MENGAPA IKLAN GOOGLE EFEKTIF MENJANGKAU TARGET?

Pernahkah anda mencoba mengkampanyekan produk dan jasa melalui jasa iklan? Jika jawabannya ya, apakah anda berhasil dengan menargetkan penjualan anda melalui iklan tersebut? Apakah anda merasa jika anda berhasil itu sebagian adalah karena nasib baik dan kebetulan?

Apapun target anda sama seperti target saya pada saat menulis saya ingin tulisan saya menjangkau banyak permirsa, dan pada saat menjual baik itu produk maupun jasa anda ingin menjangkau pemirsa dan diantara ribuan pemirsa anda dapat berharap akan terdapat calon pembeli potensial. Tapi apakah semudah itu mencapai target tersebut?
Tentu saja tidak, mengapa hari ini beriklan secara konvensional melalui radio dan kolom iklan disurat kabar maupun memasang iklan banner yang ditempel ditepi jalan dirasa tidak mencukupi? Karena iklan iklan itu lebih mubazir berbandin daripada hasil yang ditargetkan. Strategi beriklan dengan cara konvensional mungkin masih masuk akal apabila dana iklan anda besar seperti sebuah perusahaan yang  mampu membayar tiang dan rangka iklan yang akan dipasang ditepi jalan dengan gambar dan tulisan raksasa yang mencolok. Contoh iklan produk samsung karena hampir setiap orang mengenal produk itu maka target meraih pemirsa melalui pengiklanan begini masih dirasa masuk akal. Akan tetapi jika anda hanya mengiklankan sebuah produk baru dengan iklan konvensional dan dana anda kecil, ada kemungkinan iklan anda tertutup oleh iklan iklan besar dan produk anda tidak terlihat oleh target.

Ya selalu saja yang besar dan kuat mengalahkan yang kecil dan lemah. Tidak selalu demikian dalam beberapa kasus, butuh strategi untuk menghadapi persaingan yang tidak kita harapkan dan anda harus mencari cara untuk menyiasati kekurangan bisnis beriklan.
Salah satu cara beriklan di masa depan adalah beriklan melalui website, mebuat usaha anda berjalan online adalah sudah menjadi tuntutan dan sekaligus keharusan dizaman sekarang ini, apalagi dimasa depan kelak.

MENGAPA HARUS BERIKLAN SECARA ONLINE?
Jangan mencurigai tulisan ini sebagai iklan ya, gaes. Kami Hanya ingin menjelaskan fakta ini: Lebih 2 milyar manusia telah masuk kedalam dunia maya alias dunia online, dan tiba tiba internet menjadi seperti pasar yang besar, massive dan menarik. Orang orang yang berada di internet adalah mereka yang memiliki: dari gagdet gagdet mahal hingga gagdet murah sebagai alat online mereka, mereka rela membeli internet, mereka juga mencari dan ingin medapatkan sesuatu di dunia internet. Dan anda harus percaya ada beribu ribu bahkan berjuta target menanti tawaran dan transaksi anda di internet ini. Namun semuanya terntu saja tidak akan anda raih dengan mudah. Sama dengan dunia nyata anda harus bekerja keras, memiliki strategi yang jelas sebagai landasan bisnis anda bergerak. Ya kami katakan anda dapat memasarkan apa saja secara online baik itu produk seperti mobil, obat, makanan hingga jasa dan menjual keahlian anda untuk mendapatkan penghasilan.

Dan internet tidak seperti dunia nyata, nyaris tidak memiliki batas ruang waktu yang jelas bagi kita semua, bayangin saja: Kalau di dunia nyata Jakarta dan Bandung itu butuh waktu tempuh berapa jam, apalagi kalau Jakarta dan Paris? Tapi di internet kita dapat bersosialisasi hingga keujung dunia nyaris dalam milidetik, dan apa itu ruang? apa itu waktu dalam bisnis online, kecuali ketika ia harus melibatkan dunia nyata pada saat pengiriman jasa dan produk?

Oh ya gaes, besok kita harus ke sekolah jadi kita lanjutkan cerita iklan kita. Mengapa harus beriklan secara online adalah karena Mesin pembuat iklan seperti Google dan Facebook memiliki hampir semua data personel pemilik akun yang jumlahnya telah mencapai milyaran manusia diseluruh dunia ini. Anda tahu sebuah Akun atau ID dsb. karena kita telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan identitas diri, untuk mendapatkan email dengan beberapa persyaratan mirip membuat KTP didunia nyata. Pada saat lain email atau ID anda gunakan untuk mendaftar akun medsos, game, belanja online, study online dsb. Semua itu memerlukan internet, jasa peramban web, hingga protokol dan gerbang IP network. Apakah semua itu tidak ada artinya bagi sebuah pengiklanan?

Sangat berarti, beberapa waktu yang lama banyak pihak yang keberatan dengan permintaan syarat untuk membuat sebuah akun, syarat menjawab pertanyaan hingga permintaan akses kedalam akun anda pada saat mendaftarkan diri untuk belanja, untuk game hingga mengakses filem. Diam diam beberapa peramban mampu mengumpulkan informasi para pengguna internet dari kebiasaan, usia, minat, usaha dan tempat tinggal para pengguna mereka. Pokoknya mereka mengumpulkan data mengenai diri kita semua sebanyak banyaknya untuk di analisa, lalu dikelompokan berdasarkan pekerjaan, minat, pekerjaan, usia, kebiasaan, penghasilan dll. Dari data data tersebutlah mengapa mesin iklan Google dan Facebook selalu jitu dan tepat pada saat menargetkan iklan yang dipercayakan kepada mereka. Mereka telah mengumpuklan beberapa milyar manusia dalam semua katergori melalui kecepatan mesin yang tidak dapat anda bayangkan!

LALU BAGAIMANA HAL ITU BISA TERJADI?
Dan berbeda dengan iklan konvesional berupa banner ditepi jalan itu hanya dapat menarget pemirsa dengan harapan yang acak, karena orang orang yang berlalu lalang tidak akan semua tertarik dengan jenis iklan tertentu, iklan oleh Facebook dan Google selalu jitu. Mesin mesin peramban mereka memiliki algoritma untuk mencapai sasaran, misal iklan indomie oleh Google tidak akan diantarkan ke tukang kayu, iklan indomie akan diantarkan kepada orang orang yang sangat hobi makan indomie. Iklan anda akan sampai kelayar monitor para pengguna internet yang benar benar hanya suka kepada indomie. Algoritma yang mereka gunakan tentu saja semakin cerdas dari waktu kewaktu, apalagi hari ini ide AI (kecerdasan buatan) semakin santer digalakan termasuk dalam menopang bisnis secara online.

Penargetan kepada target yang benar ini dapat dilakukan dan dimungkinkan oleh teknologi web yang telah dibangun berbasis AI, dan kecepatan penyampaian informasi yang tidak terhingga dibanding dunia nyata, membuat bisnis secara online dapat diandalkan untuk menopang bisnis nyata anda di dunia nyata.

Contoh pemanfaatan informasi personel manusia pengguna internet secara mendalam oleh industri website adalah pada saat facebook secara tepat dan halus mengarahkan penggunanya kepada seseorang yang tidak pernah dia temui, namun facebook mengetahui bahwa orang tersebut sebenarnya adalah keluarganya:

"Saya merasa aneh dan sampai sekarang tidak mengerti, bagaimana facebook mengetahui dan mampu menggiring saya kepada keluarga yang belum pernah saya temui" kata seorang pengguna. Sampai sekarang Facebook tidak berkomentar dengan kemampuan rahasia mereka ini. Anda berbohongpun dapat diketahui oleh sebuah perusahaan seperti Google dan Facebook. Hanya saja mereka tidak tertarik membuat bisnis mereka terganggu dengan mengekspos rahasia pribadi penggunanya.

Pada intinya, jenis iklan online cepat atau lambat akan menggeser cara beriklan konvensional, sama seperti taxi online, ojek online dagang online yang telah mulai menjamur dimana mana, artinya iklan online benar benar nyata dampaknya terhadap bisnis anda di masa sekarang apalagi di masa depan!



By: Adel & Sasa
"Kami hanya mencoba berbagi, belajar bersama
secara online. No matterwhat kami hanya
mencoba yang terbaik sebisa kami untuk anda"



0 Response to "MENGAPA IKLAN GOOGLE EFEKTIF MENJANGKAU TARGET?"

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel