Moore akan berhenti pada tahun 2020.

Namun Kurzweil telah menunjukan bahwa microprosesor adalah pradigma kelima daripada pemrosesan informasi menggantikan teknologi teknologi tua seperti elektromechanical relay, tabung vacuum dan juga TRANSISTORS tadi. Dia juga berargumen bahwa jumlah transistor yang banyak pada sebuah chip adalah cara yang kejam untuk ukuran performa kinerja perangkat keras, dan juga harus dipertimbangkan kalkulasi beaya $1000/transistor.

Dan giliran Kurzweil menjadi benar, ketika proses menjejalkan lebih banyak transistor ke dalam wafer silikon sesungguhnya sangat lambat, kita menemukan sebuah cara lain untuk mempercepat kinera mesin secara keseluruhan, seperti komputasi kuantum, chip neuromorphic, dan tumpukan 3D. Kita bisa berharap untuk mempercepat kemajuannya dalam beberapa dekade mendatang.


  • ROBOT MELAKUKAN PEKERJAAN MANUSIA

Industri robot pertama, tidak bernyawa, tiba di GM assembly tahun 1962, melakukan pengelasan auto body bersama. Semenjak saat itu otomatisasi masuk kedalam kehidupan kita, bermula dari mesin kasir otomatis di tahun 1970-an, hingga ke mesin vacuum automatis roomba di tahun 2002, kinerja mesin terus meningkat dan menggantikan manusia.

Hari ini kita mulai membalikan keadaan, Robot yang berfikir membuat robot seperti Baxter dan Sewyer, yang dapat bekerja dengan aman dilingkungan manusia dan mampu mempelajari tugas tugas baru dalam hitungan menit. Robot robot militer adalah hal biasa di medan perang dan kalangan prajurit. Dibuat berdasarkan ikatan emosional mereka sehingga merasakannya ketika mereka harus melihat kematian saudara saudara android mereka (robot robot cerdas berotak android)

Dan jangan anda mengira automatisasi dibuat hanya untuk keahlian rendah yang hanya menangani pekerjaan pekerjaan mekanik, robot juga menguasai keahlian nyata dan tinggi. Sebuah buku yang ditulis oleh mesin (robot) juga telah diterima pengajuannya untuk sebuah prestise penghargaan sastra Hoshi Sinichi di Jepang.

Masa depan adalah otomatisasi, Departemen pertahanan AS sudah melakukan eksprimen dengan chip yang ditanamkan kedalam otak tentara, dan Elon Musk mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengkomersialkan teknologi yang sama. Sementara kekuatan teknologi terus tumbuh secara eksponensial, komputer akan berkembang seribu kali lipat lebih maju daripada sekarang dalam 20 tahun mendatang. Dan para robot akan mengambil alih lebih banyak tugas tugas manusia.


  • KITA SEDANG MENGEDIT GEN

Di tahun 2003 para ilmuwan telah mempetakan seluruh genom manusia, artinya manusia telah mampu menciptakan manusia dengan terbongkarnya rahasia penciptaan itu, tinggal membuat manufakturnya, maka tubuh tubuh bernyawa yang dinamakan manusia akan bisa dibuat, diedit dan disilang silang sesuka hati. Rahasia penciptaan adalah moulding atau "mal/tuangan" yang bernama genom dan gen dan jika seluruhnya telah diketahui proses penciptaannya sesuai cetak biru segala sesuatu akan hidup dalam dunia!

Untuk pertamakalinya kita akhirnya mengetahui dengan teramat nyata gen yang mana yang bisa memulai menjalankan fungsi mereka. Hanya dua tahun setelah itu, ditahun 2015, pemerintah Amerika mulai mengkomplai kanker genom Atlas, yang membuat para dokter mampu mentarget kanker berdasarkan gen manusia.

Kini, para ilmuwan memiliki alat baru pada disposal mereka yang disebut CRISPR, yang membuat mereka mampu mengedit gen manusia, bayangkan kemajuan ini benar benar hanya menunjukan bahwa tubuh dan jiwa manusia dijalankan tidak lebih hanya daripada mesin alam. Mesin bisa dihidupkan dengan pengapian yang berasal dari bahan bakar, manusia dapat dihidupkan dan mendapatkan nyawanya dengan mengikuti "manual book" dalam peta genom ini. Sekali lagi dengan alat tersebut para ilmuwan kini bukan hanya dapat mengedit gen dengan mudah dan murah, namun juga menjadi jalan untuk menonaktifkan virus, mengatur aktivitas cell, menciptakan kekebalan dan bahkan merekayasa ragi untuk dijadikan bahan bakar mobil.

Namun Teknologi juga menghasilkan kontroversi yang tidak kecil, ketika kita mulai mengedit kode kode gen kehidupan, lalu sampai dimana kita baru bisa berhenti? Apakah kelak kita tidak menciptakan monster super? Apakah kita akan segera mendesain bayi bayi hebat dengan kemampuan mengedit gen tersebut? Bayi dengan warna mata yang kita inginkan, dengan kecerdasan melebihi Einstein dan dengan fisik kuat tanpa penyakit? Haruskah kita merobah genom nyamuk di Afrika sehingga mereka tidak lagi meyebabkan malaria?

Dan banyak pertanyaan pertanyaan etika yang diajukan dalam ruang fiksi sains. Akan tetapi berbentur dengan ide singularity, faktanya hal tersebut begitu nyata dan akan segera menjadi kenyataan.

MASA DEPAN TEKNOLOGI  AKAN SANGAT MANUSIAWI

Ide pencapaian teknologi singularity adalah KESENANGAN dan sekaligus KENGERIAN. Pada saat kelak prospek kekuatan teknologi beratus kali lipat daripada yang kita miliki hari ini, maka hari ini terbukalah sepenuhnya segala kemungkinan baru, karena hal itu juga akan menyertakan bahaya. Seperti apa kelak otomatisasi akan menciptakan kemampuan para robot? Apakah mereka independent dan tidak memberontak terhadap penciptanya? Dan lalu gen yang mana aman untuk di edit dan yang mana yang tidak?

Seperti membuka kotak Pandora yang tidak kita ketahui rahasia apa dibaliknya, disana juga terdapat bukti bahwa teknologi telah menghancurkan lapangan kerja untuk manusia yang semakin membludak populasinya di atas permukaan kerak bumi ini, membuat pendapatan menjadi stagnan dan menurunkan kualitas hidup manusia. Dan saat ini proses kemajuannya semakin dipercepat - suka atau tidak suka - itu telah terjadi. Kita mulai berhadapan bahwa teknologi tidak dapat menolong kita, seperti perselisihan akan kesenjangan sosial yang diakibatkannya. Negara negara berkembang akan merasakan dampaknya.

Seiring waktu otomatisasi merambah ke industri, konflik lapangan kerja tidak dapat dihindarkan, tergantung kepada pemilik usaha dan kebijakan pemerintah. Jika margin keuntungan dan pertimbangan otomatisasi tidak dapat diakurkan, pemerintah harus duduk bersama pengusaha. Apapun masa depan teknologi kelak, segala keputusan terakhir harus berada di tangan kita: Ras Manusia.


Comments

  1. Nomer 1 kayanya ngaco banget ya....

    Semua pion dia atas bener-bener bertentangan dengan agama...

    Hadehh.. manusia memang ada-ada aja...

    Manusia ilmunya belum ada apa-apanya dengan yang maha kuasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manusia bermain sebagai Tuhan benar benar terlihat mengerikan pada awalnya...

      Delete
  2. Anda seorang master SEO? atau yang sedang belajar SEO dan ingin menjajal kemampuan SEO anda?

    Ayo ikuti kontes SEO di itu99 dengan total HADIAH Rp.30.000.000


    Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018
    Hadiah akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Untuk info lebih lanjut, klik link ini : www.itu99(dot)org/kontes

    ReplyDelete
  3. Akankah peradaban manusia akan tergantikan oleh AI?

    ReplyDelete

Post a Comment