Skip to main content

3 ALASAN MENGAPA KECERDASAN OTAK TIDAK BEGITU BAIK BAGI SUATU HUBUNGAN

Akhir akhir ini anda mungkin disuguhi oleh berita politik, perampokan, korupsi di media massa, tidak masalah bagaimana caranya anda menanggapi berita perampokan, pembunuhan dan insiden di jalan raya, namun tanpa anda sadari otak bekerja memilah-milah informasi tersebut, menyesuaikan nya dan kemudian menyimpan informasi yang telah dipilih untuk ditempatkan pada "rak"nya masing masing di dalam memori, disana juga terdapat daftar tanggapan yang pantas yang anda berikan jika anda menemukan pengalaman yang sama.

1. KARENA OTAK BERLOGIKA, MEMBUAT MANUSIA JADI DINGIN DAN KESEPIAN
Dan malam yang dingin datang, gerimis membasahi jalan yang sepi ketika anda berkendera anda melihat seorang lelaki jalan kaki. Dalam hati anda ingin menolong lelaki tersebut dengan memberikan tumpangan, tapi nanti dulu, otak sedang bekerja menampilkan informasi: Perampokan di jalan raya dengan modus meminta tumpangan dan daftar tanggapan segera memenuhi syaraf: Jika anda memberikan tumpangan lelaki itu akan segera memasuki kenderaan, beberapa menit kemudian pada saat melewati persimpangan yang lebih sepi dia akan menodongkan senjata.

Ingat kasus perampasan kenderaan yang terjadi di Jalan sepi, kenderaannya di rampas lalu orangnya di bunuh dan mayatnya di buang ke selokan. Si perampas kemudian kabur membawa kenderaan.

Sederet info lain dalam bacaan di dalam genom anda juga di tampilkan dengan logika oleh otak: "Ingat tidak semua manusia sejahat itu" bantah hati nurani anda ketika mengingat dan membaca deretan informasi yang memang telah diajarkan melalui ajaran agama, etika dan kultur anda. Tidak semua manusia jahat, contohnya diri anda seniri, ibu anda dan adik adik anda tidak mungkin melakukan perampokan apalagi sampai melakukan pembunuhan keji.

Akan tetapi informasi tentang risiko yang mungkin akan anda terima jika mengabaikan informasi yang telah diolah oleh otak, bahwa kesempatan untuk melanjutkan hidup hanya satu kali, jika anda mengabaikannya maka anda mungkin tidak akan pernah memiliki kesempatan hidup untuk kedua kalinya atau akan mengalami kerugian finansial yang besar.


Membayangkan hal itu anda terus berkendera meninggalkan orang tersebut berjalan seorang diri, melirik ke kaca spion kanan anda sambil memaafkan diri anda sendiri. Mungkin jika orang itu adalah lelaki baik baik, dia tentunya baik baik saja dengan berjalan kaki dan apalagi jika dia sudah terbiasa.

Tentunya setelah anda selamat sampai di rumah anda akan melupakan peristiwa kecil tadi. Tetapi anda harus tahu dalam perpustakaan otak telah dicatat informasi lain, jauh di dalam ruangan yang sepi dan dingin di dalam genom: Peristiwa tadi berisi kesimpulan bahwa dunia terkadang bukanlah tempat yang nyaman dan hangat, bahwa manusia termasuk diri anda sendiri bisa menjadi pribadi jahat dan dingin: tertutup dan saling mengabaikan satu sama lain.


Tentu saja tidak selamanya menjadi pintar lalu meninggalkan perasaan kemanusiaan, menjadi pintar hanyalah bagaimana orang bisa bertahan dan mengatasi persoalan dalam hidup.



2. KARENA OTAK MENGABAIKAN CINTA
Ada beberapa sebab  manusia memiliki personifikasi yang berbeda beda, tetapi lelaki dengan logika yang tinggi biasanya menjadi terlihat lebih dingin pada saat bersikap terhadap sebuah hubungan asmara. 
Beberapa contoh orang genius terlihat gagal bersikap setia dan tetap romantis terhadap pasangannya, Steve Job tentu saja lebih memilih mengikuti arah ke geniusannya daripada hubungannya dengan seseorang walaupun dia tetap bertanggung jawab. Isteri pertama Einstein Mileva Maric walaupun di duga sebagai wanita yang pernah paling dicintai Einstein di atas dunia namun wanita itu menulis:

"Dia hanya hidup untuk ilmu, kami tidak penting baginya, kami selalu ditempatkan di peringkat kedua."

Hubungan mereka berakhir buruk dan bercerai.

Tentu saja kisah ini tidak ada hubungannya dengan setiap orang genius secara pribadi, akan tetapi mengandalkan otak membuat lelaki lebih dingin terhadap cinta terutama pada saat mereka di hadapkan kepada pilihan: Pasangan atau cita cita jangka panjang? Mereka akan memilih dengan matematis, jangan berharap mereka menjadi sentimental. Cinta bagi mereka adalah hanya sebuah proses perubahan kimia di dalam tubuh manusia dan hanya bersifat sementara. Mereka berpikir dengan cepat dan keputusan yang ter pahit adalah meninggalkan atau mengabaikan kekasih mereka.

Dengan menjelaskan ini saya tidak mengatakan anda harus meninggalkan orang yang sangat pintar, saya hanya mengatakan anda harus siap menerima dirinya apa adanya jika anda mencintainya.


3. KARENA OTAK DAPAT "MELUPAKAN" PERSAHABATAN
Lelaki atau wanita yang selalu berfikir logis tampak tidak menderita pada saat kehilangan, mereka dapat mencerna informasi dengan cepat mengabaikan perasaan terluka dan kecewa dan menjadi biasa dalam sekejap.

Tampak seperti tidak memiliki perasaan namun bukan berarti mereka tidak hangat. Yang menjadi masalah adalah mereka memandang kawan dan lawan hanyalah sebuah sistem dan problem yang harus diatasi dengan berbagai cara. Orang Genius sering memandang lawan sebagai objek mereka dan mempelajari mereka lalu menganggap lawan selalu mirip dengan kawan. Mereka menyadari baik dan buruk selalu berdampingan dan saling melengkapi dengan seimbang, seperti kelebihan dan kekurangan saling menutupi. Mereka mengerti lebih baik bahwa keseimbangan hidup harus di jaga dan dipertahankan. Kesadaran mereka relatif lebih tinggi daripada orang kebanyakan.
Jika orang awam membenci seseorang dan ingin orang itu tiada, seorang genius tidak melihat seperti itu. Mereka akan selalu memandang orang yang dibenci oleh perasaan itu pasti memiliki manfaat untuk hidup dan kehidupan secara keseluruhan. 

Hal itulah sebabnya mengapa mereka kadang tampak menjengkelkan seolah tidak memihak kepada anda padahal anda merasa selama ini adalah teman mereka, sebabnya mereka selalu memandang anda tidaklah lebih penting dari orang orang yang mungkin anda dan dia benci sekaligus.

Orang yang terbiasa menggunakan logika kadang mengambil keputusan dengan mudah dan kadang terlihat begitu tidak masuk akal dan mengecewakan orang lain. Namun keputusan itu telah mereka pikirkan dengan baik dan berdampak untuk jangka panjang...

Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

Comments

  1. Kecerdasan ini maksudnya IQ, mungkin ya. Kalau EQ, tentunya bisa jadi artikel lain lagi.

    ReplyDelete
  2. IQ bawaan sejak lahir: mencakup dari yang paling idiot hingga yang paling genius.
    EQ dapat di tanamkan oleh pendidikan, latihan dan disiplin, hingga pengaruh lingkungan.

    Mana yang lebih penting? Dua duanya penting. Tapi kecerdasan lebih menentukan sukses dan tidaknya seseorang dalam hidup dan masa depannya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

KEHEBATAN TEMPLATE CONTEMPO BLOGGER SETELAH DIBERI SENTUHAN MODIFIKASI

Adalah empat template terbaru blogger yang sangat mudah dimodifikasi dengan cara kombinasi melalui opsi blog desainer maupun edit HTML melalui dasbor blogger. ke empat tema tersebut adalah: CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan NOTABLE (atau Terkemuka).
Ke empatnya tidak memerlukan opsi setting mobile sudah cocok buat tampilan PC desktop dan hape/seluler sekaligus. Artinya ya responsive dan mobile friendly.
Kali ini saya pilih contoh hasil pengeditan contempo, anggaplah sebagai update dari tema bawaan, lalu apa yang baru?

Menambahkan tombol "back to top" yang terlihat dengan tulisan "Keatas" sebagai scroll otomatis halaman pada saat di scroll ke bawah pada saat mau mengembalikannya ke atas.Menambahkan Related post di tengah postingan dengan efek font awsome.Menambahkan elemen font awsome, agar fa fa awsome dapat bekerja pada blog ( walaupun tidak semua browser dapat menampilkan font awsome, namun pada umumnya browser-browser besar dan kuat memiliki kemampuan ini)Mengatur ula…

APAKAH SINGULARITY ITU?

Singularity adalah sebuah idealisme tentang masa depan dimana manusia sudah tidak terpisahkan lagi dengan peralatan teknologi, manusia menjadikan kecerdasan atau inteligensianya untuk tetap survive dan menaklukan alam semesta. Pada masanya singularity akan menjadi sebuah keharusan jika makhluk hidup berakal ingin status sebagai "manusia" ukuran dan standard manusia menjadi jelas dilihat dari bagaimana dia memanfaatkan teknologi dalam melangsungkan kehidupan dirinya bersama keluarganya. Dan hal ini bisa berarti manusia telah berevolusi dari makhluk berdarah daging seperti hewan menjadi makhluk energi dengan strata yang jauh lebih tinggi.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Halaman ini akan mencoba menjelaskan ide ini dari sisi yang berbeda.


1. GAGDET
Gagdet pada awalnya mungkin tidaklah begitu penting atau paling tidak sampai sekarang orang masih tidak akan "mati" kalau tidak punya handphone, telivisi, kenderaan bermotor dan lain lain. Tapi anda akan menyadari perubaha…

APAKAH PARA ILMUWAN ITU MEMILIKI AGAMA?

Dan apakah mereka percaya kepada Tuhan, ini beberapa fakta yang menarik yang dapat sedikit mengungkapkan seperti apa pandangan mereka terhadap alam semesta...

Keraguan terlihat ketika orang menganggap seorang ilmuwan mempercayai agama, namun juga terjadi apabila orang menganggap mereka tidak percaya kepada Tuhan, banyak hal yang tersembunyi yang tidak ketahui dalam hidup ini, maka dari itu kita tidak dapat membahasnya disini, namun kita dapat melihat beberapa fakta menarik yang terlihat atau ungkapan yang pernah mereka sampaikan kepada publik. Kita sedang membicarakan empat oran Ilmuwan dan penemu hebat: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin!


1. ALBERT EINSTEIN (lahir 1879, wafat 1955)
Einstein pernah menyatakan: "Ilmu tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu buta" dan pernyataan itu rupanya sering sekali dikutip orang terutama untuk dijadikan sebagai rujukan persepsi atau sudut pandang pembenaran sebuah keyakinan yang dianut oleh orang tersebut terh…
Copyright © AdelinaSasa. All rights reserved.