Skip to main content

MENGAPA TULISAN GAGAL MENCAPAI PEMIRSA?

Menulis adalah sebuah profesi dan itu membutuhkan ketekunan, konsistensi dan talenta. Bukan hanya sekedar hobi menulis, tetapi bentuk dan tujuan penulisan membutuhkan keahlian bukan hanya dalam bentuk menulis tetapi daya nalar yang mampu membuat sebuah tulisan menjadi menarik dan juga masuk akal, menghibur dan kadang harus dapat memuaskan daya intelektual pembacanya. Tulisan adalah sebuah ide atau mengandung ide ide dari dalam pikiran anda. Dan saya yakin anda sudah memiliki semua itu, tetapi mengapa sebuah tulisan terkadang gagal sampai ke hadapan para pembaca?


1. MEDIA

Jika pada zaman dahulu media itu berarti adalah media massa dan berperan menentukan sampai tidak sampainya sebuah tulisan ke hadapan pembacanya, adalah karena kesediaan penerbit untuk menerbitkan tulisan anda, maka hari ini segalanya berubah, anda dapat menulis dan menerbitkan tulisan anda, tinggal menunggu apakah masih juga tidak sampai kehadapan para pembaca? Benarkah tulisan anda tidak semanarik itu? Coba baca dan pelajari tulisan yang menjadi viral, kadang anda berfikir, anda dapat menulis tulisan serupa, begitu mudah menulis kalau hanya topik seperti itu, konten biasa biasa saja tapi mengapa di tangan seseorang tulisan itu lantas menjadi viral?

Well, kalau zaman dulu bapak bapak kita menulis dengan modal tekad yang bulat sampai akhirnya tulisannya diterima oleh penerbit, anda dapat membayangkan perjuangannya dari mengetik naskah mengantar atau mengirimkannya ke meja redaksi dan belum tentu juga langsung diterima. Namun hari ini anda dapat membuat sebuah website dan langsung menulis dan menerbitkannya lalu memonetesinya agar menghasilkan uang, tapi mengapa masih tidak sampai ke hadapan pembaca? Persoalannya hari ini dunia penulisan yang menjadi begitu mudah menimbulkan persaingan yang semakin ketat, ya memang benar demikian adanya, akan tetapi anda jangan melupakan "Media", adalah benar sebuah media yang baik dan menarik tentu dapat menjadi kenderaan yang baik untuk mengantarkan tulisan yang anda sajikan kehadapan pemirsa.

Anda perlu mendandani media anda yang berbentuk website atau blog sehingga menarik, mempromosikannya melalui media media sosial dan terus berkarya tanpa henti dengan cara mengupdate ide tulisan tulisan berupa artikel artikel di blog anda secara konsisten.

2. NAMA BESAR.

Zaman hanya membawa sedikit perubahan jika menyangkut nama atau trademark. Anda butuh membangunnya dengan sabar. Penulis dengan nama besar tentu akan mendatangkan pembaca yang besar. Dulu penulis mengandalkan pembeli buku dan koran untuk menghasilkan uang, dan uang itu dibayarkan oleh pihak penerbit dalam bentuk bayaran didalam amplop atau cek bank. Hari ini jika anda menghasilkan uang dari tulisan anda berupa bayaran dari hasil mereview produk, monetesi blog, dan membantu menjual produk online anda menerima bayaran dalam bentuk cash yang dikirimkan ke paypal atau rekening bank secara online. Dulu penulis membesarkan namanya, hari ini penulis membesarkan website dan blognya baru namanya akan dikenal. Kadang jika hanya untuk menghasilkan uang seseorang tidak terlalu memusingkan nama besar pribadinya, yang penting membesarkan nama website atau blognya. Namun tidak dapat dipungkiri, jika seorang presiden atau seorang menteri yang menulis semua orang akan tahu bobot tulisannya karena kapasitasnya sebagai seorang presiden dan menteri. Akan tetapi bagaimana jika seorang seperti anda yang baru memulai debut sebagai penulis dan samasekali belum dikenal? Anda tahu jawabannya, yakni anda harus membangun reputasi anda sendiri.

Tulisan di blog tidak menarik kalau kesannya membawa nama pribadi yagn belum dikenal, apalagi jika subjektif dan dangkal, kecuali jika anda telah memiliki nama besar dan banyak pengikut, orang akan mengikuti tulisan anda karena magnet nama besar anda.

3. MEMBESARKAN MEDIA PRIBADI ANDA YANG DISEBUT WEBSITE ATAU BLOG

Pertama yang harus anda lakukan adalah:

-Mendesain tampilan Website atau Blog anda.

Desain atau tampilan yang membosankan pasti tidak akan menarik pembaca untuk berkunjung. Usahakan tampilan yang sederhana namun menarik dan ringan pada saat dikunjungi. Tidak ada salahnya anda belajar kode html dasar, belajar SEO dan seluk beluk mesin pencarian internet (Search engine). Pengatahuan ini penting untuk menopang kesuksesan media anda di internet. Saya percaya dengan belajar terus menerus anda akan sampai kepuncak keahlian tertentu yang sangat bermanfaat tanpa anda sadari. Anda bisa melihat perbedaannya pada saat anda melihat kembali kebelakang pada saat anda tidak tahu apa apa tentang sebuah keahlian yang kini sedang anda kuasai.

Yang kedua adalah:

-Belajar terus, hari ini belajar menjadi mudah jika anda tidak terlalu memprioritaskan sebuah sertifikat pengakuan bahwa anda adalah seorang ahli jika anda hanya sekedar ingin mencari uang dan bukan mencari pekerjaan di perusahaan orang lain. Dulu saya hampir percaya kata kata orang bahwa tanpa lembaga pendidikan, tanpa seorang guru real yang berdiri dihadapan kelas, saya tidak akan bisa berbahasa Inggris, saya tidak akan bisa mengerti ilmu koding dan pemrograman. Nyatanya itu tidak sepenuhnya benar, mereka separohnya mengejek saya pada saat saya menggali ilmu sepotong demi sepotong dari google, dari buku nyatanya hari ini saya melihat sepertinya semua pintu telah terbuka dan pada saat saya mencoba mengikuti sebuah kursus, hampir semua matode yang diajarkan didalah training itu telah sepenuhnya saya kuasai, saya tidak mengatakan saya tidak butuh seorang guru, saya hanya mengatakan bahwa pepatah "banyak jalan menuju Roma" masih relevan untuk hal yang sedang saya hadapi. Saya tidak pernah belajar atau kursus komputer, tetapi hari ini saya dapat mengetik sepuluh jari dengan menutup mata. Mengapa? Karena ilmu yang tersebar diinternet itu tidak sepenuhnya sampah, sebagian besar telah ditulis oleh orang orang berbobot dengan kapasitas dan keahlian tinggi, mereka selalu menyajikan pengatahuan dengan teknik teknik yang semakin mudah difahami. Kita harus melepas pradigma lama sedikit demi sedikit. Bahwa belajar dan menjadi terpelajar itu hanya dapat di realisasikan melalui bangku pendidikan di sekolah resmi. Internet dapat menjadi sarana belajar yang murah bahkan gratis.

Yang ketiga adalah:

-Mencari dan membangun pengakuan, bisa dalam bentuk sertifikat, atau predikat dan nama besar yang telah anda sandang. Mungkin kita melihat dengan mata kepala sendiri, seseorang yang mengantongi banyak sertifikat keahlian akan memiliki peluang menduduki jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan. Anda merasa terpukul dengan hal itu? Itulah perbedaannya jika anda menjadi penulis dan akhirnya memiliki nama besar di internet, anda tidak membutuhkan hanya sekedar sebuah kertas sertifikat sebagai bentuk pengakuan bahwa anda adalah expat. Di dunia usaha tempat dimana anda mungkin bekerja sebagai seorang karyawan mungkin anda perlu menyadari waktu akan berjalan dan mengapa sebuah sertifikat diterbitkan? Misalnya sertifikat keahlian tertentu di bidang migas, beberapa diantaranya sudah tidak begitu diperlukan lagi seiring perubahan zaman ketika teknologi berubah orientasinya. Namun sebuah keahlian adalah sebuah keahlian, pengakuan akhirnya tidak berlaku lagi, atau kadaluarsa. Namun apakah nama besar seorang pengarang seperti William Shakeaspere akan lenyap begitu saja? Mungkin saja namun membutuhkan waktu yang lama sekali hingga berabad abad karena ide didalam tulisannya telah mempengaruhi pikiran manusia dari generasi ke generasi.

Lalu mengapa sebuah tulisan atau tulisan tulisan sepertinya masih tetap gagal sampai ke hadapan pemirsa? Itu hanyalah masalah waktu. Kepler pada saat menulis bukunya melompat kegirangan dan berkata dengan gembira: "Buku telah aku tulis! Dan aku tidak perduli biar seratus tahun lagi baru menemukan pembacanya! Dan nama Kepler telah abadi. Tapi kita tidak harus seperti Kepler lagian bukan kapasitas kita, kita dapat menemukan cara cara agar tulisan yang berisikan ide dan pemikiran kita secepatnya sampai kehadapan para pembaca yang membutuhkannya. Kita harus melakukannya karena kita telah menulis dan sungguh sayang sekali jika tulisan kita tidak sampai kehadapan pembacanya....Semuanya itu dapat kita capai dengan PENGATAHUAN. Carilah pengatahuan dengan cara belajar sendiri atau mengikuti pendidikan formal sesuai dengan kemampuan anda....

Comments

  1. Saya terus belajar untuk mempebaiki tampilan blog supaya tidak gagal mencapai pemirsa. Makasih infonya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

KEHEBATAN TEMPLATE CONTEMPO BLOGGER SETELAH DIBERI SENTUHAN MODIFIKASI

Adalah empat template terbaru blogger yang sangat mudah dimodifikasi dengan cara kombinasi melalui opsi blog desainer maupun edit HTML melalui dasbor blogger. ke empat tema tersebut adalah: CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan NOTABLE (atau Terkemuka).
Ke empatnya tidak memerlukan opsi setting mobile sudah cocok buat tampilan PC desktop dan hape/seluler sekaligus. Artinya ya responsive dan mobile friendly.
Kali ini saya pilih contoh hasil pengeditan contempo, anggaplah sebagai update dari tema bawaan, lalu apa yang baru?

Menambahkan tombol "back to top" yang terlihat dengan tulisan "Keatas" sebagai scroll otomatis halaman pada saat di scroll ke bawah pada saat mau mengembalikannya ke atas.Menambahkan Related post di tengah postingan dengan efek font awsome.Menambahkan elemen font awsome, agar fa fa awsome dapat bekerja pada blog ( walaupun tidak semua browser dapat menampilkan font awsome, namun pada umumnya browser-browser besar dan kuat memiliki kemampuan ini)Mengatur ula…

APAKAH SINGULARITY ITU?

Singularity adalah sebuah idealisme tentang masa depan dimana manusia sudah tidak terpisahkan lagi dengan peralatan teknologi, manusia menjadikan kecerdasan atau inteligensianya untuk tetap survive dan menaklukan alam semesta. Pada masanya singularity akan menjadi sebuah keharusan jika makhluk hidup berakal ingin status sebagai "manusia" ukuran dan standard manusia menjadi jelas dilihat dari bagaimana dia memanfaatkan teknologi dalam melangsungkan kehidupan dirinya bersama keluarganya. Dan hal ini bisa berarti manusia telah berevolusi dari makhluk berdarah daging seperti hewan menjadi makhluk energi dengan strata yang jauh lebih tinggi.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Halaman ini akan mencoba menjelaskan ide ini dari sisi yang berbeda.


1. GAGDET
Gagdet pada awalnya mungkin tidaklah begitu penting atau paling tidak sampai sekarang orang masih tidak akan "mati" kalau tidak punya handphone, telivisi, kenderaan bermotor dan lain lain. Tapi anda akan menyadari perubaha…

APAKAH PARA ILMUWAN ITU MEMILIKI AGAMA?

Dan apakah mereka percaya kepada Tuhan, ini beberapa fakta yang menarik yang dapat sedikit mengungkapkan seperti apa pandangan mereka terhadap alam semesta...

Keraguan terlihat ketika orang menganggap seorang ilmuwan mempercayai agama, namun juga terjadi apabila orang menganggap mereka tidak percaya kepada Tuhan, banyak hal yang tersembunyi yang tidak ketahui dalam hidup ini, maka dari itu kita tidak dapat membahasnya disini, namun kita dapat melihat beberapa fakta menarik yang terlihat atau ungkapan yang pernah mereka sampaikan kepada publik. Kita sedang membicarakan empat oran Ilmuwan dan penemu hebat: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin!


1. ALBERT EINSTEIN (lahir 1879, wafat 1955)
Einstein pernah menyatakan: "Ilmu tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu buta" dan pernyataan itu rupanya sering sekali dikutip orang terutama untuk dijadikan sebagai rujukan persepsi atau sudut pandang pembenaran sebuah keyakinan yang dianut oleh orang tersebut terh…
Copyright © AdelinaSasa. All rights reserved.