IKLAN DITENGAH POSTINGAN, EFEKTIFKAH ITU?

Bagi yang minat desain mungkin tidak punya kesulitan mempercantik tampilan laman atau blog pribadinya, memang pandai desain dan punya selera estitika yang memenuhi kriteria disukai, ya kan? Kita tidak menafikan bahwa konten menentukan kelangsungan hidup sebuah blog, tapi tampilan juga memegang peranan penting. Tapi bagaimana caranya mendesain blog yang enak di lihat dan membuat pengunjung betah?  Nah para blogger dan pemula yang ngin mencoba ngeblog ini tipsnya:

  1. Pilihlah templat yang paling sederhana dan mudah diedit, minimalis dan kesederhanaan itu kebanyakan sangat membantu mempercepat loading halaman, halaman yang cepat diakses kemudian akan menjadi prioritas mesin pencari.
  2. Lakukan percobaan, utak atik tataletak template dan utamakan kavling konten lebih dominan daripada kavling untuk iklan bagi yang sudah beruntung blognya telah diterima sebagai anggota google adsense. Tujuan utak atik adalah mencari bentuk hasil editan template yang paling cocok dan pas serta enak dipandang mata.
  3. Tata letak iklan juga harus rapi, tidak sampai menutup konten atau postingan
  4. Kurangi wigdet yang tidak berguna atau tidak terlalu penting, tidak ada salah memasang widget biar blog terlihat keren, tapi itu juga harus dibayar dengan berkurangnya kavling ruang, kecepatan dan widget itu sendiri memiliki hubungan ke situs pembuatnya, misal link image (atau gambar), kode kode link misalnya kalau kamu pasang widget video ya kamu akan dihubungkan ke penyedia layanan video tersebut.
MEMASANG IKLAN DITENGAH POSTINGAN
Jujur saja ini paling banyak disukai oleh para blogger yang blognya telah sukses di monotesi, bukan semata mata biar nampak keren, tapi dengan harapan iklan yang diletakan ditengah postingan itu akan di "klik" sengaja maupun tidak sengaja dengan kemungkinan yang lebih tinggi (harapan kamu pasti tinggi ya..) oleh pengunjung yang sedang membaca postingan kamu. Ya kan. Tapi kamu jangan lupa, yang baca blog zaman now adalah lebih banyak melalui ponsel ketimbang PC seperti laptop dan dekstop. Artinya apa? Coba saja periksa di google analitik prosentasi pengunjung berdasarkan gagdet yang mereka pakai, saya sedikit mengernyitkan dahi pada saat mengetahui selama 3 bulan hanya 14% pemirsa yang mengakses blog saya melalui laptop dan dekstop, 25% melalui tablet dan iPad, 61% justeru melalui ponsel! Bayangkan penghasilan afiliasi dari iklan yang kita peroleh di zaman now ini adalah dari ponsel! Artinya apa? 

Artinya kalau kamu mendesain blog kamu jangan hanya terfokus pada ukuran layar laptop dan dekstop karena tampilannya akan berbeda dengan di ponsel pada saat pemirsa mengakses blog kamu, setiap template telah menyediakan dua opsi ini: Tampilan template PC dan Ponsel, lay outnya sungguh akan berbeda seperti contoh pada gambar dibawah:
ilustration adelinasasa
Disebelah kiri dengan template lebar adalah tampilan untuk dekstop dan laptop sedangkan di sebelah kanan adalah untuk ponsel. Dari sana sekilas kita dapat melihat perbedaannya: Sehebat apapun widget yang kamu pasang tidak akan tampil pada templat ukuran ponsel, yang dapat kamu lakukan adalah memaksimalkan beberapa hal:

  • Template sederhana lebih menghasilkan penghasilan maksimal dan mengurangi membuang waktu.
  • Maksimalkan tayangan iklan pada kedua tampilan template, perbedaan ukuran layar gagdet memperngaruhi bentuk lay out kedua template. Jadi letakan iklan pada tempat yang mudah dilihat oleh pemirsa.
MELETAKAN IKLAN YANG BENAR PADA KEDUA JENIS TEMPLAT (PC DAN PONSEL)
Disini masih banyak yang keliru terutama bagi para pemula: Kamu mungkin menyetel blog kamu melalui PC, saya sendiri lebih suka menggunakan tablet dengan bluetooth keyboard. Namun memang hingga saat ini masih sangat sulit mengedit template blog melalui ponsel.
Meletakan iklan pada kedua template dapat dilakukan dari hal yang paling mudah yakni masuk ke blogger lay out > add gagdet >adsense. Kamu dapat memilih ukuran iklan yang akan ditayangkan dengan mengikuti arahan yang tersedia dengan seksama sehingga iklan tidak kebesaran atau kekecilan, atau bahkan sampai makan kavling postingan. 

Namun penempatan iklan yang paling kamu inginkan adalah penempatan iklan ditengah postingan, cara diatas tidak dapat ditempuh. Kamu lihat gambar diatas pada template besar dibawahnya ada tombol "customize" dan "edit html" kamu pilih yang edit html lalu cari kode <data:post.body/>  hapus kode tersebut ganti dengan kode dibawah ini: 


<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:10px 0'>
<div class='separator' style='clear: both; text-align: center; '>

GANTI TULISAN KAPITAL INI DENGAN KODE IKLAN YANG SUDAH DI PARSING

</div>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Kalau kamu kesulitan mencari kode <data:post.body/> pada template blogger, arahkan kursor mouse ketengah kode sembarangan saja, lalu tekan ctrl+A (untuk menghighlight seluruh kode) lalu tekan ctrl+C (untuk mengkopi seluruh kode) lalu tekan "delete" pada keyboard (seluruh kode akan lenyap lalu tekan ctrl+V (untuk mempaste seluruh kode) kode akan muncul kembali namun telah berubah menjadi expandable atau terbuka.

Cara diatas ditempuh karena kode HTML blogger terbaru telah berubah tidak sama dengan pada dashboard blogger lama, melakukan pencarian terhadap kode tertentu tidak lagi mudah kecuali kamu harus melakukan klik expand satu demi satu, dan lama jadi bisa dikatakan cara diatas seperti yang saya tunjukan adalah "shortcut" yang paling mudah.

Biarkan kode itu berada diantara kode template blogger kamu karena langkah berikutnya adalah memilih kode iklan adsense yang akan dipasang ketengah postingan masuk ke google adsense>masuk ke Ad Units>pilih iklan baru atau edit iklan yang sudah ada dapatkan kodenya, pada saat kamu mengkopi kode iklan jangan lupakan hal ini: pada kotak dialog ada tanda Asinkron yang apabila kamu tekan akan berganti jadi tanda Asinkron, lihat gambar:
ilustrasi adelinasasa
Apa akibatnya jika kamu tidak menekan opsi "sinkron" dan merobahnya dengan Asinkron? Ya itu tadi kaitan yang kita bahas diatas postingan ini, kode Asinkron berjalan lebih cepat pada hape dan dekstop dan mungkin juga tablet dengan ukuran layar besar, artinya iklan ditengah postingan tidak akan muncul pada tampilan hape atau ponsel. Sebaliknya jika kamu pilih "Sinkron" maka iklan ditengah postingan akan berjalan lebih cepat pada PC laptop dengan koneksi internet yang lebih cepat. Namun untuk menampilkan iklan yang berjalan ditengah postingan pada ponsel pemirsa kamu harus mengganti opsi mobile untuk ponsel menjadi "custom" dan itu dapat kamu lakukan pada dashboard mobile dengan menekan tanda bergerigi dibawahnya, contoh:
ilustrasi adelinasasa
Tampilan custom pada mobile akan membantu menampilkan iklan yang telah disinkronkan kelayar mobile/ponsel. Sebelum itu jangan lupa memparsing kode iklan terlebih dahulu sebelum di pastekan kekode html blogger kamu, untuk memparsing kode kamu bisa memilih link ini:
Cukup masukan kode iklan yang akan di parsing dan tekan "PARSE' hasil parsing itulah yang kamu kopi dan pastekan ke kode html template blogger kamu.










Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup


Comments

  1. Telivisi LED SamsungDecember 4, 2017 at 11:30 AM

    I can't do it why?

    ReplyDelete
  2. bisa tapi ribet kalau cari satu satu, kudu minta bantuan dari mbah google brooor

    ReplyDelete

Post a Comment