2.ISTILAH DALAM DUNIA INTERNET YANG KADANG DISANGKA SAMA

Beda sekali, bro...
ilustration by pexel
1. BROWSER VS SEARCH ENGINE (PERAMBAN VERSUS MESIN PENCARI)

Web Browser atau peramban adalah software, semacam aplikasi yang dibuat oleh suatu perusahaan pengembang dan digunakan untuk meramban di internet guna menampikan informasi atau halaman web melalui suatu peramban. Contohnya Modzilla Firefox, Google Chrome, Safari (milik Apple), Opera dsb. Dengan peramban peramban inilah kita membaca halaman ADELINASASA, membaca berita, nonton Youtube dll. Browser ini terinstall di komputer, di hape atau tablet kita gunanya untuk mengakses halaman web yang sebenarnya tidak ada didalam perangkat komputer, hape dan tablet kita. web itu adalah jaringan informasi dari sekumpulan perangkat server server kuat diseluruh dunia.


Search Engine atau mesin pencari adalah adalah sebuah atau suatu program pencari informasi di website, halaman website harus berbentuk "www" yakni kependekan dari: world wide web. Misalnya jika kita ingin mencari suatu website kita harus mengetik: www. adedansasa.com ke kotak alamat yang disediakan oleh halaman sebuah browser atau menuliskannya dikolom pencarian dengan kata kunci ADELINASASA kita akan segera diarahkan oleh mesin pencari ke halaman web tersebut. Mesin pencari membutuhkan Browser atau peramban untuk bekerja. Contoh mesin pencari adalah: Google, Bing (microsoft), Yahoo,  Ask dsb.
contoh mesin pencari google pada saat diketikan "adelinasasa" ke kotak alamatnya.
Boleh dikatakan Web Browser atau peramban mengantarkan atau menampilkan kepada kita informasi, namun Search Engine atau mesin pencarilah mengantarkan informasi yang telah ditemukannya kepada kita melalui peramban. Web browser tidak bisa mencari, tetapi bisa mengantarkan kita kepada informasi yang telah ditemukan oleh sebuah mesin pencari.

2. HTML VS XML
 HTML (Hypertext markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dengan format standardnya adalah ASCII. Memiliki kemampuan menampilkan hampir semua informasi didalam penjelajahan web, berkas dibuat didalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah HTML. Contoh format HTML:
contoh format HTML
XML (Extensible Markup Language) merupakan kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standard untuk melacak internet, XML merupakan pelengkap HTML, XML di desain untuk menampilkan data dan difokuskan pada "apa sebenarnya data" itu sedangkan HTML didesain untuk menampilkan data dan bagaimana agar data tersebut bisa dilihat.
Contoh format XML:
contoh format bahasa xml
Bisa dikatakan: XML tidak untuk menggantikan HTML, dia didesain untuk mendeskripsikan data dalam web.

Itulah dua hal yang tidak sama namun kadang dianggap sama oleh sebagian orang yang masih awam di dunia internet...

Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup


Comments

Post a Comment