AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

TEMUAN TEKNOLOGI YANG PERNAH MENJADI EUFORIA HOAX DI INDONESIA

Bahkan seorang presiden dan seorang menteri sempat 2 kali terjebak hoax hoax ini.

Tidak jelas mengapa berita hoax begitu cepat menyebar, bahkan ajaibnya sempat dipercayai oleh para pemimpin tinggi Indonesia, mungkin karena berita berita hoax biasanya tidak pernah tanggung: selalu luarbiasa dan memancing perhatian orang orang yang haus sensasi dan ingin memuaskan rasa ingin tahu dari berita berita yang berbeda.

1. NUTRISI SAPUTRA
Pada tahun 2006 seorang lelaki bernama Umar Hasan Saputra sempat membuat malu presiden SBY karena pupuk ajaib hasil penemuannya. Pupuk ajaib ini disebutkan mampu melipatkan gandakan produksi pertanian dengan sangat signifikan karena pupuk tersebut mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Presiden SBY tentu saja bangga dan memberikan instruksi kepada menterinya agar membantu Umar mengembangkan teknologi hasil temuannya. Karena kalau benar nama Indonesia juga akan harum di antero dunia. Tetapi setelah tim turun kelapangan terungkap temuan saputra hanyalah omong kosong alias HOAX saja.

2. PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hampa)
Di kota Malang Mbah Embing yang nama aslinya Slamet Haryanto pernah membuat menteri Dahlan Iskan kepincut dan bermaksud membeli hasil penemuannya. Betapa tidak, Mbah Embing menemukan sebuah penemuan ajaib: Dia menciptakan sebuah generator yang tidak memerlukan energi apapun (benar benar melawan hukum fisika ya, dan herannya seorang pribadi sekelas menteri tidak terfikir seperti apa hukum fisika energi dasar). Jika temuan itu benar maka gugurlah hukum kekekalan energi fisika. Dan benar juga penemuan itu akhirnya diketahui sebagai hoax atau kebohongan belaka karena si Mbah akhirnya ketahuan menyambungkan aliran listrik diam diam melalui tanah dibawahnya ke generator tersebut.
BERITA LISTRIK TENAGA HAMPA

3. PADI SUPER TOY HL-2
Sama seperti temuan si Umar, kali ini presiden SBY lagi lagi terjebak dengan sebuah penemuan hebat yang bakal mengguncang dunia dan seisinya, sebuah temuan yang mampu membuat hasil panen menjadi 3 kali lipat daripada padi normal. Ini bisa meningkatkan swasambeda nasional, dan kalau benar Thailand akan tengkurap ke bumi karena kalah bersaing dengan Indonesia.

Kita tidak bisa menyalahkan SBY dan para menterinya yang kemudian bergerak untuk membantu pembiayaan proyek padi "super gila" ini. Namun sayangnya menjelang masa panen padi padi super toy tersebut bertumbangan menjadi padi super letoy, tentu saja SBY dan para menterinya kecewa dan juga malu sekaligus.
SUPER TOY MENJADI SUPER LETOY

4. IRON MAN BALI
Entah apa yang dipikirkan oleh pemuda lelaki tukang las ini, dia membuat sebuah lengan robotik dari barang bekas dan rongsokan yang mampu membantu tangannya yang "menderita lumpuh" bekerja dengan cekatan. Beritanya bahkan sampai keluar negeri. Memang bukan salah si Tawan - nama lelaki tukang las itu- kalau akhirnya beritanya menyebar ke seantero negeri salahnya media massa dong, tapi gak juga ya, memang sudah tugasnya media massa memberitakan segala hal. Bahkan Gubernur bali memberikan bantuan untuk mungkin dengan maksud memotivasi kepada si Jenius otodidak Tawan agar meneruskan proyek menciptakan lengan Iron Man-nya.
JARVIS SAJA KALAH

Namun sayangnya tidak ada seorang dokterpun yang pernah menyatakan lengan si Tawan "lumpuh" dan para ahli kemudian turun langsung melakukan penelitian terhadap karya hebat si Tawan, bukan hanya nyambung sistem konektivitasnya aneh, bukan membanding banding sama teknologi nano canggih Amerika yang belum mampu menyamai kecanggihan temuan si Tawan, yang jelas pada akhirnya ditemukan: ternyata temuan Tawan tidak masuk akal alias hoax belaka...

5. PENEMUAN LISTRIK KEDONDONG
Mungkin ini tidak termasuk hoax jika pembaca tidak menaruh harapan terlalu besar kepada bocah bernama Naufal Raziq, Naufal patut diacungkan jempol karena di usia semuda itu telah memiliki inisiatif dalam melakukan percobaan dan mungkin juga penelitian.
Akan tetapi, sebenarnya Naufal bukanlah orang pertama yang menemukan bahwa pepohonan memiliki sumber daya energi listrik dalam jumlah terbatas. Temuan itu telah ditinggalkan oleh para peneliti karena tidak membuahkan hasil apa apa. Akhirnya BPPT (Badan Pusat Pengkajian Teknologi) pun angkat bicara: Pada dasarnya semua jenis makanan mengandung asam yang dapat menjadi sumber energi battery, artinya bukan hanya pohon kedongdong, semua pohon memiliki sumber energi yang sama. Walhasil temuan Naufal belum bisa menghasilkan energi listrik dalam jumlah mencukupi kebutuhan, tidak akan pernah stabil dan dan tidak akan bertahan dalam pemakaian jangka panjang.
Jadi nasib temuan Naufal walaupun bukan hoax berakhir sama: Tenggelam bersama euforia dan dianggap hanya hoax oleh sebagian orang.
TEMUAN LISTRIK KEDONDONG

Kesimpulannya bukan hanya kita yang mudah percaya kepada berita hoax, para pemimpin ternyata juga sama. Namun kita tidak boleh menilai orang lain seburuk prasangka apabila kita memang memiliki prasangka buruk, para pemimpin juga adalah MANUSIA BIASA.

Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

Comments

  1. Hoax memang enak, seperti makanan cepat saji

    ReplyDelete
  2. ALDIRA KREDIT11 December, 2017

    Kalau menurut saya yang terakhir itu walaupun orang orang terlalu berlebihan ekspektasinya, si Naufal boleh juga, ada kemamuan jadi penemu soalnya dibanding sama bapak bapak diatasnya dia masih kecil mana tau jadi penemu beneran suatu hari kelak, temuannya memang untuk sekarang "jauh daripada berguna" secara praktis tetapi semangatnya itu lho...

    ReplyDelete
  3. Korban cintamu11 December, 2017

    wah wah malu maluin, gue sempat pecaya dulu tuh...

    ReplyDelete
  4. verry helpfull post thnx for sharing www.fooday.info

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…