CARA MUDAH MEMBUAT GAMBAR ANIMASI HANYA DENGAN JARI

Langkah pertama kamu harus memiliki sebuah ponsel atau sebuah tablet, hari segini ponsel android paling banyak dimiliki orang jadi kamu bisa langsung mendonlot aplikasinya di: DISINI!
(Dengan mengklik link diatas kamu akan langsung dibawa ke App Store Android di hape kamu)

Setelah aplikasi di donlot, jalankan dan ikuti saja perintahnya hingga muncul lembar untuk di coret coret, kemudahan apliksi ini dalam membuat animasi adalah bingkai demi bingkai atau didalam dunia animasi para animator menyebut istilahnya "frame by frame" lihat gambar dibawah ini:


beri nama proyek dan setelah itu tekan "BUAT PROYEK" maka akan muncul lembar kerja seperti pada gambar dibawah:
Seperti kamu lihat terdapat tool pena untuk menggambar, ada juga penghapus jika kamu melakukan kesalahan pada saat menggambar dan tool lain yang nantinya bisa kamu pelajari sendiri setelah engutak atiknya. Dibagian bawah lembar kerja ini ada 2 kolom yang apabila tanda + kamu tekan akan bertambah menjadi 3, 4, 5 dan sampai banyak sekali, itulah namanya "frame by frame" yang saya maksud dan untuk lebih memahami cara kerjanya saya berikan contoh sederhana melalui video dibawah ini:

Nah jika kamu telah menonton video diatas, kamu akan mengerti membuat animasi itu sebenarnya mudah, modalnya hanya rajin mencorat coret, bukan? Untuk membuat karakter animasi yang rapi dan menarik tentu saja kamu butuh latihan dan kesabaran. Saya menyarankan agar kamu berlatih menggambar. Dibawah ini contoh animasi yang saya buat sedkit lebih rapi hanya dengan mencorat coret untuk membuat karakter seekor anjing yang sedang berlari lari:
Bagaimana? siapa tahu kamu dapat membuat serial filem kartun lucu melalui aplikasi flipaclip ini dan menayangkannya di Youtube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan. Caranya kamu harus membuat sebuah proyek dan konsisten dalam pembuatannya, kamu bisa membuat sebuah cerita lucu tentang seekor serangga atau seekor hewan, kucing misalnya. Untuk melakukan ini tentu saja syaratnya adalah:


  • Kamu harus bisa membuat gambar, terutama gambar karakter tokoh animasi kamu yang akan kamu jadikan bintang utama pada proyek filem kartun animasi kamu
  • Minimal harus memiliki sebuah hape layar 5" keatas atau sebuah tablet dengan ruang simpan minimal 16GB, minimal RAM 2GB (Kelihatannya standard banget ya)
  • Kesabaran, selalu simpan hasil kerja kamu sebelum dirangkai menjadi sebuah filem animasi.
  • Kamu harus memiliki akun youtube sebagai channel atau saluran tayangan agar filem animasi kamu nanti ditonton.
  • Monotesi, kamu dapat memonotesi saluran youtube milik kamu dan mendapatkan bayaran hasil afiliasi melalui penayangan iklan
Itu hanya beberapa syarat, tetapi sesungguhnya mudah sekali membuat sebuah filem kartun kesayangan kamu jika kamu sudah menguasai dasar dasar menggambar. Percayalah setiap pekerjaan terlihat tidak mungkin hanya karena kamu takut memulainya. Saya mau berbagi pengalaman sedikit, pada saat saya melihat orang main piano saya pikir itu keren sekali, dan saya selalu berfikir saya ini tidak ada bakat. Lalu diam diam saya coba, saya buka google dan saya cari aplikasi main piano, eh ternyata itu sangat asik. Dilain waktu saya sangat kepingin belajar programming itu terlihat sangat sulit ada prinsip algoritmanya segala macam, sementara latar belakang pendidikan saya tidak memadai. Jadi saya mencoba mempelajarinya seorang diri sepotong demi sepotong, hasilnya? ternyata bukan hanya ilmu koding dan programming, saya juga jadi mengerti teknik perangkat keras komputer dan hubungannya dengan perangkat lunak. Saya jadi ketagihan belajar apa saja walaupun hanya diam diam dan gak ada sertifikatnya, seperti jadi sering haus dan ingin terus minum he he he...



Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup


Comments

  1. Semakin dipermudah saja ya untuk membuat animasi. Terima kasih tipsnya, nanti dicoba.

    ReplyDelete
  2. Ya mudah sekali, saya pernah bikin presentasi dadakan dengan demo animasi hasilnya memuaskan padahal dikerjakan sambil minum kopi dirumah, besoknya bawa ke tempat kerja he he he

    ReplyDelete
  3. Thank you, it is so interest to know that we can drawing animation so easy!
    You make a draw for blog

    ReplyDelete

Post a Comment