MENGAPA HARI INI AKUN DAN PASSWORD DI PONSEL KAMU SANGAT PENTING?

JANGAN SAMPAI KEHILANGAN KEDUANYA....
Hari ini telah bermunculan ponsel ponsel dengan merek merek terkenal dengan fitur pengaman yang berbeda beda, namun intinya sama: Demi kemanan sebuah ponsel dan cara pengamanannya juga sama yaitu menggunakan Akun yang telah anda buat sesuai dengan merek hape yang sedang anda gunakan. Saya telah menulis pada tulisan sebelumnya betapa pentingnya kemananan sebuah akun dan dengan begitu anda seharusnya mengingat dan mencatat barisan alamat email yang anda pergunakan untuk membuat akun ponsel yang telah anda beli, dan lalu mengingat dan jika perlu mencatatnya passwordnya disebuah tempat yang sangat rahasia.

MENGAPA?
Karena hari demi hari ponsel semakin menjadi penting, tidak hanya melulu buat nelpon dan sms, akan tetapi di dalamnya anda menyimpan banyak sekali hal: Dari Photo photo pribadi, akun sosmed, dokumen dan aplikasi aplikasi penting. Saat ini kemampuan sebuah hape atau ponsel telah mendekati kemampuan sebuah PC, jadi akan terasa sangat merugikan jika suatu ketika anda harus kehilangan hal hal berharga hanya karena LUPA PASSWORD! Dan ingat, ponsel akan terus berevolusi menjadi penting lalu akan sangat terasa tidak bisa dipisahkan lagi dengan kegiatan kita sehari hari. Kalau bisa jangan jadi pencela terhadap perkembangan alami teknologi, karena perkembangan teknologi adalah hukum alam yang akan terus terjadi dan kita tidak akan bisa mengelak apa yang seharusnya memang telah direncanakan akan terjadi untuk mempermudah hidup manusia dan kemanusiaan.



Dan harus diingat, walaupun suatu ketika hape anda hilang dan anda memutuskan membeli atau menggantinya dengan hape yang lebih baru dan lebih canggih, akun anda tetap sama dan data serta dokumen anda tetap tersimpan aman didalam gudang di atas "awan" sana berkat anda selalu mengingat dan menjaga kemanan sebuah "Password"

SEBUAH PONSEL TERHUBUNG KE CLOUD alias "AWAN"  KARENA AKUN DAN KUNCINYA ADALAH: PASSWORD!
Ponsel adalah sebuah alat komunikasi sekaligus perangkat dan alat anda dalam menopang pekerjaan. Hampir dua milyar manusia di atas dunia memiliki hape pintar yang terhubung ke internet, dengan terhubung ke internet anda berpeluang memiliki setidaknya 5 hingga 15 GB gudang pribadi diatas awan sana tempat menyimpan data data pribadi anda. Ponsel sekarang tidak hanya sekedar menyimpan alamat telepon dan nomor, namun ada yang melebihi pentingnya daripada itu yakni AKUN dan PASSWORDNYA jika anda memanfaatnya barulah anda dapat dikatakan telah menggunakan ponsel pintar yang anda beli dengan mahal dengan kegunaan yang sepadan. Dari sinilah tolok ukurnya: Hape dengan harga 1 jutaan akan terasa lebih berharga ketimbang hape seharga 14 jutaan jika yang harganya semahal itu hanya digunakan buat nelpon, sms, chatting dan sosmed. Hape seharga sejutaan yang dapat dipergunakan untuk menopang pekerjaan seperti ngeblog, jualan online dan mengedit dokumen lalu menyimpannya dengan rapi di awan alias cloud tentu saja seribu kali lebih bermanfaat daripada hape canggih seharga sepuluh jutaan yang hanya dibuat untuk pamer padahal hanya dipergunakan buat nelpon, main game dan chat. Maaf saya tidak bermaksud menyinggung pencinta gagdet, ini hanya hitungan matimatis tanpa perasaan.

Dan sebuah ponsel yang berisi akun beserta password yang aman adalah sebuah perangkat untuk memiliki dan memaintain cloud, password tentu saja penting untuk mengunci dan membuka cloud. Cloud adalah gudang untuk menyimpan data data pribadi biasa hingga yang paling rahasia. Didalam cloud tersimpan harta anda seperti: Photo photo, dokumen, alamat telepon, video, lagu dsb. Jika suatu ketika hape anda rusak atau hilang, dan anda membeli hape baru, anda tidak kehilangan apa apa. Tinggal masukan ID atau akun lama dan masukan passwordnya semua photo, data, video alamat telepon, video dan lagu lagu anda telah menjadi penghuni hape yang baru anda beli jadi kuncinya adalah akun anda, dan tentu saja password. Sangat aneh di zaman sekarang orang mengeluh kehilangan data walaupun hapenya telah rusak atau hilang. Namun melupakan password adalah kebiasaan yang juga terasa aneh di zaman digital ini.

Akun tidak harus berubah, namun password bisa dirobah dengan beberapa persyaratan keamanan. Tentu saja anda bisa merobah akun atau membuat dan menggunakan akun baru, namun harus menyinkronkannya dengan akun lama

JADI APA YANG HARUS KITA LAKUKAN KALAU KEHILANGAN AKUN DAN LUPA PASSWORD?
Beruntungnya, beberapa pabrikan merek hape terkenal telah memikirkan hal ini, mereka memberikan caranya agar anda bisa menemukan akun dan password yang telah dilupakan itu umumnya dengan cara:

1. Tanya ke Google, ketik detail ID akun yang masih anda ingat di google, browser google akan mencari jejak apakah akun itu pernah dipergunakan di internet, jika ketemu google mungkin akan menunjukan beberapa akun yang mirip, namun jika anda mengingat salah satunya anda dapat memilihnya. Jika memang akun itu benar, persoalan anda hanya tinggal mengingat atau "memulihkan" password yang terlupakan. Biasanya akun anda berberntuk email, masukan email melalui browser di PC, lalu klik "lupa password"

2. Siapkan nomor telepon yang anda pergunakan untuk verifikasi apabila anda melakukan permohonan merobah password, anda akan diberikan beberapa opsi, misalnya pertanyaan kapan email itu dibuat, jika anda ingat anda harus memasukan tanggal, bulan dan tahun pada saat anda membuat email tersebut diwaktu lalu. Namun jika anda lupa,  pilihan yang mudah adalah verifikasi melalui nomor telepon.

Anda mungkin belum bisa membuka atau memulihkan akun anda pada hari itu, karena biasanya akan ada tenggat waktu 24 jam sebelum opsi dikabulkan dan akun anda dipulihkan, jika anda kehilangan kartu nomor telepon namun masih mengingat nomornya anda bisa datang ke gepari terdekat untuk meminta penggantian kartu baru dengan nomor yang sama. Itulah gunanya sebelum menggunakan kartu yang anda beli anda harus mengisi data diri sesuai dengan KTP.

CONTOH PONSEL PONSEL DENGAN PENGAMANAN CLOUD:
1. iPhone. Seorang yang memutuskan membeli iPhone harus ekstra perhatian terhadap keberadaan akun dan password, karena apabila anda lupa password membuka iPhone dalam beberapa kali, iPhone akan terkunci selamanya kecuali jika anda telah mengingat passwordnya kembali. Dan lebih celakanya lagi sistem pengaman iPhone dan iPad terintegrasi dengan akun iCloud. Boleh dikatakan Apple sebagai pencipta iPhone telah menjadi pelopor pertama di atas dunia yang menggunaka sistem pengamanan ini.

2. Xiomi. Beberapa jenis perangkat xiomi terbaru menggunakan sistem pengaman serupa dengan iCloudnya Apple. Dengan miCloudnya meniru sistem pengaman iPhone, efeknya juga sama dengan pengguna iPhone jika anda lupa password miCloud hape xiomi tidak akan mau terbuka hingga anda mengingat atau memulihkan passwordnya. Ini dapat dilakukan oleh pabrikan Xiomi karena walaupun berbasis Android sistem operasi ponsel asal cina itu menjalankan sistem operasi yang telah mereka modifikasi dengan nama MIUI8.

3. Samsung, tidak seperti iPhone dan Xiomi, sistem cloud samsung yang di sebut Samsung Account terpisah dari akun Android. Samsung menggunakan sistem operasi berbasis Android murni jadi walaupun akun samsung terkunci, ponsel samsung tetap dapat dipergunakan buat nelpon dan bersilancar di dunia maya, hanya akun samsung yang terkunci. Sementara akun Androidnya tidak terkunci.

Nah masih banyak lagi jenis ponsel ponsel yang menggunakan sistem cloud terintegrasi dengan sistem kemananan yang tidak saya sebutkan

JIKA KAMU MENYUKAI TULISAN INI, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR, TERIMAKASIH SALAM KENAL :)

2 Responses to "MENGAPA HARI INI AKUN DAN PASSWORD DI PONSEL KAMU SANGAT PENTING?"

  1. Bener banget, akun dan password memang jadi banyak kebutuhan mulai dari sekedar buka kunci smartphone, hingga belanja, maupun melacak smartphone dan mengambil data. Penting banget nyatanya.

    ReplyDelete
  2. Nyatanya, akun dan password sangat penting.

    ReplyDelete

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel