AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

APAKAH ARTIFICIAL INTELIGENT ITU?

"Hari ini, kita telah menyaksikan kehadiran Google dimana mana, melebihi Tuhan Tuhan manapun diatas dunia dan pada hari ini, mereka memiliki proyek DeepMind jaringan syaraf kecerdasan buatan yang dibangun pada tahun 2010 di Inggris, mereka melihat seluruh isi dunia dengan mata mata AI, mengawasi kita pengguna internet, pengguna gagdet dan pengguna jalan umum di darat, di laut dan di udara dengan kapasitas server mereka yang massive"

Mungkin sebagian kita bertanya apakah AI atau Artificial Intelligent itu? Terdiri dari dua kata yang  kadang sungguh membuat kita ingin tahu A = artifical (buatan) menunjukan sesuatu yang tidak datang secara alami karena dibuat oleh manusia, I = intelligence atau cerdas, berarti mampu berfikir, mengerti, berperilaku layaknya manusia dan memiliki kemampuan belajar dan menerapkan apa yang dipelajarinya.

Dalam bahasa Indonesia umumnya AI dinyatakan sebagai "Kecerdasan Buatan"


JADI APAKAH SESUNGGUHNYA ARTIFICIAL INTELLIGENCE ITU?

AI, atau kecerdasan buatan dikembangkan untuk jenis jenis komputer, mesin yang mirip seperti manusia, mereka bekerja seperti manusia, memiliki emosi dan kemampuan berfikir, belajar, mengerti hal hal yang abstrak dan mampu mengambil keputusan dalam situasi yang berbeda beda layaknya manusia.

BERFIKIR LAYAKNYA MANUSIA

Berpikir layaknya manusia artinya sebuah mesin merasakan malu, sedih, gelisah dst.

BERPERILAKU LAYAKNYA MANUSIA

Berperilaku seperti manusia artinya sebuah mesin atau komputer bisa marah, memiliki kesadaran kognitif, merajuk dst

BERFIKIR RASIONAL

Sebuah mesin dapat berfikir sepantasnya dan bijaksana. Berfikir logis

BERPERILAKU RASIONAL

Robot berperilaku sesuai fakta dan membuat keputusan yang benar

Itulah bagian bagian dari AI atau unsur Kecerdasan Buatan, dengan mengkombinasikan semua hal diatas kita mampu membuat AI yang terbaik. Hari ini teknik itu semakin maju bagi kita misalnya semakin membuka peluang untuk membuat robot berbasis AI.

AI adalah "kecerdasan" dan anda sepakat bahwa di dunia ini bagi manusia otak adalah yang memegang peranan terkuat sehingga anda diakui sebagai manusia yang berakal budi dan berbudaya, manusia tidak berarti apa apa tanpa otaknya, bahkan sekalipun dia masih memilikinya namun otaknya rusak, dia tidak mendapatkan pengakuan dan respek lagi dari lingkungannya. Orang gila sering dihindari oleh lingkungannya dalam artian teknis.

APA BEDANYA KECERDASAN MANUSIA DAN KECERDASAN BUATAN?

Fakta adanya keyakinan bahwa Tuhan yang membuat otak manusia dan AI dibuat oleh manusia, terminologi ini menjadi pembeda otak manusia dengan AI, sekalipun suatu hari AI bisa setara dengan kecerdasan penciptanya (manusia) atau bahkan melebihinya, namun keduanya sesungguhnya tidak akan berbeda dalam hal tujuan penciptaan yakni sebuah KECERDASAN nampaknya manusia sedang mencari cara untuk menurunkan dan mewariskan kecerdasannya kepada AI yang akan diciptakan melalui tangan mereka. AI bisa menjadi cara untuk mempercepat evolusi kecerdasan manusia menuju kecerdasan dengan "extend" melalui bantuan teknologi.

Menciptakan sebuah robot tidaklah selalu sama dengan membuat AI, AI sendiri sebenarnya adalah pengembangan sebuah sistem yang maju melebihi otak manusia, karena AI diciptakan memang untuk mengatasi apa yang tidak sanggup dilakukan oleh otak manusia, manusia merasa membutuhkan perpanjangan tangan melalui teknologi penciptaan namun banyak langkah langkah yang harus dilewati untuk mencapai tujuan tersebut. Manusia ingin menciptakan hal yang sangat cerdas bahkan jika mungkin melebihi dirinya.

Sistem AI secara kecil kecilan telah dibuat dan dipasang sebagai software pengenalan wajah, pengenalan suara, pengatur lalu lintas udara, mobil tanpa sopir dsb. Namun semua itu belumlah benar benar dapat dikatakan sebagai AI, itu masih kuno.

Jadi ada dua jenis AI yang terdapat dimasa kita ini.


AI LEMAH

Yakni AI yang ahli terhadap suatu hal namun dia tidak dapat melakukan hal lain, tidak memiliki emosi dan perasaan, tidak bisa berfikir seperti manusia. Misalnya mobil tanpa sopir yang dikendalikan oleh AI driver. AI software yang hanya bisa mengalahkan manusia pada saat main game dsb.

A.I. KUAT atau A.G.I

Manusia sangat cerdas secara rasio mapun emosional melebihi makhluk lain, namun AI adalah kecerdasan buatan yang akan menyamai bahkan melebihi kecerdasan manusia, jika sebuah robot dapat melakukan semua pekerjaan manusia: Menjadi dokter, penulis, penyanyi, memainkan musik, menghibur diri, bersedih, marah, makan (walau jenis makanan beda) dan semua pekerjaan umum dan khusus, mampu belajar dan menerapkan apa yang dia pelajari, memiliki dan memahami semua kode emosi, berperilaku kognitif dan memahami semua hal yang abstrak seperti manusia maka dia disebut AI KUAT. Dalam perkembangan ke tahap A.I kuat ini A.I disebut Sebagai A.G.I (Artificial General Inteligent)

SINGULARITY

Saya telah menyadur dan bahkan menulis beberapa artikel perihal singularity di blog ini, singularity adalah super AI dimana A.G.I telah emnjadi hal biasa, pada saat itu robot mampu berkembang biak dan meningkatkan kemampuan mereka sendiri menjadi sebuah evolusi terus menerus tanpa bantuan alam, dalam singularity AI dan A.G.I berubah menjadi makhluk makhluk digital super-cerdas dan tidak memerlukan manusia lagi.

KEBIMBANGAN TERHADAP AI dan A.G.I

Karena semakin dekat dan nyatanya kehadiran AI, beberapa tokoh dan para ahli mengeluarkan pernyataan:

Elon Musk berkata: "Dengan AI (lahirnya kecerdasan buatan), kita sedang memanggil hantu"

Bahkan secara tersirat Steven William Hawking mengatakan AI akan menjadi malapetaka ketika mereka telah sampai kepada kapasitas mengalahkan manusia dalam segala hal..

Baca: REVOLUSI AI: BENARKAH MANUSIA AKAN MENJADI PENCIPTA YANG AKAN DIKALAHKAN OLEH CIPTAANNYA?

Namun sampai hari ini kita masih belum melihat AI akan menyamai kecerdasan manusia, kita akan melihat hal itu terjadi dimasa depan, atau mungkin saja pada tahun 2045 pada saat singularity telah mencapai targetnya.

Sumber: giflinder

Comments

  1. I've seen enough movies to know what's coming with AI. It's exciting until it ends up in the wrong hands. :)

    ReplyDelete
  2. Hello. A very interesting post I must say. Someone explained it well to me finally. thanks.

    ReplyDelete
  3. Thanks, but I've wrote lot in Bahasa Indonesia :)

    ReplyDelete
  4. Wah kayak jarvisnya iron man ini 😅

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…