FAKTA MENARIK 7 NEGARA YANG MENGIKUTI AMERIKA MENETANG VOTING SIDANG UMUM PBB TERKAIT JERUSALEM

Sidang umum PBB telah menghasilkan hal yang jelas: 128 negara menolak pengakuan sepihak Amerika terhadap Jerusalem sebagai ibukota Israel. Mayoritas negara yang menolak adalah negara negara kaya yang tidak terlalu bergantung secara ekonomi terhadap Amerika. Namun ada cerita menarik sebelum voting dilakukan: Amerika tanpa basa basi melalui menteri luar negerinya mengeluarkan ancaman akan mencatat dan hingga mempertimbangkan akan mengurangi atau menghentikan bantuan luar negerinya kepada negara negara tersebut, dan nampaknya ancaman tersebut sangat efektif membuat "keder" 7 negara. Totalnya ada sembilan negara yang menolak hasil voting sidang umum PBB dan memihak Amerika:
Gambar bendera 9 negara yang menentang hasil voting sidang umum PBB


  1. Amerika. Kita tidak perlu membahas negara yang satu ini, siapapun tahu Amerika adalah negara yang paling kuat di dunia, paling kaya paling kuat militernya dan paling berkuasa di dunia "pada saat ini".
  2. Israel. Kita juga tidak perlu membahas negara terkuat di Timur Tengah ini, walau tidak sekaya negara negara Arab, namun memiliki kekuatan militer dan persenjataan yang paling maju di kawasan negara negara teluk.
  3. GUATEMALA. Negara ini terletak di benua Amerika berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Lautan Karibia. Merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia, dengan parkapita US$5.000 negara ini termasuk 10 negara termiskin di kawasan Amerika Latin (bandingkan dengan Indonesia yang memiliki parkapita US$12.421). CIA World FAct Book memperkirakan 56.2% populasi Guatemala berada dalam garis kemiskinan, dan Negara donator terbesar mereka adalah Amerika Serikat.
  4. HONDURAS. Negara yang terletak di Amerika tengah ini bertetangga dengan Guatemala dan berbatasan dengan ElSalvador, disamping kopi Hoduras adalah penghasil buah pisang terbesar di dunia total perkapita US$4.959 Honduras termasuk dalam 10 negara termiskin di Amerika latin dan 53% rakyat Honduras berada dibawah garis kemiskinan, sebuah negara dengan tingkat kriminal tertinggi di dunia. Negara donator terbesar mereka adalah Amerika Serikat
  5. MARSHALL ISLAND. Terletak di kepulauan Pasific pada tahun 1944 Amerika menyerbu kepulauan Marshall dan beberapa waktu kemudian mereka menjadikan tempat tersebut sebagai tempat uji coba nuklir dan berlangsung hingga ke tahun 1960, akibatnya banyak penduduk Marshall yang terkena efek radiasi tingkat tinggi dan Amerika terpaksa membayar klaim konpensasi hingga saat ini. Dengan nominal parkapita US$3.334 Marshall Island tergolong sebagai negara termiskin di Amerika Latin
  6. MICRONESIA. Adalah negara kecil di kepulauan Pasific berdekatan dengan Marshalll Island dan Filipina. Negara ini sangat kecil dan berada dibawah perlindungan Amerika Serikat, jadi tidaklah mengherankan jika mereka memihak Amerika dalam menentang sidang umum PBB yang memvoting masalah Jerusalem. Parkapita Micronesia adalah US$3.015/tahun.
  7. NAURU, adalah sebuah negara kepulauan yang sangat kecil di Pasific tengah, sedikit lebih besar daripada negara Vatikan Roma. Setelah cadangan fospat mereka habis ekonomi negara ini kemudian sangat bergantung dengan Australia dengan imbalan hosting ke pertahanan Nauru dan akibat ketergantungan itu banyak sumber menyatakan Nauru adalah negara kliennya Australia. Parkapita Nauru: US$5000.
  8. PALAU. Ini juga adalah negara kepulauan Pasifik yang hanya berjarak 200 KM dari wilayah utara Papua Barat, 225 KM dari Maluku Utara dan 500 KM sebelah timur provinsi Sulawesi Utara. Negara ini berada dibawah asosiasi bebas dengan Amerika Serikat berada dibawah perlindungan sang Adi Daya. Parkapita: US$16.272, lebih tinggi daripada Indonesia.
  9. TOGO. Termasuk negara kecil dan miskin, yang paling miskin diantara ke tujuh negara yang berada dibelakang Amerika dan Israel melawan hasil voting sidang umum PBB,  negara yang juga terkenal dengan sihir Vodoonya. Terletak di Afrika Barat dan berbatasan dengan Ghana, negara dengan harapan hidup rendah kemiskinan yang memprihatinkan dan parkapita hanya US$770/tahun

Itulah fakta menarik yang akhirnya mencuat di dunia saat ini. Walaupun hasil voting PBB mendapat dukungan 128 negara, dan walaupun secara politik dapat menjadi tekanan bagi Amerika (karena hanya mendapat dukungan negara negara miskin dan kecil)  namun hasil voting tersebut tidak dapat mengikat sang Adi Daya untuk menyetujui atau mematuhi, apalagi membatalkan keputusan yang telah di ambil oleh Donald Trump presidennya..


Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

2 Responses to "FAKTA MENARIK 7 NEGARA YANG MENGIKUTI AMERIKA MENETANG VOTING SIDANG UMUM PBB TERKAIT JERUSALEM"

  1. Dengan kata lain, negara-negara selain Amerika dan Israel, memang negara yang tidak memiliki banyak daya dan upaya. Pilihan seakan tertutup bagi mereka, selain mengikuti apa kata Amreika.

    ReplyDelete
  2. fakta itu setidaknya dapat membuka mata partai demokrat (selalin republik) bahwa pada keyataannya Amerika tidak dihormati oleh negara negara di dunia. Sebenarnya hak Veto Amerika dapat diakali dengan sidang khusus asalkan dewan keamanan PBB bersedia berhadapan secara frontal dengan Amerika

    ReplyDelete

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel