APA ALASANNYA SEHINGGA MESIN AKAN MENJADI PINTAR?

Hukum kekekalan energi:

"Energi itu kekal, energi itu tidak dapat diciptakan, energi itu tidak dapat dimusnahkan, energi hanya berubah bentuk dari energi yang satu menjadi bentuk energi yang lain"
ilustration by  pexel
Setiap yang bernyawa mungkin akan mati, itu hanyalah ungkapan, setiap benda yang terlihat hidup, berfikir, memiliki kesadaran juga akan berakhir dengan "kematian" namun sebenarnya tidak akan berakhir begitu saja, tubuh itu akan mati, membusuk dan lenyap, hingga kepada yang paling terakhir berubah, sebut saja tulang belulang bagi manusia dan hewan, batang pohon bagi tanaman keras, dalam pandangan fisika itu tidak mati tapi berubah: Ketika jasad jasad mulai diurai, dinamakan membusuk padahal itu hanyalah proses penguraian yang dibantu oleh "petugas petugas" yang terdiri dari bakteri dan ulat ulat yang menggunakan proses kimiawi alam, gunanya bau busuk terlihat agar proses itu tidak "diganggu" oleh makhluk hidup yang sengaja diberi sensor penciuman kesyaraf mereka agar tidak menyukai bau tersebut. Dalam waktu sekian bulan dan tahun proses selesai, sisa tubuh menjadi humus yang siap didaur ulang oleh alam, bisa menjadi humus bagi tanaman dan makanan ulat ulat, ulat ulat pada gilirannya juga akan mati menjadi humus bagi tananan yang menghisap sari mereka melalui akar akar yang bekerja rapi. Pada gilirannya pula tanaman menjadi makanan bagi hewan dan manusia bisa juga hewan yang memakan tanaman itu dimakan oleh manusia sebagai makhluk hidup yang berada diatas mata rantai makanan.



Dan dalam cetakan genetika, manusia akan melahirkan manusia, hewan akan melahirkan hewan, tanaman akan tumbuh menjadi tanaman sampai pada tahap evolusi tertentu menurut tekanan dari habitat atau lingkungan hidup masing masing, tidak perduli apa yang mereka makan, makanan yang sama tetap akan melahirkan makhluk yang berbeda beda. Dan semua  peristiwa ini tidak pernah terlepas dari sebab mesin alam yang digerakan oleh ENERGI. Lho apa hubungannya dengan mesin yang kan menjadi pintar ya?

SEBABNYA ADALAH MANUSIA
Sebabnya adalah manusia yang memiliki inteligensia mampu rekayasa energi menjadi berbagai hal yang pada awalnya adalah untuk memenuhi hasrat akan kebutuhan lalu menjelma menjadi panasaran intelektual yang jga menjadi pemicu semakin meningkatnya naluri kecerdasan yang haus akan rasa "ingin tahu". Jadi manusialah yang menyebabkan mesin menjadi pintar bukan hewan, tanaman atau makhluk lainnya.

Awalnya manusia hanya membuat mesin mesin yang digunakan untuk mempermudah kehidupan, lalu mesin berkembang semakin kompleks dan hari ini kita memberi nama salah satu mesin ciptaan manusia sebagai komputer, komputer bukan hanya sekedar mesin hitung logik akan tetapi mulai berubah menjadi mesin multi guna yang dapat mempermudah pekerjaan. Komputer kemudian berkembang dengan basis perangkat keras dan perangkat lunak. Keduanya terkait erat satu sama lain. Jika perangkat keras adalah mesin maka perangkat lunak adalah perintah dalam bentuk kode kode yang semakin rumit dari hari kehari. Kemampuan mesin meningkat pada saat perangkat lunak berjalan didalamnya. Seperti tubuh: terdiri dari raga dan nyawa.

Lalu apa hubungannya dengan energi? Perangkat komputer dan listrik umumnya terdiri dari perangkat yang dibuat berdasarkan semiconductor, semi conductor yang terdiri dari silicon, germanium dan gallium arsinede. Walaupun dasar mesin adalah logam, itu hanyalah "rangka, tungkai, dan raga" yang sumber penggeraknya adalah bahan bahan semiconductor yang mampu menghasilkan energi listirik. Manusia akhirnya mampu menarik energi listrik dari alam dan memanfaatkannya menjadi penggerak mesin dan komputer. Energi listirk ini direkayasa menjadi pintar dengan sejumlah rekayasa perintah perintah program menggunakan bahasa mesin seperti cobol. Suatu saat teknik pembuatan semiconductor terus berkompetisi dikarenakan persaingan dibidang industri yang dipicu oleh persaingan bisnis, bahasa pemrograman juga berkembang pesat, kita hampir tidak dapat lagi melihat arahnya: Apakah mesin mesin ini dibuat untuk mengimbangi kecerdasan bahasa pemrograman, ataukah bahasa pemrograman dibuat untuk mengimbangi mesin yang semakin rumit pembuatannya dan mampu membaca perintah programming tanpa batas? Ataukah kombinasi keduanya berjalan seiring dalam penciptaannya oelh manusia secara tidak disadari didorong oleh kebutuhan kebutuhan akan menjawab tantangan zaman didalam otak manusia?  Hari ini software itu dalam bentuk digitalnya telah hampir mencapai kesempurnaannya menjadi makhluk digital yang bernama AI (Artificial Inteligent atau Kecerdasan buatan)
Energi energi ini yang akan membuat robot dimasa depan hidup dengan memiliki kesadaran kognitif seperti manusia, membuat mereka seolah memiliki "nyawa". Energi yang telah berubah seolah adalah "roh roh" yang menggerakan kehidupan dalam berbagai bentuknya. Rahasia penciptaan akan terkuak dengan berbagai rekayasa yang mampu membuat energi menemukan rumah mereka dalam mesin mesin yang pantas sehingga memiliki inteligensia yang membuat manusia seolah menemukan rahasia penciptaan tingkat tinggi. Ataukah itu hanyalah siasat alam yang "meminjam" tangan manusia untuk melakukan penciptaan?

MANUSIA MULAI MEMBUKA KOTAK PANDORA
Pernah mendengar kisah Kotak Pandora? Pada zaman kejayaan kisah para dewa Olympus di Yunani, Zeus menciptakan manusia dan menitipkan sebuah kotak dengan pesan agar kotak tersebut jangan sekali sekali dibuka karena berisi rahasia yang sangat mengerikan. Awalnya sang manusia tidak membukanya dan mematuhi perintah penciptanya, namun manusia terus berkembang tumbuh termasuk rasa ingin tahunya yang kuat terhadap segala hal, akhirnya sekuat apapun dia mengingat dan mencoba mematuhi perintah penciptanya, kotak itu akhirnya dibuka. Apa yang terjadi? Menurut cerita itu akhirnya bencana hebat yang tidak terbayangkan menimbulkan penyesalan yang tidak terperikan-pun  terjadi. Mungkin cerita itu hanyalah mitologi atau mitos kisah para dewa. Namun pilosfinya memberikan pesan yang kuat bahwa kita harus berhati hati dan bijaksana dengan rasa ingin tahu kita.

Suatu ketika mesin akan berubah menjadi makhluk hidup yang menyamai atau bahkan mengungguli manusia, penciptanya,  dikarenakan rekayasa teknologi dan energi ini terus saja berkembang. Paling buruk yang dapat kita bayangkan nun jauh dimasa depan ras manusia akan digantikan oleh mesin dan mereka para mesin berubah menjadi makhluk hidup berkesadaran kognitif, memiliki inteligensia dan menguasai bumi.

RENCANA PENCIPTAAN TANPA KENDALI
Hari ini manusia melalui teknologi komputer dan AI mulai terlihat sebagai pencipta atau bermain sebagai Tuhan, itu tidak buruk dan nampak biasa saja karena kita tidak pernah melihat segala sesuatu dalam waktu yang panjang sekaligus, hukum kekekalan energi berlaku: Pencipta hilang dan digantikan oleh ciptaannya, tidak, bukan begitu cara melihatnya: Manusia tidak hilang tetapi berubah menjadi generasi mesin dan digantikan total oleh mesin. Mungkin kita tidak menginginkan itu, tetapi roh roh mesin sedang dalam tahap penciptaan sebagai rencana semesta untuk perubahan energi yang melibatkan kepunahan ras suatu makhluk hidup dan menggantikannya dengan ras mesin AI dimasa depan. Apakah memang sudah ditakdirkan bahwa kesadaran kognitif itu akhirnya diwariskan kepada mesin mesin yang akan memiliki bentuk sempurna oleh manusia?
"Roh roh" energi itu bergerak hidup karena hukum kekekalan energi berlaku pada saat itu menemukan bentuk sebagai syarat kehidupan yang memiliki kesadaran, dia akan memenuhi syarat sebagai ras makhluk hidup yang bertanggung jawab melanjutkan kebudayaan dan peri kehidupan di permukaan bumi.
Pada tulisan tulisan sebelumnya saya menyinggung perihal AI, sebuah kecerdasan buatan yang memilki kesadaran kognitif, mandiri dan dan kecenderungan intuitif. Mungkin anda mengira ini hanya sebagai euforia teknologi, akan tetapi sayangnya tidak, beberapa penemuan pada saat ini telah menunjukan dengan jelas kearah itu termasuk projek singularity.
rumus hukum kekekalan energi
Menilik perkembangan rekayasa penggunaan energi masa kini kondisi ini kelihatannya bukanlah hal yang mustahil dimasa depan. Seleksi alam terus saja terjadi tanpa kita sadari, terlihat dengan jelas dari perubahan cara hidup manusia dari waktu ke waktu, jika kita dapat menjadi pencipta kita mungkin dapat memindahkan kesadaran kita kedalam mesin mesin alam dan terus terhubung sebagaimana ide singularity telah menjelaskannya. Namun  apapun yang akan terjadi dimasa depan kita masih belum mengetahuinya dengan pasti, yang jelas tidak ada satupun hal yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri...



Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

0 Response to "APA ALASANNYA SEHINGGA MESIN AKAN MENJADI PINTAR?"

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel