ANDROID vs iOS apa yang kita pikirkan?

Ketika berfikir, akan membeli produk hape Android atau iOS? Artinya kita akan memikirkan dua hal yang berbeda. Di pihak Android ada hape hape dan tablet premium produk Samsung, Sony, LG, OPPO, Huawei dll kita segera tahu Android penuh dengan pabrikan pembesut ponsel pintar dengan beragam merek. Dengan berbagai tingkatan fitur dan harga, dimulai hape low end dengan harga murah hingga high end dengan harga mahal. Dilakukan oleh hampir semua negara di dunia, dari negara maju hingga negara berkembang bisa membuat hape Android.

Namun ketika kita berfikir tentang iOS yang sangat terkenal itu hanya memiliki lini produksi: iPhone, iPad, iWatch dan iPod yang di besut oleh satu satunya perusahaan: Apple! Berbeda dengan lini Android, iOS hanya memproduksi hape hape kelas premium dan mahal.

Dibawah ini ada beberapa hal yang sering terbersit dikepala orang namun dilupakan begitu saja setelah membeli salah satu produk:

1. KULAITAS. Android karena memiliki banyak pabrikan dengan beragam pengalaman dan kemampuan manufaktur yang berbeda, akan terlihat tidak seragam dalam menerapkan standard kualitas karena keinginan memenuhi harapan pasar, harga murah sering mengorbankan kualitas pada beberapa vendor hape Android. Namun jangan lupa vendor vendor besar seperti samsung, sony, LG dan lain lain selalu menjaga kualitas produksi mereka pada hape kelas premium mereka, namun mereka juga menjual hape hape murah yang nyasar kekalangan orang kurang mampu, hape hape murah selalu berhadapan dengan masalah kualitas yang diharapkan oleh pasar, adalah pepatah yang mengatakan "Ada harga ada rupa" sungguh tidak bisa berbohong.

Sebaliknya iOS yang dibesut oleh perusahaan Steve Job Apple sangat menjaga kualitas dan baik perangkat keras hape maupun perangkat lunaknya (sistem iOS), hampir tidak ada produk Apple yang bisa di bilang "murah" semuanya dibuat dengan harga premium paling tidak sejak awal produksi dikeluarkan.

2. KEAMANAN. Vendor Android premium mungkin menyediakan sistem keamanan untuk pengguna Hape Android. Namun karena sistem Android yang terbuka dan gampang di "interface" baik oleh pihak ketiga maupun pengguna nakal, sistem kemanan menjadi rentan. Sebaliknya iOS dibuat dengan sistem code yang sangat rahasia dan tertutup, ditambah dengan sistem keamanan yang kuat dan hanya berjalan pada mesin atau hape yang dibuat oleh Apple, maka tingkat keamanan jauh lebih mudah dikendalikan oleh sistem database dan server Apple. Berbeda dengan Android dengan vendor dan pabrikan yang beragam yang juga melakukan interface berjalan sendiri sendiri, Apple hanya memiliki satu kendali yang sangat rapi dan apik, terpadu dan efektip.

3. STABILITAS PERANGKAT DAN SOFTWARE. Mungkin beberapa vendor Android memiliki kemampuan membuat hardware yang bagus, sebutlah Sony dan Samsung, namun mesin itu harus disesuaikan dengan sistem software besutan Google yang bernama Android, beberapa kasus yang terjadi ketika menggunakan hape android, dari masalah bootloader, lagging, hingga hang mungkin bukan karena hardware atau softwarenya yang jelek, akan tetapi lebih karena mesin tidak sepenuhnya "sepadan" dengan software atau sebaliknya. Kita dapat membaca spesifikasi hape android dari berbagai vendor, contoh prosessor: Dari snapdragon, mediatek, exynos dll, sementara apple hanya memasang mesin buatan mereka dari A6, A7, hingga A10 sekarang. Walaupun teknologi semiconductor memiliki standard yang sama, namun perbedaan penanganan dan kualitas produksi tetap saja tidak dapat dihindarkan. Keuntungan Apple menerapkan mesin buatan sendiri dan software besutan sendiri sangat menguntungkan: Kerahasiaan yang terjaga, dan rasa premium yang tidak bisa terbantahkan dalam cita rasa produk mereka yang bernama iPhone dan iPad.

Pada Android aplikasi aplikasi untuk hape dan tablet kebanyakan dibuat sama, artinya aplikasi yang ada di tablet sebenarnya adalah aplikasi yang biasanya berjalan di hape, sehingga ketika di jalankan di tablet akan terasa jadi kasar, tidak sesuai dengan bentangan layar, hanya dibuat untuk posisi potrait dan tidak bisa landscap. Sangat jauh berbeda dengan iOS, Apple membedakan aplikasi aplikasi yang bisa berjalan di iPhone dan aplikasi yang bisa berjalan di iPad. Aplikasi aplikasi dipisahkan antara yang kompatibel dengan iPhone dengan yang bisa berjalan di iPad. Sehingga ketika di jalankan aplikasi terasa pas dan smooth.

Saya menemukan contoh pada aplikasi Adobe photoshop yang dijalankan di iPad dan tablet Android, saya tidak bisa menghasilkan editan sempurna untuk tablet android, namun dapat saya lakukan sangat smooth di iPad!

Baiklah hari ini pembicaraan kita selesai tentang perbandingan yang mungkin terlihat beda, namun keduanya sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir setara. Dilain waktu saya akan mengupas tentang Aplikasi hebat yang terdapat di Play Store Android namun tidak terdapat di Store iOS....


Comments