AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

APA YANG TERJADI JIKA ANDA MEMBUAT PELAKU KRIMINAL TERBUNUH?

Pertanyaan yang menggelitik berseliweren di medsos, saya tidak sedang membahas hukum dan undang undang kriminalitas, ataupun lembaga Hak Asasi Manusia yang kadang sulit di mengerti berpihak kepada siapa. Namun yang jelas dalam kehidupan ini kadang masalah tidak dapat dipecahkan secara sederhana.

Ya itu rumit, jika sekalipun anda menjadi seorang pemegang kekuasaan pada sebuah negara dengan sistem demokrasi, anda tetap tidak akan bisa memutuskan sebuah kasus tanpa mempertimbangkan banyak hal: Aspek penegakan hukum dan rasa keadilan sekaligus. Jika anda membaca banyak protes yang memenuhi media massa dan medsos maka anda harus mau membacanya sampai tuntas, dan yang ada adalah komentar pro dan kontra. Jika anda berada pada posisi seorang hakim tentu saja anda tidak mungkin memutuskan perkara berdasarkan karena orang menyukainya atau membencinya, tetapi keputusan diambil berdasarkan hukum tertulis, bukti riil. Pembunuhan adalah tindakan kriminal yang lain meskipun yang terbunuh adalah seorang pelaku kriminal. Atau meskipun anda hanya membela diri.



"Pada dasarnya, sesuai dengan asas legalitas, setiap perbuatan tidak dapat dipidana kecuali ada peraturan perundang-undangan yang telah mengaturnya terlebih dahulu (Pasal 1 ayat [1] Kitab Undang-Undang Hukum Pidana – “KUHP”). Secara a contrario dapat diartikan bahwa setiap perbuatan yang telah ditentukan merupakan perbuatan pidana dalam peraturan perundang-undangan, dapat dipidana"

Untuk Lebih lengkapnya silahkan anda membaca sumber tulisan yang saya kutip pada link dibawah ini terkait membunuh karena membela diri yang diatur dalam Undang Undang Tindak Pidana KUHP:

MENGAPA MEMBUNUH PELAKU KRIMINAL DI TAHAN POLISI?

Yang menjadi masalah dan kekuatiran adalah keadilan hanya bergantung pada manusia yang memiliki hak untuk "memutuskan" berdasarkan bukti kebenaran materiil. Kebenaran bisa dipelintir dengan mudah dengan berbagai alasan, misalnya karena keluarga korban memiliki koneksi yang kuat dengan aparat hukum. Namun pemelintiran seperti ini juga akan mendatangkan risiko yang sangat buruk kepada pelaku yang memanipulasi hukum.

Jika terjadi hal buruk tersebut kepada anda, selalulah bersikap tenang: Tenang dan jangan panik menghadapi pelaku kriminal dan tenang dan jangan panik menghadapi proses hukum. Sikap anda yang tenang dan pantas akan mendatangkan kesan terhormat bagi orang lain yang melihat anda. Pelajari hukum setidaknya dasar dasarnya untuk menjaga hak hak anda.

Di Batam pernah terjadi seorang pencuri motor diteriaki maling oleh pemiliknya karena mencoba mencuri sepeda motornya di perumahan tempat tinggalnya. Teriakannya disambut oleh penduduk yang mengejar pelaku curanmor tersebut. Si pencuri tertangkat dan di gebuki massa hingga tewas. Para pelaku pemukulan di tangkapi oleh polisi dan hasil pemeriksaan kemudian membuktikan penyebab sipencuri digebukin hingga tewas adalah karena si pemilik motor meneriakinya maling. Alhasil pemilik motor di penjara 1 tahun penjara, dan pelaku penggebukan di hukum masing masing 3 - 4 bulan kurungan penjara, termasuk ketua RT lingkungan perumahan itu.

Jika terjadi peristiwa seperti ini para penegak hukum akan bekerja: Polisi, pengacara, hakim dan jaksa. Para pelaku akan menjadi terdakwa, pihak kepolisian akan menjadi penyidik, jaksa dan juga pihak keluarga korban akan menjadi pihak penuntut. Hakim akan menpelajari bukti materiil untuk dijadikan acuan memutuskan perkara. Belum lagi Lembaga Hak Asasi manusia akan berpihak kepada pihak yang telah menderita, tidak perduli dipihak mana dia berada, apakah pihak sipencuri atau sikorban pencurian, jika telah terbunuh Lembaga Hak Asasi Manusia akan mengutamakannya demi membela hak kehidupannya.

JIKA KAMU MENYUKAI TULISAN INI, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR, TERIMAKASIH SALAM KENAL :)

Comments

  1. Kalo saya sendiri lihat maling juga bakal ikut gebukin gan, ga tau kenapa. Mungkin manusia sudah terprovokasi dengan kata maling sehingga jika denger maling langsung bergerak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…