KE ISTEMEWAAN KAMERA HAPE SONY DOCOMO

Saya tidak mengatakan hape sony yang bukan docomo kameranya tidak se-istemewa hape sony Docomo, itu sama saja sepanjang tipe hapenya sama, docomo dan global nyaris tidak berbeda dalam hal spesifikasi, saya hanya ingin menekankan bahwa banyak hape sony jadul docomo yang dikeluarkan sejak 2015 telah menjadi hape yang harganya sangat murah di pasaran karena telah dijual sebagai barang seken! Tidak percaya rata rata hape Docomo dijual berkisar dari 500 hingga 700 ribuan saja di Batam. Wow!
Just an ilustration

Lalu apa sih keistemewaan  kameranya? Kamera hape xperia memiliki mode "pengkaburan latar photo" sebagai aplikasi kamera default mereka alias aplikasi kamera bawaan pada jenis hape hape sony pada umumnya, dengan kemampuan kamera beresolusi 13 hingga 20,7 megapix aplikasi aplikasi pengkaburan ini benar benar membuat hasil jepretan kamera mirip hasil jepretan kamera DSLR.



Kalau kamu sekarang memiliki sebuah hape sony kamu dapat mengklik langsung link yang saya berikan dibawah ini, jika hape sony kamu kompatibel dengan aplikasi makan kamu akan langsung dapat memasangnya dari play store:
PENGKABURAN LATAR KAMERA HAPE SONY
TIP MENGAMBIL GAMBAR DENGAN FOKUS PENGKABURAN LATAR
1. Jangan bergerak jika perlu objek yang akan dipoto juga jangan sampai bergerak, misalnya ketika mengambil gambar setangkai bunga yang sedang bergoyang goyang jika perlu pegang tangkainya agar berhenti bergoyang. Atau bidiklah objel bunga tersebut dipagi hari pada saat angin masih belum berhembus.

2. Tunggu sampai objek terkunci oleh fokus kamera baru di jepret.

3. Hindari objek yang banyak mengandung serat serat halus seperti bunga bunga rumput yang mudah diterbangkan oleh angin karena objek tersebut lebih pas di bidik dengan kamera DSLR yang memiliki lensa besar dan kuat. Namun kamu bisa memilih objek objek kecil dengan bentuk tegas seperti bunga bunga dari buah cherry dan bunga bougenville dengan berbagai warna yang ramai.

Di bawah ini contoh contoh photo yang saya ambil dengan aplikasi bawaan sony yang juga kemungkinan dapat kamu donlot dan pasang pada beberapa jenis hape merek lain:
 Poto disebah kiri ini pada saat saya mengambil objek poto sebuah botol minum saya menggunakan aplikasi kamera "pengkaburan latar" yang saya maksud, pada saat tes objek sebesar botol amat mudah di tangkap oleh kamera melalui aplikasi ini.
sentuh layar untuk mengunci fokus gambar, pada saat fokus sudah terkunci lakukan penjepretan dengan memencet tombol yang akan muncul di bagian bawah layar hape. Hasilnya adalah pada gambar di sebelah kanan atau bawah tulisan ini. Kebetulan pengambilan gambar dilakukan didalam ruangan sehingga pencahyaan kurang. Kamera sony yang saya gunakan tercatat memiliki kamera dengan aperture atau bukaan f/2.0 semakin kecil angka yang di tuliskan akan semakin besar bukaan lensa kamera yang didapatkan. Bukaan lensa yang besar sangat berguna apabila digunakan di dalam ruangan dengan cahaya minim dan dapat menghindari hasil gambar menjadi noise alias berbintik bintik.

Beberapa kamera terbaru telah menggunakan bukaan lensa yang lebih besar, misalnya Hape LG terbaru memiliki bukaan lensa f/1,8, dan HTC malah lebih besar lagi dengan nilai f/1,7, semakin besar bukaan lensa kamera akan menyerap cahaya lebih banyak kedalah lensa pada saat pengambilan gambar diruang minim pencahyaan.

Nah jika kamu hanya membutuhkan kamera hape yang hebat, maka meskipun kamu hanya membeli hape seken merek sony docomo, kamu telah memiliki kamera yang lebih baik daripada sekedar kamera saku di tahun 2015. Hal ini tidak lain karena kemampuan hape menjalankan aplikasi untuk menaikan performa kameranya

Poto ini adalah photo bunga chery saya memegangnya karena untuk menahannya dari hembusan angin pada saat di ambil potonya dengan aplikasi pengkaburan latar.

Dan poto ini pula adalah poto bunga rumput liar yang sebenarnya hampir saya injak, lagi lagi saya menjepretnya dengan kamera hape sony 4,7" merek sony Docomo SO 04G yang saya beli disebuah toko seken seharga 550ribuan (berhubung pada waktu itu promosi lebaran 2017) Hape ini keluaran 2015 jadi sebenarnya sudah cukup jadul, bukan? Namun lihat hasil jepretan kameranya, keren bukan?
Lalu kalau hanya menjepret objek sebesar botol aqua ukuran sedang sangatlah mudah, kamera dengan mudah menemukan titik fokusnya dengan cepat. Tentu saja pengambilan gambar bunga bunga kecil diatas lebih sulit selain ukurannya lebih kecil bunga bunga itu juga bergerak gerak karena dihembus oleh angin.

Idealnya sebuah kamera hape sony yang dapat kamu manfaatkan untuk pengambilan gambar dengan efek menakjubkan adalah beresolusi 13 megapixel keatas, dengan bukaan lensa setidaknya f/2.0. Saya mencoba pengambilan gambar gelas kopi dan papan ketik tablet samsung ternyata masih menghasilkan gambar yang cukup bagus dengan efek blur yang dapat bekerja dengan baik

JIKA KAMU MENYUKAI TULISAN INI, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR, TERIMAKASIH SALAM KENAL :)


Comments

  1. Fokus ke objeknya dan backgroundnya jadi blur. bagus banget hasil jepretan pakai hape sony docomo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dan itu kelebihan kamera hape sony walau versi jadul masih bisa diandalkan. Sony kan memang piawai buat kamera

      Delete

Post a Comment