SEPERTI APAKAH TEKNOLOGI 25 - 75 TAHUN KE DEPAN

Teknologi semakin cepat berkembang sangat mengagumkan seolah apa yang pada zaman dulu hanya dapat dilakukan oleh penyihir sakti mandraguna telah dapat di realisasikan oleh teknologi: Sapu terbang, berpindah cepat dari satu kota ke kota yang lain, energi penghancur jarak jauh. Apa sih yang teknologi tidak dapat lakukan? Perbedaannya hanyalah pada media, dulu para penyihir ditakuti, bersembunyi dan misterius, hari ini teknologi begitu terbuka, setiap orang bisa melakukan investasi, inovasi dan penemuan. Persamaannya adalah: Hanya segelintir manusia yang mampu menguasainya termasuk menguasai pengatahuan dan memiliki kekuatan berupa kekuasaan untuk menggunakannya. Dibawah ini adalah daftar teknologi yang akan manusia temui sebagai hal yang lumrah dalam 45 tahun kedepan:

1.KERETA  CEPAT.

Seusungguhnya telah dimulai sekarang akan tetapi dalam perkembangannya hingga 45 tahun kedepan, pengganti kereta api ini akan memiliki stasion bawah tanah dan kecepatannya paling tidak akan meningkat 3-4 kali lipat pesawat jet zaman sekarang. Jangan kamu membayangkan bagaimana berada didalamnya yang mungkin sedang meluncur dalam kecepatan 6-12 kali suara. Biasa biasa saja karena hukum fisika Einstein ternyata belum terbantahkan: pada saat kamu menjadi penumpang sebuah kenderaan yang sedang meluncur dengan kecepatan berapapun, kamu yang berada didalamnya tidak merasa dia bergerak, hanya pengamat diluar yang melihat benda tersebut meluncur cepat laksana kilat. Ini adalah hukum fisika. Dan berada di dalamnya penumpang tetap bisa menikmati minum kopi tanpa getaran, main game hingga berintreaksi secara online seperti di dalam keadaan normal. (Relativity Einstein)

Mungkin jalur jalur kereta ini kelak mulai dibangun hingga mencapai setiap benua.

2. MOBIL YANG MENGENDERAI DIRINYA SENDIRI

Hari ini pengujian mobil yang bisa mengenderai dirinya sendiri telah sukses dilakukan dimana mana bahkan di jalan raya di kota kota  yang tidak terlalu mematuhi aturan lalulintas, kenderaan kenderaan jenis ini mulai memperlihatkan keberadaannya dijalan jalan raya di seluruh dunia, dari Eropa, Asia, Amerika hingga Afrika selatan. Mobil yang dapat memarkir dirinya sendiri dengan aman, mobil yang mampu menghidupkan musik dan membaca pikiran pemiliknya pada saat suka dan duka, mobil yang mampu mengamankan dirinya sendiri walaupun kita tidak menutup mata pada zaman ini orang juga mampu melakukan hack terhadap sekuriti berbasis teknologi. Namun dimasa depan beberapa jenis mobil mobil pintar juga memiliki kemampuan terbang dan memiliki izin operasi yang normal. Regulasi juga akan mempriotaskan mobil aman ini ketimbang mobil kuno yang dikenderai oleh manusia, mobil mobil ini mungkin berguna untuk anak anak dan orang lanjut usia atau bahkan sakan menjadi gaya hidup yang biasa biasa saja pada zamannya.

Peraturan lalulintas pada gilirannya akan berubah perlahan: Jalur jalur terbang kenderaan dan dimana mereka harus mendarat akan ditetapkan.

3.MANUSIA TERBANG
Manusia memiliki impian ingin terbang "bebas" laksana burung, teknologi mampu mewujudkan itu, awalnya agak mengecewakan karena kita harus menumpang besi terbang yang kaku layaknya kapal angkasa, yaitu pesawat terbang. Tidak ada sensasi terbang samasekali, akan tetapi rasanya lebih seperti menumpang perahu yang sedang terbang bukan? Namun itu sempat membuat manusia bangga merasakannya.

Di dubai ada rencana polisi menggunakan motor terbang untuk patroli, disana juga sering di pertunjukan lomba terbang manusia dengan menggunakan jet yang kecil dan dapat dilipat menjadi seukuran ransel, bahkan ski-jet yang mampu terbang melayang layang sebagai hal biasa saja pada hari ini disana.

Namun seiring kemajuan telah ditemukan rekayasa energi yang dapat dimaksimalkan untuk mewujudkan impian manusia agar merasakan sensasi terbang bebas diudara laksana burung, dengan pakaian yang terlihat normal manusia menciptakan mesin tipis dengan energi besar untuk mengangkat dan membuat manusia terbang di angkasa. Jadi urutan evolusinya adalah begini: Awalnya parasut terbang namun sangat bergantung arah angin, lalu pesawat terbang, berat dan bising, lalu munculah era "pakaian terbang" yang ringan dan terhubung ke syaraf manusia dan tidak mencolok dimasa depan akan membuat orang orang berinvestasi terhadap teknologi ini. Drone super canggihpun kelak hanya akan menjadi mainan murah anak anak...

4. KECERDASAN BUATAN YANG MENYAMAI MANUSIA

Kecerdasan buatan semakin mendekati kenyataan setelah google mengakuisasai dan memiliki perusahaan "Deep mind" milik eropa. Deep mind telah bekerja terus menerus untuk membuat segala inovasi berbasis AI (Artificial Inteligent). AI adalah kecerdasan buatan berbasis komputer, jaringan dan terhubung online. AI dapat diterapkan pada setiap peralatan berbasis teknologi tinggi: pendidikan, peralatan tempur, industri dan internet. Namun yang lebih menarik perhatian adalah AI dapat dibuat menjadi otak robot. Ciri ciri AI adalah: Cerdas (bisa lebih cerdas daripada manusia), memiliki kesadaran kognitif persis seperti manusia, memiliki perasaan dan emosi (Paling tidak itulah seharusnya syarat AI yang telah ditargetkan)

AI ini juga dapat menjadi perpanjangan kecerdasan bagi anak anak kurang mampu berpikir secara alami, AI dapat ditanamkan ke otak dan membuat si anak menjadi cerdas melebihi kemampuan kodratinya. Namun AI lebih aman dibuat untuk robot humanoid, robot berbentuk fisik manusia yang akan segera lebih mirip manusia dalam segala hal. Robot robot yang mampu melakukan pekerjaan, berfikir dan menjadi penemu layaknya manusia.


5. DUNIA PENDIDIKAN BERUBAH TIDAK LAGI MELULU LAYAR ATAU PAPAN TULIS DI HADAPAN KELAS.
Pada saat sekarang sudah lumrah melihat kelas dengan layar monitor dan setiap meja dilengkapi iPad namun dalam kurun waktu hingga 50 tahun kedepan ada hal yang menjadi umum dalam dunia pendidikan: Anak anak didalam kelas dilengkapi dengan peralatan kacamata yang mampu berfungsi sebagai alat virtual reality, jadi gunanya adalah pada saat anak anak mempelajari struktur gunung layar virtuality menampikan semua detail gunung secara 5 dimensi (ingat bukan 3 dimensi lagi) begitu nyata halus seperti apa adanya. Atau pada saat mereka mempelajari seekor binatang buas seperti hyena, harimau, maka layar virtual dikelopak mata mereka akan memberikan detail detail yang mereka butuhkan.

Terus, temuan memory prosthesis oleh ilmuwan dari Universitas California baru baru ini mengidentifikasikan bahwa dimasa depan ada kemungkinan ilmu pengatahuan dapat di injeksikan ke otak manusia terutama sejak mereka masih kecil. Boleh dikatakan matode ini mirip dengan pendididkan konvensional yang menanamkan pengatahuan dan ajaran ke otak manusia didalam kelas melalui kegiatan ajar mengajar, namun cara dan matode ajar mengajar dimasa dimasa depan dapat dilakukan jauh lebih mudah dan instan, jangan meremehkan istilah instan dan menyamakannya dengan mie instan ya...karena dimasa 75 tahun lagi instan itu jauh lebih akurat dan efisen daripada cara sekarang yang membutuhkan waktu hingga bertahun tahun untuk mentransfer pengatahuan kepada generasi muda. Tugas tugas guru dimasa depan hanyalah program dan memilah pengatahuan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian anak didik.

6. PANJANG UMUR DAN TETAP MUDA
Sudah ribuan tahun terbersit keinginan manusia untuk hidup selamanya, lalu munculah cerita manusia manusia dewa yang dapat hidup abadi dan tidak dimakan usia. Dan tercermin pada setiap ajaran agama yang menawarkan opsi hidup abadi dengan memeluk suatu keyakinan. Namun sekali lagi sains dan teknologi mulai mengeksplorasi segala kemungkinan dengan melanggar tabu keyakinan dan mendobrak batas: Proyek Singularity.

Proyek singularity itu sendiri diyakini semakin mendekati kenyataan, paling tidak dimasa depan akan terdapat manusia yang telah berinvetasi terhadap project ini akan tetap hidup dan muda. Proyek ini bukan hanya menjadikan manusia "terlihat tetap muda" akan tetapi benar benar muda selamanya karena sel sel tua yang mati ditubuh dengan cepat digantikan oleh sel sel muda remaja kembali dengan cepat. Jika kamu mengira hal ini mustahil sama saja seperti orang pada zaman dulu mengira manusia itu mustahil bisa terbang, manusia mustahil bisa ngobrol dari jarak jauh. Kenyataannya semua itu telah tercapai. Kamu bisa berkata: no, no, no yang satu ini tidak mungkin. Kamu melupakan bahwa walaupun tidak ada yang abadi di dunia yang bahkan hukum fisikapun telah merumuskannya, namun hukum fisika mengatakan: Energi itu kekal, energi itu tidak bisa dimusnahkan, energi itu hanya berubah dari satu energi kepada energi lain. Dan pada kenyataannya manusia telah mulai mampu merekayasa energi menurut ekspektasi mereka. (Hukum Kekekalanan Energi)

Hidup abadi dalam sains bukan berarti tidak mati. Namun bisa hidup tanpa batas sampai waktu yang diinginkan. Itulah yang akan terjadi ketika ilmu genetika semakin sempurna, orang mati dapat dihidupkan kembali dengan mengambil sehelai rambutnya dan membawanya ke laboratoriom si mati dapat dihidupkan kembali. Ide ini terdengar gila pada masa sekarang namun akan menjadi hal yang bisasa pada masanya.



7. ANGGOTA TUBUH PENGGANTI YANG DAPAT MERASA HIDUP SEBAGAI PENGGANTI ANGGOTA TUBUH CACAT

Kalau selama ini orang yang tidak beruntung menderita cacat maka jika diputuskan dia mendapatkan kaki atau lengan buatan buatan dan biasanya lengan maupun kaki pengganti  itu adalah benda mati yang tidak memiliki rasa apa apa alias sebenarnya masih terpisah dengan anggota tubuh.

Namun dimasa depan anggota tubuh pengganti buatan itu akan berfungsi dan dapat merasakan sensasi hidup layaknya anggota tubuh asli. Penggantian gigi yang tanggal misalnya berkat beberapa penelitian di Jepang pada beberapa waktu yang lalu telah memberikan kemunginan akan dapat dihidupkan atau ditumbuhkan penggantinya walau usia orang itu telah tua. Disamping kemajuan medis secara biologis, lengan dan kaki buatan misalnya pada saat ini telah dimulai riset pembuatannya. Lengan dan kaki buatan akan terhubung kesyaraf dan mampu menerima dan mematuhi perintah dari otak seperti menggenggam, meninju, menjentik dsb, anggota pengganti tubuh ini juga mampu merasakan sakit, sentuhan lembut dan kasih sayang, panas, dingin dsb.

Kita berharap lebih, yakni setiap anggota tubuh yang hilang misalnya seperti kasus telinga yang hilang terpotong di cina ternyata dapat "ditumbuhkan" oleh tim dokter dipaha seperti proses pencangkokan dan pada saat bentuk telinga telah tumbuh sempurna, telinga tersebut dicangkokan ke telinga yang hilang tadi. Saat ini proses menumbuhkan tangan agak sulit dilakukan karena juga harus menumbuhkan tulang belulang, namun kedepannya teknologi akan berkembang kearah sana. Maka teknologi lengan buatan mekanis yang dapat merasakan sensasi tubuh karena terhubung ke otaklah yang paling mendekati keyataan dan akan mendekati sempurna dalam kurun waktu 35 tahun ke depan. Orang orang akan lupa bahwa mereka memiliki lengan palsu mekanis karena semua dalam keadaan terhubung kedalam kesadaran otak manusia.


8 PERJALANAN KE MARS
Project perjalanan ke luar angkasa memang sedang dimulai dan tidak mungkin berhenti karena banyak negara telah berlomba lomba ke arah sana. Terakhir India juga memiliki ambisi untuk melalukan perjalanan ke mars. Kita tahu itu hanya soal waktu, dana dan kemajuan teknologi dan terimakasih kepada perlombaan antar negara akan mempercepat realisasinya

KESIMPULAN
Itulah 8 temuan dan pencapaian dimasa depan yang akan merubah dunia dan pandangan generasi masa depan tentang hidup dan kehidupan. Dimana kelak cara kita memandang alam semesta akan menjadi sangat berbeda daripada sekarang. Perubahan akan terjadi beriringan dengan perubahan peraturan atau regulasi pemerintah yang menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Saya tidak sedang dalam posisi meyakinkan pembaca tentang masa depan yang sulit diprediksi, tetapi berkaca dari apa yang kakek ucapkan dulu: nanti setiap orang bisa saling ngomong dari Jakarta ke Tembilahan, padahal dia hidup didesa yang sangat terpencil dan jauh dari segala macam teknologi dan sampai tahun 90-an belum ada teknologi seperti itu. Kata kata "setiap orang" menunjukan pikirannya membayangkan zaman yang belum dia alami.

Saya melanjutkan kata katanya melalui tulisan ini, semua yang saya tulis adalah kombinasi pikiran dan dan dasar pengatahuan yang telah saya pelajari karena saya memang peminat teknologi...

Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup


Comments