BAGAIMANA CARA MENAMBAHKAN SITEMAP KE BLOG KAMU?

1. APAKAH XML SITEMAP ITU?
XML SiteMap itu ibarat buku alamat yang menyimpan seluruh daftar halaman website. Mesin mesin pencari seperti Google dan Bing dan semua mesin pencari lainnya umumnya memanfaatkan file file dari SiteMap ini untuk menemukan halaman website atau blog kamu yang mungkin saja telah kehilangan beberapa link postingannya pada saat meramban di web atau degan kata lain seperti peta atau map yang dapat menunjukan alamat kota dan lalu jalan menuju ke rumah kamu. Bayangkan, pentingnya SiteMap itu buat blog kamu. Karena kalau robot robot mesin pencari tidak menemukannya, maka konten dan postingan kamu tidak akan sampai kehadapan pemirsa di jagat maya nan luas dan tak bertepi ini.

properti adedansasa.

2. MENGAPA PENTING MENAMBAHKAN SITEMAP KE BLOG KAMU?
Karena ketika kamu menggunakan hosting bawaan Blogger atau Wordpress maka file file XML SiteMapnya bawaannya terbatas hanya untuk 26 postingan terbaru dari blog kamu saja, faktanya postingan postingan lama kamu bisa saja tidak terindex pada mesin pencarian, namun jangan kuatir, supaya semua postingan kamu tetap terindex pada mesin pencarian (Search engine) kamu dapat menempuh beberapa solusi, salah satunya adalah: Melengkapi SiteMap ke dalam blogger kamu.

3. CARA MENAMBAHKAN SITEMAP KE BLOG KAMU

Cara ini berlaku terhadap blog dengan kostum domain bawaan seperti contoh http://www.adedansasa.blogspot.co.id atau kustom domain sendiri seperti http://www.adedansasa.com

Langkah pertama silahkan kunjungi atau langsung klik saja tautan dibawah ini:

XML SITEMAP

-Setelah kamu buka link tersebut pada kotak dialog (seperti ditunjukan pada gambar dibawah) kamu ketikan alamat blog kamu baik yang menggunakan domain blog bawaan maupun yang menggunakan alamat domain sendiri.


Property:adedansasa.com

Setelah selesai mengetikan alamat blog kamu atau bisa saja kamu mengkopinya dari halaman alamat di browser dan mem-pastekannya ke kotak dialog yang ditunjukan oleh panah, silahkan klik "Generate Sitemap" maka akan muncul kode seperti terlihat pada gambar dibawah:

Property:adedansasa.com

-Selanjutnya buka Dashboard blogger (tempat kamu menulis postingan itu, lho) Pilih setting, lalu pilih Search Preferences, klik "enable" pada custom robots.txt pastekan kalimat yang telah kamu copy diatas kedalam kotak dialog robots.txt dan lalu di save atau disimpan. Lihat gambar dibawah:

Property:adedansasa.com

Sekali lagi jangan lupa klik Save changes atau Simpan Perubahan ya, karena setelah kamu melakukan ini maka semua konten halaman yang telah kamu buat dengan susah payah telah terindex dengan benar pada mesin pencarian sehingga sangat membantu meningkatkan SEO blog kamu.

By Anissa Sufyan

Saya newbie: baru belajar menulis
saya sering bangun kesiangan namun tidak pernah telat pergi ke sekolah, saya masih belum tahu persis apa yang benar benar saya minati dalam hidup ini huuu...

Comments

  1. Saya perasaan pernah melakukan ini pada blog saya. Hanya saja dulu artikel rujukan masih kebanyakan bahasa Inggris. Mudah-mudahan sudah terindeks semua.

    ReplyDelete
  2. kayaknya klo punya mas dodi sudah terindex smua

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Populars

Postingan terkini: