3 TABLET PREMIUM LAMA YANG MASIH LAYAK UNTUK DI MILIKI DI TAHUN 2018

Tidak terasa tahun baru 2018 telah berjalan dan tulisan kali ini di khususkan untuk  berbagi informasi perihal tablet Android sebagai masukan para teman teman yang menginginkan membeli tablet bermerek yang benar benar premium dan berkualitas namun dengan harga terjangkau dan sangat pas buat para blogger. Pertimbangan saya mengapa harus tablet Android, mengapa bukan iPad, akan saya jelaskan di akhir postingan ini.

1. TABLET SAMSUNG (SAMSUNG TAB S2 9,7)

SPESIFIKASI:
SIM CardGSM/HSPA/LTE
Ukuran (P x L x T)237.3 x 169 x 5.6 mm
Bobot/Berat389g (Wi-Fi) / 392g (LTE)
Teknologi LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Luas Layar9.7 inches, 1536 x 2048 pixels (~264 ppi pixel density)
MemorinyaInternal  32 GB / 64 GB, Eksternal microSD, up to 256 GB (semenjak update terakhir kemampuan membaca kartu telah meningkat dari 128 GB)
RAM3 GB
Sistem OperasinyaAndroid OS, v5.0.2 (Lollipop)
Dapur PacuExynos 5 Octa 5433, CPU Quad-core 1.9GHz & quad-core 1.3 GHz
GPUMali-T760 MP6
Kecepatan InternetnyaHSPA, LTE
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1,  Port MicroUSB 2.0
NavigasiA-GPS, GLONASS
Kamera Utama8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, Video 1440p@30fps
Kamera Depan2.1 MP
Kapasitas BateraiNon-removable Li-Ion 5870 mAh
Fitur AndalannyaFingerprint sensor
Kelebihan Galaxy Tab S2 9.7 
  • Dilengkapi chipset 64 Bit dengan CPU Octa Core terbaru
  • Menjadi tablet Android tertipis didunia dengan ketebalan 5.6 mm
  • Android Lollipop dengan Ram 3 GB
  • Didukung konektivitas LTE
  • Memiliki fitur pemindai sidik jari
  • Layar beresolusi tinggi dengan teknologi Super Amoled
  • Harga sekarang telah turun drastis 3,5 jutaan
Kekurangan Galaxy Tab S2 9.7 


  • Body terbuat dari bahan pelastik (Namun bobot tablet ini menjadi sangat ringan
  • Kamera depan masih 2,1 mpix (sementara Tab s3 telah 5 mpix)
  • Mungkin tidak akan didukung update android 8.0


Sudah hampir 3 tahun semenjak di rilis pada tahun 2015 yang lalu, tablet ini masih memiliki kelebihan dalam hal konektivitas, kecepatan dan kestabilannya.  Saya masih menggunakannya saat menulis artikel ini. Berkat dapur pacu exynos 5 octa 5433 dan CPU quadcore dan RAM 3GB, melakukan pekerjaan dengan menggunakan tablet ini terasa sangat membantu menghilangkan stress akibat perangkat laptop yang kadang "ngelag"  saat bekerja saya menggunakan bluetooth keyboard merek samsung atau papan ketik external yang usianya sudah 4 tahunan.



Dengan sebuah tablet ini kita dapat bekerja melakukan pengetikan sambil chatting di  WA atau menelpon seseorang layaknya seperti sebuah fungsi hape. Hal ini dimungkinkan karena tablet ini telah memiliki kemampuan multi windows. Membuka beberapa aplikasi sekaligus.
Anda bisa masuk ke Browser, terutama chrome dan menikmati pengalaman ngeblog dari awal: dari membuat konten, menginsert gambar, merobah tampilan blog hingga mengedit HTML. Persis pada saat kita menggunakan laptop dengan platform windows. Harga pertama ketika dipasarkan berkisar 9 jutaan di tahun 2015 lalu, namun saat ini dipasaran telah dijual seken tab ini bergaransi toko dengan harga berkisar 3,5 jutaan.

2.LENOVO YOGA TAB 3 PLUS

Jangan salah ya karena Lenovo yoga versi versi biasa tanpa embel embel "plus" di rilis pada tahun 2014 dengan spek dibawahnya. Kelebihan Lenovo Yoga dengan harga 3 jutaan ini adalah kekuatannya yang juga setara dengan netbook dalam melakukan pekerjaan ringan perkantoran. Dengan tablet ini anda tidak perlu lagi menggunakan laptop buat ngeblog.

Lenovo yoga Tab 3 plus di rilis dalam versi seluler dan wi fi only telah memiliki stand untuk mendudukannya dengan segala posisi dalam beberapa derajat yang dirasa enak, jadi hanya tinggal melengkapinya dengan sebuah keyboard bluetooth tipis tablet ini siap menggantikan fungsi laptop buat anda bekerja dan berkarya. Harga tablet ini juga pada saat sekarang sudah sangat murah yakni dalam kisaran 3,5 jutaan dibanding harga pertama dipasarkan sekitar 6 jutaan , namun speknya tidak dapat diremehkan. Tablet ini bisa menjadi alternative pengganti laptop/notebook.


SPESIFIKASI:

SIM CardGSM/HSPA/LTE/Wi Fi Only
Ukuran (P x L x T)247 x 171 x 8.9 mm (9.72 x 6.73 x 0.35 in)
Bobot/Berat509 g (1.12 lb)
Teknologi LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Luas Layar1920 x 1200 pixels, 16:10 ratio (~224 ppi density)
Memorinya64 GB, 3 GB RAM or 32 GB, 2 GB RAM. microSD, up to 64 GB (dedicated slot)
RAM2 GB
Sistem OperasinyaAndroid 6.0.1 (Marshmallow)
Dapur PacuMediatek MT8161, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53, 
GPUMali-T760 MP2
Kecepatan InternetnyaHSPA, LTE
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1,  Port MicroUSB 2.0
NavigasiA-GPS, GLONASS
Kamera Utama8 MP autofocus
Kamera Depan5 MP
Kapasitas BateraiNon-removable Li-Ion 7000 mAh battery
Fitur Andalannya-
Kelebihan Lenovo Yoga Tab 3 plus
  • Kamera depan lebih besar 5 MP
  • Harga lebih murah di banding Samsung Tab s2
  • Didukung konektivitas LTE
  • Harga sekarang telah turun drastis dikisaran  4 jutaan
Kekurangan Lenovo Yoga Tab 3 plus 


  • Tidak ada sensor sidik jari
  • RAM hanya 2 GB
  • Mungkin tidak di dukung update Android 8.0
  • Body plastik

Menilik dari spesifikasi hardware diatas perangkat yang satu ini benar benar cocok buat seorang blogger yang selalu bepergian buat cari bahan tulisan misalnya blogger wisata dan petualangan. Melihat harga yang murah dengan kamera yang boleh dikatakan lebih tinggi speknya dibanding dengan tablet Tab S2 samsung kelebihan tersebut tidak tanggung tanggung: kamera depan 2.1 (samsung) 5.0 (Lenovo).

3. XIOMI MI PAD 2

Produsen gagdet asal Cina yang akhir akhir ini semakin terkenal dengan produk ponsel pintar Xiominya yang canggih dengan harga terjangkau  juga membuat lini tablet yang bernama Mi Pad 2. Mi Pad 2 mungkin tidak sebaik Samsung Tab S 2 dan Lenovo yang dilengkapi dengan opsi koneksi seluler namun dalam hal menopang pekerjaan UI Xiominya yang simpel dalam menggunakan Mi Pad 2 seolah kita menggunakan iPad Air. Di pasaran kini Mi Pad 2 telah dijual dengan harga 3 jutaan. Perhatikan Spesifikasinya di bawah ini:

SPESIFIKASI:

SIM CardNO CELLULER, WI FI ONLY
Ukuran (P x L x T)200.4 x 132.6 x 7 mm (7.89 x 5.22 x 0.28 in)
Bobot/Berat322 g (11.36 oz)
Teknologi LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Luas Layar7.9 inches, 190.9 cm2 (~71.8% screen-to-body ratio), 1536 x 2048 pixels, 4:3 ratio (~326 ppi density)
Memorinya64 GB, 3 GB RAM or 32 GB, 2 GB RAM. Tidak mendukung micro SD card 
RAM2 GB
Sistem OperasinyaAndroid OS, dengan opsi Windows 10 untuk tipe 64GB
Dapur PacuQuad Core 2,24GHZ, intel Atom X5-Z8500
GPUIntel HD Graphic
KecepatanLTE
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth
NavigasiGPS
Kamera Utama8 MP autofocus
Kamera Depan5 MP
Kapasitas BateraiNon-removable Li-Ion 6190 mAh battery
Fitur Andalannya-
Kelebihan Xiomi mi pad 2
  • Kamera depan lebih besar 5 MP
  • Dual OS: Android dan Windows 10 (untuk Versi 64 GB) 
  • Harga sekarang telah turun drastis dikisaran 3,5 jutaan
  • Body metal
Kekurangan Xiomi mi pad 2
           
  • RAM hanya 2 GB
  • Hanya WiFi (tidak dilengkapi kartu seluler)

Nah dengan OS Windows 10 home (versi 64GB) segala kebutuhan dasar laptop konvensional rasanya sudah dapat di penuhi oleh tablet Xiomi. Dengan kecepatan dapur pacu quad core 2,4 GHZ di kombinasikan dengan chipset intel atom Xiomi 64 GB adalah sebuah laptop dalam bentuk tablet yang desainnya mirip iPad, apalagi GPUnya adalah intel HD Graphic.

Keyboard bluetooth yang cocok buat mipad 2 adalah keyboard yang biasa dipakai untuk iPad karena dimensi kedua perangkat ini sangat mirip namun hampir semua jenis dan merek keyboard bluetooth cocok buat mipad.

Sayangnya dalam hal konektivitas, mi pad 2 membutuhkan wi fi untuk terhubung ke internet. Ini cocok buat orang yang suka nongkrong di kafe dan memanfaatkan host pot wi fi di sana. Namun secara umum dan keseluruhan mi Pad 2 memiliki kecepatan yang tidak mengecewakan. Anda bisa membuktikan kecepatannya bisa melebihi laptop, mungkin karena daya kompresnya yang tinggi sehingga terasa begitu enteng pada saat bersilancar dan menulis di website.


Mengapa saya menempatkan Samsung Tab S 2 di urutan pertama adalah karena kemampuannya membaca kartu SD hingga 256GB, kecepatan dan kemampuannya membuka browser bagaikan di laptop windows pada saat membuat konten blog, dimensi fisik yang tipis dan ringan layak menjadi pertimbangan untuk memilki tablet yang satu ini.

Tablet tablet diatas adalah tablet yang tidak akan mendatangkan masalah pada saat digunakan untuk menulis di website atau blog anda. Jika anda mempertimbangkan sistem keamanan anda juga masih bisa melakukan penulisan sebuah naskah secara offline di aplikasi microsoft office word, atau jenis aplikasi serupa lainnya yang banyak disediakan di Play Store Android. Anda dapat memasang sistem anti virus terpercaya seperti layaknya pada saat anda menggunakan sebuah PC Windows.

MENGAPA BUKAN iPad Air?
Beberapa kendala setelah perangkat iPad lama setelah di update ke iOS 11 adalah kecepatan. Saya masih memiliki iPhone 6 dan iPad Air dan pada saat saya update ke sistem iOS 11, kecepatan tablet dan iPhone saya menurun drastis. Ada yang kurang pada saat browsing menggunakan browser bawaan safari dan juga browser unduhan dari App Store di iPad Air, yakni kemampuan membuka browser secara total layaknya sebuah laptop nampak begitu lelet. Terakhir di katakan usia battery pada perangkat perangkat iOS tua mempengaruhi kinerja perangkat iOS. Tetapi melakukan penggantian battery perangkat Apple tidaklah murah.
Namun dalam hal kekuatan dan keamanan iPad patut di acungkan jempol dan itu jauh lebih baik daripada sebuah tablet Android manapun. Alasannya adalah iOS mendesain setiap aplikasinya berbeda untuk perangkat iPhone dan iPad. Setiap aplikasi yang dipasang di iPad memang di optimalkan untuk iPad dan tidak akan cocok untuk iPhone. Misalnya pada saat menggunakan Adobe Photoshop iPad Air jauh lebih baik daripada iPhone apalagi tablet Android.

Sementara itu Android jarang membedakan aplikasi yang cocok buat kelas tabletnya. Umumnya setiap aplikasi yang cocok buat ponsel Android dapat di instal dengan mudah di Tablet Android.

Sekali lagi karena artikel ini merekomendasikan perangkat lama dengan kecepatan sebuah laptop saat bekerja di web, maka perangkat iOS terbaru seperti iPad pro tidak termasuk dalam pengecualian. Tidak diragukan iPad pro memang nyaris sempurna buat menggantikan sebuah laptop, akan tetapi pertimbangan harga membuat perangkat prremium seperti itu untuk sementara tidak dapat dimasukan ke dalam kategori perangkat yang mudah di miliki.

Rekomendasi pembelian:
Dapat anda cari di Batam, Singapore atau pembelian secara online. Kebanyakan produk diatas saat ini dijual dalam bentuk barang seken.

5 Responses to "3 TABLET PREMIUM LAMA YANG MASIH LAYAK UNTUK DI MILIKI DI TAHUN 2018"

  1. memang cukup layak dimiliki Mbak,,,, apalagi diberi gratisss,,,,hehehe

    ReplyDelete
  2. he he he celaka semua orang anggap gratis

    ReplyDelete
  3. Saya masih punya Lenovo Yoga Tablet 10, cukup okelah untuk pekerjaan ringan

    BTW nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, yoga dulu pernah jadi pavorite pada zamannya he he he

      Delete

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel